Pengaruh Digital Marketing Terhadap Omset Penjualan Pada Pelaku Usaha Kue di Kota Banda Aceh

The Influence Of Digital Marketing On Sales Turnover Of Cake Businesses In Banda Aceh City

Authors

  • Irma Anggraini Universitas Syiah Kuala
  • Syahnaz Wili Aprilia Universitas Syiah Kuala
  • A. Razak Universitas Syiah Kuala
  • Amrusi Amrusi Universitas Syiah Kuala
  • Achmad Mustofa Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v9i1.6096

Keywords:

Pemsaran Digital, Omset Penjualan, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap omset penjualan pada pelaku usaha kue di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha kue di Kota Banda Aceh sebesar 805 pelaku usaha. Dengan menggunakan rumus Slovin, sampel diperoleh 89 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan penyebaran angket. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh hasil penelitian bahwa variabel digital marketing berpengaruh positif terhadap omset penjualan. Selanjutnya, uji koefisien determinasi dengan hasil uji yaitu variabel digital marketing mempengaruhi omset penjualan sebesar 80,7%, sementara persentase selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian. Nilai signifikansi untuk pengaruh digital marketing terhadap omset penjualan adalah sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t-hitung 19,07 > t-tabel 1,98, jadi variabel digital marketing (X) berpengaruh secara signifikan terhadap omset penjualan (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Irma Anggraini, Universitas Syiah Kuala

Syahnaz Wili Aprilia, Universitas Syiah Kuala

A. Razak, Universitas Syiah Kuala

Amrusi Amrusi, Universitas Syiah Kuala

Achmad Mustofa, Universitas Syiah Kuala

References

Albi, K. 2020. Pengaruh Pemasaran Digital dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli di Kedai Kopi S. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1): 21-30. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.116

Alexandro, R., Sari, A., Uda, T., Rohaetin, S., & Hariatama, F. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pondok Arema Palangka Raya: The Effect Of Price And Product Quality On Consumer Purchase Interest In Pondok Arema Palangka Raya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 71–76. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3187

Bugin, B. 2005. Metode Penelitian Kuantitaf Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Public Serta Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta, Predana Media Group.

Chotimussoleh, R. A. 2021. Peran Digital Marketing Terhadap Omset Penjualan Bagi UMKM Di Solo Raya Pada Masa Pandemi Covid-19. eProceedings of Management, Bandung, 8(5).

Ermayda, R. Z., Nanda, H. I., Narullia, D. 2019. Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk PKK. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 3(2): 80-84. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i2.1506

Hendrawan, A. 2019. Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri Di Kecamatan Bantarsari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1): 50-61.

Juhairiah, S., & Yuwono, D. T. (2022). Pentingnya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Teknologi Digital di Era Industri 4.0: The Importance Of Growing Interest In Entrepreneurship Among Students Using Digital Technology In The Industry 4.0 Era. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 38–43. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4361

Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta, PT. Prenhallindo.

Nurahmah, L. 2019. Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Omzet Penjualan Handphone Pada DP Store Makassar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Nurcahyo, B., Riskayanto, R. 2018. Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word Of Mouth (WOM) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1): 14-29. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.12026

Pangkey, F. M., Furkan, L. M., Mulyono, L. E. H. 2019. Pengaruh Artificial Intelligence Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. JMM UNRAM - MASTER OF MANAGEMENT JOURNAL, 8(3): 258–269. https://doi.org/10.29303/jmm.v8i3.448

Pradiani, T. 2018. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2): 46-53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Silviana, M. 2020. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Tingkat Penjualan Melalui Sosial Media (Studi Kasus Di Kecamatan Bone-Bone). Disertasi. Universitas Muhammadiyah Palopo.

Sujarweni, W. 2020. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta, Pustaka Baru.

Wardhana, A. 2015. Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, Bandung, 327-337.

Warmayana, I. G. A. K. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3 (2): 81-92. DOI: https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Anggraini, I., Aprilia, S. W., Razak, A., Amrusi, A., & Mustofa, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Omset Penjualan Pada Pelaku Usaha Kue di Kota Banda Aceh: The Influence Of Digital Marketing On Sales Turnover Of Cake Businesses In Banda Aceh City. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 60–66. https://doi.org/10.33084/neraca.v9i1.6096