Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2018 Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Palangka Raya
The Influence of External Factors on the Learning Achievement of Students Class of 2018, Economic Education Study Program Faculty of Teacher Training and Education Palangka Raya University
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v9i1.4678Keywords:
Faktor Eksternal, Bimbingan Akademik, Prestasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan faktor eksternal terhadap prestasi belajar mahasiswa angkatan 2018 prodi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi dan sampel penelitiannya adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018 sebanyak 40 responden. Pengumpulan data menggunakan koesioner tertutup dan terbuka dengan bantuan google formulir. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji Regresi linier berganda, Uji Parsial (Uji T) dan Uji simultan (Uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel faktor ekternal yaitu lingkungan keluarga (X1), mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar sebesar 55,4%. Variabel faktor ekternal yaitu lingkungan kampus (X2) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar sebesar 23,7% faktor ekternal yaitu bimbingan akademik (X3) tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variabel terikat tetapi faktor eksternal yaitu bimbingan akademik (X3) memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap prestasi belajar sebesar 1,8% dan variabel faktor ekternal yaitu lingkungan keluarga (X1), memiliki pengaruh yang lebih dominan Sedangkan Dari hasil penelitian uji F yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa variabel faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga (X1), lingkungan kampus (X2) dan bimbingan akademik (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan dan bersama-sama (simultan) terhadap variabel terikat yaitu Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 FKIP Universitas Palangka Raya sebesar 75,1%.
Downloads
References
Achmad, J.N, Mubiar, A. 2011. Dinamika perkembangan anak dan remaja . Bandung: Refika Aditama
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Atika Fatriani. 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya Angkatan 2018. Skripsi, Universitas Sriwijaya.
Dimyati., Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hasibuan & Moedjiono, 2006, Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dwi Siswoyo. 2007. Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press.
Fitriana, Anis., Kurniasih, Nani. 2021. Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Mahasiswa Pai Yang Aktif Berorganisasi Di Iaiig Cilacap). Jurnal Tawadhu, 5(1):44-58.
Husniati., Indraswati, D., Rahmatih, A.N., Novitasari, S. 2020. Prestasi Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Ditinjau Dari Segi Minat Baca. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 38–46.
Jailani, M., Qudsiyah, U., & Martrini, S. K. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting. Quranomic: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 119-126.
Misbahuddin dan Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Edisi Ke-2. Cetakan Ke-2. Jakarta: PT Bumi Aksara
Mustamin, H.M.St., Sulasteri, Sri. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Matematika dan Pembeajaran, 1(1):151-177
Qurbani, Derita., Pamungkas, I.P., Sewaka. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat 1 Universitas Pamulang Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Reguler A. Jurnal JIMF. 3(3):205-226.
Sadewa, Prima. 2018. Pengaruh Lingkungan Kampus Dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 1(1): 211-234.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Teneng, T. (2023). Pemanfaatan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang: Utilization of Learning Video Media to Improve Student Learning Outcomes in Mathematics Subjects in Building Materials. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 36–40. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i2.5145
Yani Riyani. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak). Jurnal EKSOS, 8(1):1925.
Yuananto, Yimas. A.L. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5(2):144-152.
Yulianti, Prima., Fitri. M.E.Y. 2017. Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Perilaku Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 5(2):242-251
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rinto Alexandro, I Kadek Mai Ariana, Fendy Hariatama H
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.