Perbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Yang Memiliki Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Kelas XI MAN Kota Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1029Keywords:
gaya kognitif, Field Dependent, Field Independent, hasil belajarAbstract
Salah satu yang mempengaruhi hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa. Tiga kemampuan yang harus dikuasai siswa yaitu persepsi, mengingat, dan berpikir. Hal ini berkaitan dengan gaya kognitif siswa, yakni cara khas siswa dalam belajar yang menjadi kebiasaan siswa dalam mengolah informasi, menyimpan informasi bahkan menggunakan informasi yang telah diperoleh untuk melakukan suatu tugas yang diberikan berdasarkan informasi yang telah diperoleh dari lingkungan belajar di sekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) kelas XI MAN Kota Palangka Raya.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode Ex-Post Facto. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 3 Februari 2018 sampai 3 April 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA MAN Kota Palangka Raya tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 6 kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semua populasi, dengan satu kelas digunakan sebagai uji coba. Tes yang digunakan adalah tes GEFT(Group Embedded Figure Test) dan tes hasil belajar. Tes GEFT merupakan tes yang telah valid dan reliabel, tes ini merupakan tes perseptual yang dikembangkan oleh Witkin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pilihan ganda sebanyak 30 soal, sebelum digunakan soal telah divalidasi dengan uji coba. Dari hasil uji coba diperoleh 22 soal valid dan 8 tidak valid dan perhitungan reliabilitas diperoleh 0,88, sehingga reliabilitas tes hasil belajar sangat tinggi.
Berdasarkan hasil uji normalitas data penelitian diperoleh . Untuk kelompok gaya kognitif Field Dependent (FD), = 0,1443 dan = 0,1672, sedangkan untuk gaya kognitif Field Independent (FI), = 0,1195 dan = 0,147 dan hasil uji homogenitas varians diperoleh (1,1462 dan 1,4891). Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok datanya berdistribusi normal dan variansnya homogen sehingga dapat dilakukan uji-t. Berdasarkan uji-t diperoleh pada ( dan ), sehingga ditolak diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) kelas XI MIPA MAN Kota Palangka Raya.
Downloads
References
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Samel, N. D. 2008. Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa Gaya Kognitif Field Independent Dengan Siswa Gaya Kognitif Field Dependent Melalui Pembelajaran Langsung. Diunduh pada pukul 22:26 tanggal 31 Oktober 2017, dari https://karyatulisilmiah.com/perbedaan-hasil-belajar-antara-siswa-gaya-kognitif-field-independent-dengan-siswa-gaya-kognitif-field-dependent-melalui-pembelajaran-langsung-pada-pokok-bahasan-spldv-kelas-viii-smp-negeri-2-palu/.
Soejadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Yasa, A., Made, I., Sadra, I.W., & Suweken, G. 2013. Pengaruh Pendidikan Matematika Realistic Dan Gaya Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika (Volume 2 Tahun 2013).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License