Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menerapkan Model Cooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Dan Tipe IOC (Inside Outside Circle) Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya

Main Article Content

Agung Riadin
Muhammad Jailani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hasil pembelajaran dengan penggabungan model cooperatiftipe NHT (numbered head together) dan tipe IOC (inside outside circle) terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dengan menggunakan Wilcoxon signed rank test. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian ini yaitu: model cooperatif tipe NHT (numbered head together) terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya, model cooperatif tipe IOC (inside outside circle) terbukti efektif meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya, penggabungan model cooperatif tipe NHT (numbered head together) dan tipe IOC (inside outside circle) efektif terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Riadin, A., & Jailani, M. (2019). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menerapkan Model Cooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Dan Tipe IOC (Inside Outside Circle) Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 60–70. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1042
Section
Articles
Author Biographies

Agung Riadin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Lecturer of Primary School Education

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Muhammad Jailani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Lecturer of Economic Education

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Purwanto, Dr. M.Pd. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Afandi, Muhammad, S, Pd., M. Pd., Chamalah, S. Pd. M. Pd., Wardani, Oktarina Puspita, S. Pd., M. Pd. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah.Unissula Press. Semarang.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. 2011. Cooperative Learning Metode, teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie, Anita. (2010). Cooperative Learning. Jakarta : PT Gramedia.
Slavin, R.E. 2011. Cooperative Learning: Teori, Risetdan Praktik.Bandung: Nusa Media
Sumarjito. (2011). Penggunaan Model Pembelajaran NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA SMA Islam 1 Prambanan Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurnal 1-2.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.