Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1038Keywords:
Bimbingan Kelompok, Teknik Psikodrama, Konsep DiriAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya konsep diri siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang yang dikarenakan siswa bersikap pesimis, tidak mengetahui kemampuan yang ada pada dirinya.Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap konsep diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap konsep diri siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa , 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol dengan multistage sampling yang merupakan kombinasi dua sampling yaitu cluster random sampling dan simple random sampling . Treatment dilaksanakan sebanyak lima kali pada sampel.Hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,935. Dikonsultasikan dengan ttabel tarafsignifikansi 5% (0,5) yaitu 2,101. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung 3,935>ttabel 2,101. Disimpulkan bahawa ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap konsep diri siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang.
Downloads
References
Hartinah, S. 2010. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.
Irawan, Edy. 2013. Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja.
Jurnal bimbingan dan konseling
“PSIKOPEDAGOGIA”.Vol 2 No1
Pranomo, Affiyani. 2013. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Psikodrama Untuk Mengembangkan Konsep Diri Positif. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol .2. No.2
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdyakarya Offset.
Romlah, T. 2001. Teori Dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sugiyono, 2018. Metode penelitian kuantitatif,kualitatifdan R&D.Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License