Pengaruh Digital Marketing Terhadap Omset Penjualan Pada Pelaku Usaha Kue di Kota Banda Aceh The Influence Of Digital Marketing On Sales Turnover Of Cake Businesses In Banda Aceh City
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap omset penjualan pada pelaku usaha kue di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha kue di Kota Banda Aceh sebesar 805 pelaku usaha. Dengan menggunakan rumus Slovin, sampel diperoleh 89 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan penyebaran angket. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh hasil penelitian bahwa variabel digital marketing berpengaruh positif terhadap omset penjualan. Selanjutnya, uji koefisien determinasi dengan hasil uji yaitu variabel digital marketing mempengaruhi omset penjualan sebesar 80,7%, sementara persentase selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian. Nilai signifikansi untuk pengaruh digital marketing terhadap omset penjualan adalah sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t-hitung 19,07 > t-tabel 1,98, jadi variabel digital marketing (X) berpengaruh secara signifikan terhadap omset penjualan (Y).
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Albi, K. 2020. Pengaruh Pemasaran Digital dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli di Kedai Kopi S. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1): 21-30. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.116
Alexandro, R., Sari, A., Uda, T., Rohaetin, S., & Hariatama, F. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pondok Arema Palangka Raya: The Effect Of Price And Product Quality On Consumer Purchase Interest In Pondok Arema Palangka Raya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 71–76. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3187
Bugin, B. 2005. Metode Penelitian Kuantitaf Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Public Serta Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta, Predana Media Group.
Chotimussoleh, R. A. 2021. Peran Digital Marketing Terhadap Omset Penjualan Bagi UMKM Di Solo Raya Pada Masa Pandemi Covid-19. eProceedings of Management, Bandung, 8(5).
Ermayda, R. Z., Nanda, H. I., Narullia, D. 2019. Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk PKK. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 3(2): 80-84. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i2.1506
Hendrawan, A. 2019. Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri Di Kecamatan Bantarsari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1): 50-61.
Juhairiah, S., & Yuwono, D. T. (2022). Pentingnya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Teknologi Digital di Era Industri 4.0: The Importance Of Growing Interest In Entrepreneurship Among Students Using Digital Technology In The Industry 4.0 Era. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 38–43. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4361
Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta, PT. Prenhallindo.
Nurahmah, L. 2019. Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Omzet Penjualan Handphone Pada DP Store Makassar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Nurcahyo, B., Riskayanto, R. 2018. Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word Of Mouth (WOM) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1): 14-29. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.12026
Pangkey, F. M., Furkan, L. M., Mulyono, L. E. H. 2019. Pengaruh Artificial Intelligence Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. JMM UNRAM - MASTER OF MANAGEMENT JOURNAL, 8(3): 258–269. https://doi.org/10.29303/jmm.v8i3.448
Pradiani, T. 2018. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2): 46-53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Silviana, M. 2020. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Tingkat Penjualan Melalui Sosial Media (Studi Kasus Di Kecamatan Bone-Bone). Disertasi. Universitas Muhammadiyah Palopo.
Sujarweni, W. 2020. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta, Pustaka Baru.
Wardhana, A. 2015. Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, Bandung, 327-337.
Warmayana, I. G. A. K. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3 (2): 81-92. DOI: https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649