Analisis Dampak Ekstrakulikuler Terhadap Potensi Diri Siswa Di SMAN 1 Bawang Banjarnegara
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1037Keywords:
Ekstrakurikuler, Potensi DiriAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya dampak Ektrakulikuler terhadap potensi diri siswa di SMA N 1 Bawang Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dampak ekstrakurikuler terhadap potensi diri siswa, ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang memiliki kegiatan tambahan belajar siswa yang mempunyai nilai positif. Ekstrakurikuler dapat di artikan sebagai bentuk nyata dari teori yang di dapat dalam proses pembelajaran yang mengandung beberapa aspek seperti pengembangan kemampuan, aspek sosial, rekreatif dan persiapan karir bagi siswa untuk bisa mengembangkan kemampuan yang belum tersalurkan dengan baik.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan bahwa ektrakurikuler mempunyai dampak yang baik untuk perkembangan diri siswa. ekstrakurikuler menjadikan potensi dari diri siswa lebih berkembangan, ekstrakurikuler juga dapat dijadikan sarana untuk meraih prestasi dan jati diri siswa tersebut.
Downloads
References
Damanik, Saipul Ambri. 2014.Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Volume 13 Nomor 2 Juli – Desember 2014. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/6090 [diakses 24 maret 2019]
Djafri, Noviandry. 2008. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pesantren Al-Khaerat Kota Gorontalo. Volume 5 Nomor 6 September 2008. http://ejurnal.ung.ac.id [diakses 25 januari 2019]
Djali. 2007. Psikologi pendidikan. Jakarta. Bumi Askara
Ghony & Fauzan. 2017 Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Inriyani, Yayan, dkk. 2017. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Ips Melalui Motivasi Belajar. Volume 2 Nomor 7 Juli 2017. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9685/4580 [diakses pada 18 maret 2019]
Khairani, Makmum. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Moleong, Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mumpuni, Yuna. 2017. Upaya Meningkatkan Potensi Peserta Didik Dalam Mempelajari Bahasa Inggris Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Dengan Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Volome XXI No 1 Desember 2017. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/logika/article/view/969 [diakses 24 maret 2019
Munawaroh, Siti Masruroh. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri Di Smp IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. 2015. http://eprints.ums.ac.id/38230/. [diakses 24 april 2019]
Slemeto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Suwena, Kadek Rai. 2014. Penilaian Potensi Diri Wirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi.2014.http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/473/329/. [diakses pada 3 april 2019]
Ubaidah, Siti. 2014. Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. 2014. http://www.neliti.com [diakses pada 6 april 2019]
Utami, Soegito, dan Muhdi. 2016. Strategi Pembinaan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Buah Hati Pemalang. Volume 5 no 2 2016. http://journal.upgris.ac.id/index.php/jmp/article/view/1932/1553 [diakses pada 30 agustus 2019]
Yanti, Noor, dkk. 2016. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik di SMA Kopri Banjarmasin. Volume 6 Nomor 11 Mei 2016. https://media.neliti.com [diakses pada 10 desember 2018]
Yin, K Robert. 2008. Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta. Rajagrafindo.
Yumnah, Siti. 2016. Kecerdasan Anak Dalam Pengenalan Potensi Diri. Volume 11 Nomor 2 Desember 2016. file:///C:/Users/user/Downloads/2701-Article%20Text-7187-1-10-20170220%20(1).pdf. [diakses pada 24 april 2019]
Wibowo, Yuyun Ari dan Fitria Dwi Andriyani. 2015. Pengembangan Ekstrakurikuler Olahraga Sekolah. Yogyakarta: Uny Press.
Wiyono, Slamet. 2006. Manajemen Potensi Diri. Jakarta. PT. Gransindo.
Wulan, Wakhyudin, dan Rahmawati. 2019 Ekstrakurikuler Seni Tari dalam Membentuk Nilai Karakter Bersahabat. Vol 2 No 1, Tahun 2019. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/17926. [diakses pada 31 agustus 2019]
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License