Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pada Live Streaming Aplikasi Tiktok Shop
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v9i2.7168Keywords:
Harga, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian, Live Streaming, TikTok ShopAbstract
Kepercayaan merupakan faktor pertimbangan yang sangat penting dalam melakukan pembelian pada aplikasi TikTok Shop, karena transaksi yang dilakukan tidak secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kepercayaaan konsumen terhadap keputusan pembelian mahasiswa pada live streaming aplikasi TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP USK berjumlah 241 orang serta diperoleh sampel berjumlah 70 orang dengan kriteria sudah pernah berbelanja minimal 2 kali pada saat live streaming aplikasi TikTok Shop melalui teknik pengambilan sampel yaitu sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regeresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai t-hitung 5,959 > t-tabel 1,996 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < dari 0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 9,745 > t-tabel 1,996 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < dari 0,05; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara harga dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian dengan nilai F-hitung 46,809 > F-tabel 3,13 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < dari 0,05.
Downloads
References
Agatha, M. 2018. Analisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian batik Barong Gung Tulung Agung. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2). 27-35. https://doi.org/10.29100/jupeko.v312.866
Agustina, L. 2018. Live video streaming sebagai bentuk perkembangan fitur media sosial. Jurnal Media dan Komunikasi, 1(1), 17-23. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i1.16
Alimin, E., et al. 2022. Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar Di Era Bisnis Modern). Lombok Barat, Seval Literindo Kreasi.
Amalia, N. 2019. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), 96-104. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6688
Arfah, Y. 2022. Keputusan Pembelian Produk. Padang, PT Inovasi Pertama Internasional.
Ilmiah, K., Krishermawan, I. 2020. Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place Shopee Di Mojokerto. Maker Jurnal Manajemen, 6(1), 31-42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143
Indrasari, M. 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya, Unitomo Press.
Jayanti, R. D. 2015. Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Harapan Maulina Hijab Jombang). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1). 13-27. https://doi.org/10.26533/eksis.v10i1.51
Kaharudin, E., et al. 2021. Analisis Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk, Kualitas Website, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 8(2), 1-8. https://doi.org/10.21107/jsmb.v8i2.12046
Karim, R., et al. 2020. Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 3(2), 88-99. https://doi.org/10.37479/jimb.v3i2.7832
Kotler, P., Amstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Ke 12. Jakarta, Erlangga.
Kotler, P., Keller, K., L. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ke 13 Jilid 1. Jakarta, Erlangga.
Marpaung, F. K., et al. 2021. Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7(1). 49-64. http://ejournal.lmiimedan.net
Mellawen, zannah, F., & Elhawwa, T. (2024). Students’ and Teachers’ Perception on the Development of Local Wisdom Module to Increase Student Learning Outcome. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(2), 516–521. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i2.5063
Mutiara, M., Wibowo., I. 2020. Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(2), 10-20. http://dx.doi.org/10.35137/jmbk.v8i2.419
Nasution, M. A. 2019. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Dyza Sejahtera Medan. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 13(1). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i59.353
Rahayu, S. 2021. Pengaruh Harga, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. MBIA, 20(1), 40-50. https://doi.org/10.33557/mbia.vbia.v20i1.1271
Rahmayanti, S., Dermawan, R. 2023. Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop Di Surabaya. Jurnal Of Management & Business, 6(1), 337-334. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4716
Siagian, H., Cahyono, E. 2014. Analisis Website Quality, Trust, Dan Loyality Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 55-61. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.55-61
Sophia, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Dengan Metode Cooperative Integrated Reading Composition Pada Peserta Didik : Improving Intensive Reading Skills With The Cooperative Integrated Reading Composition Method For Students. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 24–28. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i2.5143
Sugito, et al. 2022. Media Sosial (Inovasi Pada Produk & Perkembangan Usaha). Medan, UMA Press.
Suharto. 2016. Pengaruh Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Variabel Sosial Dan Pribadi Sebagai Mediasi Produk Air Minum Kemasan. Derivatif: Jurnal Manajemen, 10(1). https://doi.org/10.24127/jm.v10i1.84
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 A. Razak, Amrusi, Sastri Maulidaini, Achmad Mustofa, Nana Suraiya, Irma Anggraini, Musfiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.