Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Dengan Bantuan Aplikasi Canva
Implementation of the Project Based Learning (PjBL) Model to Improve Student Learning Achievement with the Help of the Canva Application
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v9i1.6115Keywords:
Canva, Prestasi Belajar, Project Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan penerapan model pembelajaran PJBL. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IS 2 di SMA Negeri 11 Banda Aceh pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dengan melibatkan 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes, unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata prestasi belajar peserta didik sebesar 66.53 kategori cukup dan ketuntasan klasikal sebesar 73,07%, Sedangkan pada siklus II rata-rata prestasi belajar peserta didik sebesar 76.53 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal sebesar 93.30%. Hasil ini menunjukkan penerapan model PJBL dengan bantuan aplikasi Canva dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas XI IS 2 SMA Negerti 11 Banda Aceh semester genap tahun pelajaran 2022/2023.
Downloads
References
Abidin, Z. (2007). Analisis eksistensial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Adawiyah, R., Fitriani, R., Ashari, M. A. 2019. Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Proyek Berbasis Sains di TK Titipan Ilahi Renco Kelayu Jorong. Jurnal Children Advisory Research and Education JCARE. 7(1)2-6.
Ali, M. 2004. Peningkatan Pemerataan Memperoleh Pendidikan Berkualitas Melalui Akreditasi Sekolah, Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, Surabaya, 5(9),34-46.
Aziz, M. A., & Astuti, S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SD: The Effectiveness Of The Problem Based Learning And Project Based Learning Models Is Seen From Critical Thinking Skills In Thematic Learning Of Grade V Elementary School Students. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 89–100.
Fahminnansih, F., Endra R., dan Ayouvi P. W. 2021. Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Desain Grafis Dan Promosi Produk Pada Sekolah Islami Berbasis Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian dan pemberdayaan Masyarakat. 2(2),152-259.
Khairat, Y. 2020. Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan. Jurnal teknologi Pendidikan. 9(2), 185- 196.
Lutfi, A. F. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Menggunakan Class Dojo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Multimedia Pada Mata Pelajaran Desain Media Interaktif di SMK Negeri 1 Japara: Application Of Project Based Learning Model Using Class Dojo To Improve Learning Outcomes Of Class XII Multimedia Students In Interactive Media Design Subjects At SMK Negeri 1 Japara. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3070
Pujiriyanto. 2019. Modul 2 Pendidikan Profesi Guru Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rismayawati, E. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Based Project untuk Meningkatkan Hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Materi Desain Produk. Journal of Education Action Research. 4(1), 62-70.
Setiawan, T. dan Fanny H.A.P. 2021. Pemanfaatan Gaphics Designer Software Canva Untuk Meningkatkan Kreatifitas Promosi Produk Umkm Di Cepogo Boyolali. Jurnal Ekonomi.
Usamah, A., & Lutfi, A. F. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia Canva Untuk SD Aisiyah Kuningan: Arabic Language Learning Based On Canva Multimedia For SD Aisiyah Kuningan. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(2), 63–72. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i2.4279
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nana Suraiya, Fauziah Fauziah, Ridho Fatwa, Achmad Mustofa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.