Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Peserta Didik Di SDN-5 Panarung

Difficulty Of Cause Of Difficult Reading Students At SDN-5 Panarung

Authors

  • Hendri Hendri Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1040

Keywords:

Penyebab Kesulitan Membaca, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang menjadi penyebab kesulitan membaca pada peserta didik kelas III di SDN-5 Panarung.

Populasi dalam penelitian ini adalah 31 orang peserta didik kelas III SDN-5 Panarung. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa angket. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan hasil datanya dianalisis dengan menggunakan rumus persentase.

Berdasarkan hasil penelitian pada peserta didik kelas III SDN-5 Panarung Palangka Raya didapat bahwa faktor dominan yang menjadi penyebab kesulitan peserta didik dalam membaca adalah kurang mengenal huruf 54,04%, faktor kedua adalah menghilangkan huruf 23,62%, sedangkan faktor terakhir adalah membaca kata demi kata 22,34%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hendri Hendri, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. 2007. Metodologi Penelitian, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, dalam; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan, (2008), dalam; Membaca.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Farida, Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara.
Haditono, SitiRahayu. 2006. Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Gajah Mada University Press.
M. Asrori. 2007. Psikologi Pembelajaran, Bandung: Penerbit CV. Wacana Prima.
M. Dalyono. 2010. Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta.
Muhibin, Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyono, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Santoso, Puji, dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Saripudin, Udin. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D, Bandung; Penerbit Alfabeta.
Tim. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Tim. 2008. Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Palangka Raya:Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Downloads

Published

2019-10-09

How to Cite

Hendri, H. (2019). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Peserta Didik Di SDN-5 Panarung: Difficulty Of Cause Of Difficult Reading Students At SDN-5 Panarung. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 54–59. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1040