Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Peserta Didik Di SDN-5 Panarung
Difficulty Of Cause Of Difficult Reading Students At SDN-5 Panarung
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1040Keywords:
Penyebab Kesulitan Membaca, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang menjadi penyebab kesulitan membaca pada peserta didik kelas III di SDN-5 Panarung.
Populasi dalam penelitian ini adalah 31 orang peserta didik kelas III SDN-5 Panarung. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa angket. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan hasil datanya dianalisis dengan menggunakan rumus persentase.
Berdasarkan hasil penelitian pada peserta didik kelas III SDN-5 Panarung Palangka Raya didapat bahwa faktor dominan yang menjadi penyebab kesulitan peserta didik dalam membaca adalah kurang mengenal huruf 54,04%, faktor kedua adalah menghilangkan huruf 23,62%, sedangkan faktor terakhir adalah membaca kata demi kata 22,34%.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, dalam; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan, (2008), dalam; Membaca.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Farida, Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara.
Haditono, SitiRahayu. 2006. Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Gajah Mada University Press.
M. Asrori. 2007. Psikologi Pembelajaran, Bandung: Penerbit CV. Wacana Prima.
M. Dalyono. 2010. Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta.
Muhibin, Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyono, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Santoso, Puji, dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Saripudin, Udin. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D, Bandung; Penerbit Alfabeta.
Tim. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Tim. 2008. Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Palangka Raya:Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License