Pengaruh Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Johari Window Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Dalam Komunikasi Antar Teman Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Rembang
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1039Keywords:
Bimbingan Klasikal dengan Teknik Johari Window, Keterbukaan Diri dalam Komunikasi Antar Teman SebayaAbstract
Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal dengan teknik Johari Window untuk meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental design dengan desain pretest- posttest (one group prettest-posttest). Hasil analisis dengan menggunakan Uji-t. Uji validitas instrument penelitian menggunakan rumus Product Moment dan dilanjutkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Hasil uji validitas instrumen diperoleh butir instrumen yang valid 37 butir dan 3 butir tidak valid digugurkan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,940. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan bimbingan klasikal dengan teknik Johari Window, menunjukkan adanya perkembangan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh thitung > ttabel (2.103 > 2,042) dengan taraf signifikansi 5% (0,05) yang berarti bahwa ada pengaruh bimbingan klasikal dengan teknik Johari Window untuk meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Rembang.
Downloads
References
Desmita. 2005. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurudin. 2017. Ilmu Komunikasi: Ilmiah dan Populer. Jakarta: Rajawali Press.
Supratiknya, A. 1995. Komunikasi Antarpribadi Tinjauan Psikologis. Yogyakarta: Kanisius.
Siwabessy, Louise B. dan Sri Hastuti. 2008. Bahan Ajar Sertifikasi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Jabatan melalui Jalur Pendidikan: Praktik Bimbingan Klasikal. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta dan Dikti Depdiknas.
Setianingsih, Sari Eka. 2015.
Keterbukaan Diri Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang. Vol. 2 Nomor 2
Oktober ( ISSN 2406-8691)
Yusuf dan Nurihsan. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan Remaja Rosdakarya.
Zulkarnain, W. 2013. Dinamika Kelompok: Latihan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License