Penerapan Program Myob Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Di SMKN 2 Palangka Raya
The Implementation of MYOB Program as A Learning Resource In Accounting Learning On The Eleventh Grade Students of SMKN 2 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1036Keywords:
Penerapan, Program MYOB, Sumber BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang: (1) Penerapan program MYOB sebagai sumber belajar dalam pembelajaran akuntansi, (2) Faktor pendukung dan penghambat program MYOB sebagai sumber belajar dalam pembelajaran akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sebagai informan utama adalah guru akuntansi, siswa kelas XI Akuntansi dan Operator laboratorium. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Dengan prosedur pengolahan data mulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan program MYOB pada SMK Negeri 2 Palangka Raya, adanya input proses dan output dalam pembelajaran akuntansi. Jenis Program MYOB yang dipelajari sekarang hanya program MYOB Acounting. Dari program MYOB siswa mendapatkan pemahaman dalam belajar akuntansi, meskipun ada kesulitan mereka mengatasi dengan bekerja sama dengan teman-teman. Program ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar karena dapat mencapai mencapai kompetensi tertentu. (2) Faktor pendukung program MYOB sebagai sumber belajar dalam pembelajaran akuntansi. Faktor pendukung: (a) Tersedia laptop, LCD di Laboratorium sangat mendukung proses pembelajaran, (b) Siswa memiliki kemauan yang kuat dan disiplin yang tinggi serta adanya perhatian dan pengawasan orang tua akan lebih bersemangat dalam belajar akan menimbulkan ketekunan belajar yang pada akhirnya akan mudah dalam meraih prestasi belajar yang optimal. Faktor penghambat: (1) Faktor Intern: laptop sering lambat saat digunkaan akibat virus, program MYOB yang di pelajari hanya program MYOB Acounting, kurangnya rasa tanggung jawab dalam menggunakan fasilitas laboratorium akuntansi jumlah laptop masih minim, menu dalam program MYOB tersedia dalam bahasa inggris, kemampuan pemahaman siswa saat pembelajaran berbeda-beda. (2) Faktor Ekstern: listrik padam mengakibatkan aktivitas praktek terhambat, laboratorium akuntansi digunakan secara bergantian.
Downloads
References
Ali, Lukman. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Balai Pustaka.
A.M, Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Rajagfindo Persada.
Association for Educational Communication and Technology (AECT), 1994. Definisi Teknologi Pendidikan, diterjemahkan oleh: Yusufhadi Miarso, dkk, Cetakan kedua, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Badudu J.S dan Zain, Sutan Mohammad, 1996. Kamus Umum Bahasa
Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Bogdan, Biklen, 1982. Pengantar studi Penelitian, Bandung: PT ALFABETA.
Iskandar, 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.
Jessica, S. E. 2008. Pratikum Akuntansi Manual dan komputerisasi dengan MOYB.
Mahmudi, Ali. 2008. Komputerisasi Akuntansi Myob. Jakarta: Grasindo
Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael, 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta:UI Press.
Moleong, Lexy. J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya.
----------------- 2007 Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset
Udin Saifudin Sa’ud, 2008. Inovasi pendidikan, Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dEan R&D. Bandung: Alfabeta.
------------. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Soemarso, S. 2009. Akuntansi Suatu Pengantar, Edisi Kelima. jakarta: salemba empat.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka
Ahmad harum https://bukunnq.wordpress.com/2011/04/23/sumber-belajar-jenis-jenis-sumber-belajar-dalam-pendiidikan-fungsi-sumber-belajar-kriteria-memilih-sumber-belajar-bagaimana-memanfatkan-lingkungan-sebagai-sumber-belajar-prosedur-merancang-sumb/ (diakses tanggal 23 januari 2017)
http://www.belajarbagus.net/2015/04/pengertian-sumber-belajar.html (diakses tanggal 23 januari 2017)
http://nurul-pai.blogspot.co.id/2013/01/sumber-belajar.html (diakses tanggal 2 desember 2016)
http://rinaazkiamyobakuntansi.blogspot.co.id/ (diakses tanggal 12 februari 2017)
Nurul http://nurul-pai.blogspot.co.id/2013/01/sumber-belajar.html
Shelatrisnawati http://.blogspot.co.id/2016/07/hasil-belajar-komputer akuntansi.html .(diakses tanggal 21 januari 2017)
http://semangka9.blogspot.co.id/2015/02/langkah-langkah-mengerjakan-myob-v18.html (diakses tanggal 14 februari 2017)
http: // id.wordpress.com/tag/makalah. Sumber Belajar untuk Mengefektifkan Pembelajaran (diakses tanggal 16 Juli 2017)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License