Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Siswa Kelas X SMA Kartika III-1 Banyubiru

Authors

  • Eka Wahyu Andani Universitas PGRI Semarang
  • Arri Handayani Universitas PGRI Semarang
  • Agus Setiawan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1030

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Metode Permainan Simulasi, Manajemen Waktu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan siswa mengenai cara memanajemen waktu dengan baik. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan manajemen waktu siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi pada siswa kelas X SMA Kartika III-1 Banyubiru.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah true ekperimental, sampel yang diambil sebanyak 20 siswayang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan teknik multistage sampling. Data dalam penelitan diperoleh melalui instrumen penelitian skala manajemen waktu dengan empat alternatif jawaban. Hasil analisis dengan menggunakan t-test. Penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design.Uji validitas instrumen penelitian mengggunakan rumus Product Moment, dan dilanjutkan uji relibilitas menggunakan rumus Alpha. Hasil uji validitas instrumen diperoleh butir instrument yang valid 25 butir dan 25 butir tidak valid karena gugur dengan koefisiensi reliabilitas sebesar 0,349.Dari hasil pengajuan hipotesis mengunakan rumus t-test diperoleh thitung sebesar 6,408 sementara ttabel dengan taraf signifikan 5% (0,05) sebesar 2,306. Karena thitung 6,408 > ttabel 2,306, maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi pada siswa kelas X SMA Kartika III-1 Banyubiru”.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eka Wahyu Andani, Universitas PGRI Semarang

Arri Handayani, Universitas PGRI Semarang

Agus Setiawan, Universitas PGRI Semarang

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, s. (2013). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayunthara, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi, Lingkungan Sekolah dan Manajemen Waktu terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5 (3), 253.http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/ekonomi/article/view/4088/3741 . Diunduh pada 21 November 2018
Haynes, M. E. (2010). Manajemen Waktu. Jakarta: Indeks.
Lakein, A. (2007). Manajemen Waktu. Jakarta: PT. Buku KIta.
Magety, A. N. (2010). Tips Terpenting Manajemen Waktu (Cara Cepat dan Mudah Meraih Kesuksesan dan Kekayaan). Yogyakarta: Moncer Publisher.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Manktelow, J. (2006). Manage Your Time (Raih Keberhasilan dengan Mengelola Waktu Anda). Surabaya : Liris.
Martono, N. (2014). Metode Peneliian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Melianasari, D. (2015). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok melalui Teknik Permainan Simulasi dan untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 314.http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/ekonomi/article/view/4088/3741 Diunduh pada 21 November 2018
Moedjiono, H. &. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda.
Ninda Ayu Putri Cahyani, K. B. (2017). Efektivitas Teknik Permainan Simulasi Game dengan Media Dart Board untuk Menngkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Tegal Siwalan Probolinggo. Jurnal Konseling Indonesia , 3(1), 23.http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI/article/view/1975
Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan Pemahaman Manajemen Waktu melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving pada Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 26, 28, 30. https://scholar.google.co.id/scholar?q=related:N9Ilfr8rImcJ:scholar.google.com/&hl=en&as_sdt=0,5
Nurita Juliasari, d. B. (2016). Hubungan antara Manajemen Waktu Belajar, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII Se-Kecamatan Danurrejan Yogyakarta.
Jurnal Pendidikan Matematika,4(3), 406.
http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/435

Periantalo, Jelpa. (2016). Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil (Layanan dan Kegiatan Pendukung). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Prayitno, A. I. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling kelompok (Dasar dan Profil). Bogor: Ghalia Indonesia.
Reza, J. (2010). Manage Your Time for Success (Cerdas Mengelola Waktu untuk Mencapai Sukses). Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Risfandi, B. L. (2014). Pengaruh Manajemen Waktru terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMPS Kartika XX-6 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 128.http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3081
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarno, Anton. 2008. Statistik Lanjut. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Suyanti, R. D. (2010). Strategi Pmbelajaran Kimia. Yogyakarta: GRAHA ILMU.
Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Tukiran Taniredja, E. M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung : Alfabeta.
Widodo. (2017). METODOLOGI PENELITIAN Populer & Praktis. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2019-10-02

How to Cite

Andani, E. W., Handayani, A., & Setiawan, A. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Siswa Kelas X SMA Kartika III-1 Banyubiru. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 8–19. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1030