Manajemen Life Skills Pada Sanggar Seni dan Budaya Riak Renteng Tingang Palangka Raya
Life Skills Management At The Riak Renteng Tingang Palangka Raya Arts And Culture Studio
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v9i1.6214Keywords:
Galeri Seni, Tari Kreatif, Kearifan LokalAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa keunikan yang dimiliki oleh Sanggar Seni dan Budaya Riak Renteng Tingang Palangka Raya dalam menghadapi daya saing dan tata kelola manajemen yang kurang tepat. Eksistensi sanggar ini tetap ada sampai saat ini dengan berbagai perolehan prestasi baik di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, nasional maupun internasional. Dengan diperolehnya banyak prestasi tersebut, peneliti merumuskan ke dalam fokus penelitian ini tentang bagaimana manajemen life skills pada sanggar apa faktor-faktor pendukung dan penghambatnya dan bagaimana dampaknya terhadap warga belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses manajemen life skills pada sanggar, mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambatnya dan mendeskripsikan dampak program life skills yang diselenggarakan terhadap warga belajarnya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber datanya berasal dari ketua, sekretaris dan tutor sanggar serta orang tua dari warga belajar. Sedangkan analisis datanya menggunakan model interaktif yang meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)pihak pengurus telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen life skills pada sanggar dengan baik, 2) faktor-faktor pendukung dalam pengelolaan sanggar adalah semangat, integritas pengurus dan tutor, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, motivasi warga belajar dan dukungan orang tua dari warga belajar, faktor penghambatnya adalah ketersediaan dan harga bahan baku untuk produksi ekonomi kreatif, 3)dampak programnya bagi warga belajar adalah memperoleh prestasi dalam berbagai lomba dan pementasan seni serta perkembangan karakter menjadi lebih baik.
Downloads
References
Aimmah, A., & Afifah, A. (2021). ”Pendidikan Kecakapan Hidup Melalui Pemanfaatan Kain Perca Sebagai Bahan Kerajinan Di Dukuh Jebulan”. Prosiding Karya Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1, 1-17.
Aulia, S. S., & Arpannudin, I. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Lingkup Sosio-kultural Pendidikan Non-formal. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 1-12.
Budiwibowo, S., & Sudarmiani, S. (2018). Manajemen Pendidikan. Yogyakarya-Indonesia. ANDI Offset.
Danial, A., Karwati, L., & Hamdan, A. (2019). Modal Pendidikan Keterampilan Terintegrasi Dengan Nilai-Nilai Budaya Lokal Dalam Memanfaatkan Sumber Potensi Alam. E-Plus: Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 4(1), 9-18.
Djibu, R. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Kecakapan Hidup Berbasis Andragogi Bagi Pemuda Putus Sekolah Dalam Pembuatan Kopiah Keranjang Di Kabupaten Gorontalo. DIKMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 81-86.
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. (edisi ke-1). Malang, Indonesia: Madani Media.
Gatot, M., & Mukri, S. G. (2020). Model Konseptual Perencanaan Program Desa Vokasi Pada Lembaga Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (Skb) Kabupaten Bogor Melalui Program Kemitraan. Jurnal Obor Penmas, 3(2), 278-292.
Harimurti, E. R. (2019). Manajemen Pembinaan Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jakarta Dalam Rangka Perlindungan Hak Anak Pidana. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(3), 23-32.
Hasan, M., Nurdiana, N. A., & Arisah, N. (2022). ”Pengembangan Pembelajaran Kecakapan Hidup Berbasis Karakter Kewirausahaan Pada Jenjang Sekolah Dasar”. BASICEDU: Jurnal of Elementary Education, 6(3), 4299-4309.
Hayati, R. (2020). Pengertian Kerangka Berpikir Menurut Para Ahli. Diakses Melalui Pada 6 Mei 2021 dalam https://penelitianilmiah.com/pengertian-kerangka-berpikir-menurut-para-ahli/
Hidayatulloh, H. N. (2019). Implementasi Program Pelatihan Komputer Bagi Warga Belajar Paket C di PKBM Bina Terampil Mandiri Kertawangi. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(1), 59-68.
Husaini, H., & Fitria, H. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 43-54.
Karunianingtias, I. N., & Putra, B. H. (2021). Pelestarian Seni Di Sanggar Sobokarti Kota Semarang. Jurnal Seni Tari, 10(1), 15-24.
Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84-97.
Kurniawan, A. (2022). Manajemen Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Cirebon-Indonesia. Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORI: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.
Magdalena, R. (2021). Hidup, Seni dan Teks. Jurnal Desain: Kajian Bidang Penelitian Desain, 1(1), 45-57.
Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian. Osf Preprints, 1-35.
Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31-51.
Mega, I. R., & Sugiyarti, S. (2021). Peningkatan Kecakapan Hidup Melalui Program Pelatihan Kreativitas Untuk Melatih Kemandirian Ekonomi. ADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 29-35.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitativa Data Analysis: A Methods Sourcebook (Fourth Edition). Arizona State University: SAGE Publications.
Moleong, L.J. (2019). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Ke 39). Bandung-Indonesia. Remaja Rosda Karya.
Mubarok, R. (2019). Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Rabwah, 13(01), 27-44.
