Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kurikulum Pendidikan Nonformal Pada PKBM Luthfillah Palangka Ray
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v9i2.7176Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pendidikan Kesetaraan, Pembelajaran MasyarakatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan merdeka belajar pada kurikulum pendidikan nonformal di PKBM Luthfillah, dampak implementasi merdeka belajar dan untuk menganalisis faktor penghambat implementasi kebijakan merdeka belajar pada kurikulum pendidikan nonformal di PKBM Luthfillah. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kualititaf dengan subjek penelitian terdiri dari pengurus PKBM Luthfillah, para tutor dan peserta didik yang mengikuti pendidikan kesetaraan paket A, B dan C. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menentukan informan dilakukan dengan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah mulai kondensasi data, tampilan data, dan memverifikasi kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek kebenaran data, peneliti lakukan dengan memperpanjang masa penelitian, melakukan pengamatan secara tekun, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian bahwa secara kualitatif implementasi dari kebijakan merdeka belajar khususnya untuk kurikulum pendidikan nonformal yang diselenggarakan PKBM Luthfillah dapat dikatakan berhasil, walaupun masih ada sebagian tutor belum optimal dalam mengimplementasikan kebijakan merdeka belajar tersebut.
Downloads
References
Darlan, Saiffullah (2020). Moral Ekonomi Petani. Yogyakarta: Pohon Cahaya.
Darwin, D., Boeriswati, E., & Murtadho, F. (2023). Asesmen Pembelajaran Bahasa Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa SMA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(2), 25-36.
Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi perkembangan pendidikan formal dan nonformal. Jurnal edukasi nonformal, 1(1), 199-207.
Khalbi, N. P., Alvina, L., Setiawati, M., & Luthfiani, L. (2024). Dampak Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru Di MTSN 2 Solok Selatan. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(1), 30-39
Khalmayra, A., Bagaskara, E., Nabila, H., & Tazkiyatunnufus, M. (2024). Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Kesetaraan Paket C di PKBM Istiqomah. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan nonformal Informal, 10(1), 78-85.
Maisyaroh, I., Abdullah, M., & Hadi, M. N. (2023). Model Asesmen Sumatif dengan Menggunakan Metode Library Research untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Kurikulum Merdeka. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 274-287.
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi: jurnal pemikiran dan pendidikan islam, 5(2), 130-138.
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi peserta didik dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6
Miles, B. Matthte dan Huberman., A. Michaell., Saldana, Johnny. (2014). Analisis Data Kualitatif. Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru: Jakarta: UI-PRESS.
Murjani, D., Kartini, N. H., & Elhawwa, T. (2023). Analysis of Students’ Difficulties in Understanding Concepts and Solving Fraction Problems in Class V of State Elementary School 5 Palangka. International Journal of Universal Education, 1(2), 51–55. https://doi.org/10.33084/ijue.v1i2.6921
Nurkhaliza, G. N., Purwati N, E., Noor, A. F., & Wulandari Y.G, O. (2023). Analisis Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SDN Bumi Agung Lamandau: Analysis of Student Character Education in Citizenship Education (PKn) Learning at SDN Bumi Agung Lamandau. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 217–223. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5884
pendidikan nonformal pada remaja. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2).
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613-3625.
Rahmadhani, P., Widya, D., & Setiawati, M. (2022). Dampak transisi kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka belajar terhadap minat belajar siswa. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 41-49.
Ramadina, E. (2021). Peran kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum merdeka belajar. Mozaic: Islam Nusantara, 7(2), 131-142.
Sulfasyah, S., & Arifin, J. (2016). Implikasi
Suryana, S. (2019). Model Pembelajaran dan Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket B dan Paket C di Kota Semarang. Edukasi, 13(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syamsuri, Saiffullah Darlan, Kusnida Indrajaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.