Kegiatan Practical Life Montessori: Membuat Alat Musik Daur Ulang di Bimbel Up Great Kids Palangka Raya

Main Article Content

Rahmah Dwi Sistiarini
Fatimah Setiani

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan pelaksanaan kegiatan practical lifeskill Montessori dengan membuat alat musik dari material yang dapat didaur ulang, ditujukan bagi anak-anak usia dini di Bimbel Up Great Kids Palangka Raya. Aktivitas ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan motorik halus, kemandirian, serta daya cipta anak melalui proses menuangkan, merakit, dan menghias alat musik sederhana yang berbahan dari botol plastik bekas, kacang hijau, dan beras. Selain itu, kegiatan ini juga diintegrasikan dengan pengenalan budaya lokal melalui lagu daerah “Isen Mulang” yang dinyanyikan bersama setelah alat musik selesai dibuat. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, serta pencatatan lapangan pada tiga anak usia dini yang berpartisipasi dalam kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan practical life ini mendorong partisipasi aktif anak, meningkatkan koordinasi tangan-mata, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan ketertarikan terhadap budaya lokal. Penerapan metode Montessori dalam konteks aktivitas yang berorientasi pada seni dan lingkungan menunjukkan kebermaknaan dalam menghasilkan pengalaman belajar yang bermanfaat dan menyenangkan untuk anak-anak prasekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sistiarini, R. D., & Setiani, F. (2025). Kegiatan Practical Life Montessori: Membuat Alat Musik Daur Ulang di Bimbel Up Great Kids Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 20(2), 75–86. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i2.10510
Section
Articles
Author Biographies

Rahmah Dwi Sistiarini, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

Fatimah Setiani, Universitas Muhammadiyah Sampit

Universitas Muhammadiyah Sampit

References

Africa, E., Duncan, M., & Bath, L. (2024). Fundamental movement skill proficiency of selected South African Montessorian pre-schoolers. Journal of Early Childhood Research. https://doi.org/10.1177/1476718X241241141

Budiani, Y. S. E. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Metode Montessori di Jogjakarta Montessori School. Media Manajemen Pendidikan. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/5072

ÇAKIR, Z., & YALÇIN, S. A. (2022). The effect of the Montessori approach-based stem activities on the pre-school pre-service teachers’ lifelong learning. Pamukkale Üniversitesi Eğitim Fakültesi …. https://dergipark.org.tr/en/download/article-file/2079053

Donelli, I. (2016). Odrednice razvoja djeteta iz perspektive Marije Montessori i Jeana Piageta. repozitorij.ffst.unist.hr. https://repozitorij.ffst.unist.hr/islandora/object/ffst:1005

Dorer, M. (2018). Independence: A Montessori Journey. Montessori Life. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&profile=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=10540040&asa=N&AN=129268848&h=A81mrb28lKI867%2FhrTWeFEK9iBWyZai09%2BH3%2FT8FH8tyoSCREEwGWMgy8zRl8HNsNoP8tTw8SCSIXdmlh%2FXlhw%3D%3D&crl=c

Dyer, M. (2022). Neural Synthesis as a Methodology for Art-Anthropology in Contemporary Music. Organised Sound, 27(2), 219–226. https://doi.org/10.1017/S1355771822000371

Fajriani, K. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan keterampilan hidup Montessori pada anak kelompok A di PAUD Islam Silmi Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/SAJIE/article/view/1489

Fleming, D. J., & Culclasure, B. (2023). Exploring Public Montessori Education: Equity and Achievement in South Carolina. Journal of Research in Childhood Education. https://doi.org/10.1080/02568543.2023.2283202

Frierson, P. (2018). Maria Montessori’s metaphysics of life. European Journal of Philosophy, 26(3), 991–1011. https://doi.org/10.1111/ejop.12326

Gici Vatansever, A., & Ahmetoğlu, E. (2019). A Way to Teach Practical Life Skills In Special Education: Montessori Pedagogy. European Journal of Special Education Research, 5(2), 1–16. https://doi.org/10.5281/zenodo.3544457

Krebs-Carter, M. (2019). Ages in Stages: An Exploration of the Life C cle based on Erik Erikson’s Eight Stages of Human De elopment. teachersinstitute.yale.edu. https://teachersinstitute.yale.edu/curriculum/units/files/80.01.04.pdf

Kristiana, D. (2024). Penerapan Pembelajaran Practical Life Dalam Menstimulasi Kemandirian Anak di Pocenter. JURNAL INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(1), 38–45.

Laure, M., & Habe, K. (2024). Stimulating the development of rhythmic abilities in preschool children in Montessori kindergartens with music-movement activities: A quasi-experimental …. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-023-01459-x

Lillard, A. S. (2005). Montessori: The Science Behind The Genius. Oxford University Press.

Luthfa Eka Saputri, C., Suprapto, E., & Dwi Sri Mulyanti, E. (2023). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 2154–2160.

Powell, S. (2020). Drumming in excess and chaos: Music, literacy and sustainability in early years learning. Journal of Early Childhood Literacy, 20(4), 839–861. https://doi.org/10.1177/1468798418792603

Putu Wisnu, S., & Ida Kade, S. (2023). Festival Budaya Isen Mulang Sebagai Upaya Promosi Pariwisata Budaya Di Provinsi Kalimantan Tengah. Paryaṭaka : Jurnal Pariwisata Budaya Dan Keagamaan, 1, 100–107. https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/pyt/index

Revi Citra Dewi. (2024). Pembentukan Karakter melalui Lagu Daerah “Isen Mulang” Siswa SDN 1 Petuk Katimpun. Journal of Research and Innovation in Education, 1, 4–8.

Shivakumara, K., Dhiksha, J., & ... (2016). Efficacy of Montessori and traditional method of education on self-concept development of children. … Journal of Educational …. https://journalissues.org/wp-content/uploads/2016/04/Shivakum%C3%A1ra-et-al.pdf

Sihombing, O. M., Salmanezer, J., Timotius, F. A., & Munte, A. (2024). Penubuhan Ekspresi dan Gaung Filosofi Musik melalui dan di dalam Lagu Isen Mulang. Cantata Deo: Jurnal Musik Dan Seni, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.69748/jmcd.v2i1.164

Siti, I., & Astuti, D. (2010). Pendekatan Holistik dan Kontekstual Dalam Mengatasi Krisis Karakter di Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 41–58.

Wang, Z. (2020). Multi-Sensor Fusion in Automated Driving: A Survey. IEEE Access, 8, 2847–2868. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2962554

Zikriana, S., Indrawadi, J., Montessori, M., & ... (2023). Implementasi habituasi kegiatan cinta lingkungan dalam membentuk karakter peduli lingkungan. Journal of Education …. https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/134