Muhlishottin, W. W., & Roesminingsih, M. V. (2020). Pelaksanaan Fungsi–Fungsi Manajemen Kelompok Bermain RA Kartini Desa Trutup Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(1), 116-123.
Mulyawan, G. (2020). Urgensi Bimbingan Konseling Dalam Pendidikan Nonformal Khususnya Pendidikan Kesetaraan (Equivalency Education). Jurnal Bimbingan Konseling Indonsesia, 5 (1), 1- 4.
Musyafir, M. (2020). Upaya Sanggar Seni Lipu Sarawa Melestarikan Musik Simponi Kecapi. E-Prints: Jurnal Fakultas Seni Dan Desain-Universitas Negeri Makasar, 1-23.
Mutmainah, S., & Prameswary, F. (2022). Sanggar Lukis Djogja Di Kota Sidoarjo. Jurnal Seni Rupa, 10(5), 105-121.
Nugrahani, Y. (2021). Peran Sanggar Anak Auriga Sebagai Sarana Pendidikan Nonformal Di Dusun Pundak Wetan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo. JSCE: Journal OF Society And Continuing Education, 10(5), 1-13.
Nurdin, N. (2021). Manajemen Sanggar Seni Tari Tradisional Dinda Bestari Di Kota Palembang. Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 5(1), 65-72.
Nurmadiah, N., & Murtopo, A. (2021). ”Manajemen Pengembangan Program Pendidikan (Studi pengelolaan Program Pendidikan Keterampilan (life skill)”, Al-Afkar: Jurnal Keislaman dan peradaban, 9(1), 1-12.
Purba, P. B., Rahim, R., Marzuki, I., Purba, S., Karwanto, K., Siregar, R. S., ... & Ardiana, D. P. Y. (2020). Dasar-Dasar Manajamen Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Rahmayanti, K.P., Kusumawardhani, D., & Wardani, A.I. (2019). Perencanaan badan Usaha Milik Desa (Studi Kasus Fungsi Perencanaan BUMDES Di Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat). SAWALA: Jurnal Administrasi Negara, 7(1), 67-77.
Riinawati, R. (2021). Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Al Falah Banjarbaru Di Masa Pandemi Covid-19. Berajah Journal: Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 1(2), 64-71.
Rijal, A., Nuraisyiah, N., & Nurjannah, N. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Karakter Siswa Program Keahlian Akuntansi: The Effect of Emotional Intelligence on The Character of Students’ Accounting Expertise Program. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 12–19. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4358
RiPutri, K.C., Dayani, P. L.,& Munsan, S. D. (2022). Pengelolaan Sanggar Seni Putri Galuh Kabupaten Bogor. Ringkang: Jurnal Seni Tari Dan Pendidikan Seni Tari – UPI, 2(2), 354-365.
Rokim, S. (2018). Manajemen Pendidikan Keagamaan “Majelis Ta’lim Azzikra”. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 271-290.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta-Indonesia. DEEPUBLISH: Budi Utama.
Rumengan, J. M., Kaawoan, J. E., & Sumampow, I. (2022). Kinerja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Provinsi Sulawesi Utara Dalam Pendidikan Wawasan Kebangsaan Pada Generasi Muda Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Governance, 2(1), 1-11.
Rumiati, R. (2020). Tata Kelola Di Ra Hikmah Insani Kecamatan Matan Hilir Selatan Ketapang. In ICRHD: Journal of Internantional Conference on Religion, Humanity and Development. 1(1), 175-188.
Salim & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan. (edisi ke-1). Medan, Indonesia: Prenadamedia Group.
Sapitri, P. A., & Desmawati, L. (2021). ”Implementasi pendidikan Kecakapan Hidup Berbasis Keunggulan Lokal Akar Alang-Alang Di Kelompok Wanita Tani ( KWT) Maju Rahayu Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang”. E-PLUS: Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 6(1), 23-31.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. (edisi ke-2). Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Suryana, D., & Rizka, N. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi Lembaga. (edisi ke-1). Jakarta, Indonesia: Prenadamedia Group.
Suwendra, IW. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Badung- Indonesia. Nilacakra.
Tamrin, M. I. (2018). Pendidikan Non Formal Berbasis Masjid Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Umat Dalam Perspektif Pendidikan Seumur Hidup. Menara Ilmu, 12(1), 70-79.
Wahyudin, U. R. (2020). Manajemen Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional). Yogyakarta-Indonesia. DEEPUBLISH: Budi Utama.
Wakila, Y. F. (2021). Konsep Dan Fungsi Manajemen Pendidikan. Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik, 3(1), 49-62.
Yelly, N., & Sepdwiko, D. (2020). Bentuk Syair Lagu Dalam Pertunjukan Syarofal Anam Di Pedestrian Sudirman Kota Palembang. SITAKARA: Jurnal Pendidikan Seni & Seni Budaya, 5(2), 96-108.
Yusuf, A. M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan (Cetakan V). Jakarta-Indonesia. Kencana.
Zain, I. A., & Husen, M. (2019). Dampak Pendidikan Masyarakat Pada Perubahan Akhlak Remaja. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(1), 114-118.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eka Noviana Pundeking Laman, Saifullah Darlan, Kusnida Indrajaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.