Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mencegah Perilaku Asertif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang
Effectiveness Of Group Group Guidance Services With Sociodrama Techniques To Prevent Assertive Behavior Of Grade VIII Students Of SMP Negeri 6 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1280Keywords:
Bimbingan Kelompok, Sosiodrama, Perilaku AsertifAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah perilaku asertif siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimental dengan model pretes-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 284 siswa kelas VIII, . Sampel sejumlah 20 siswa dan teknik yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel adalah cluster random sampling jumlah cluster random sampling tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok yaitu 10 siswa kelompok eksperiment dan 10 siswa kelompok kontrol pada kelompok kontrol tidak di berikan treatment. Sugiyono (2007:107) mendefinisikan bahwa penelitian eksperimen yaitu penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali.Teknik pengumpulan data yaitu wawancara,dan observasi serta skala psikologis perilaku asertif.Hasil analisis uji hipotesis yang di peroleh thitung 3,74 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikan 5% (0,5) yaitu 2,101. Hal tersebut menujukan bahwa thitung 3,74 > ttabel atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ ada efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah perilaku asertif siswa”diterima kebenaranya pada taraf signifikam 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah perilaku asertif.
Downloads
References
Corey, Gerland. 2009. Teori dan Praktik Konseling&Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.
Fatmawati & Karyanti. 2018. Efektivitas Layanan Konseling Individu Dengan Pendekatan Realitas Untuk Pemantapan Peminatan Pada Peserta Didik SMAN-2 Palangkaraya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2):18-21.
Gunarsa. S.D. 2007. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta:Gunung Mulia.
Hamzah. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikoterapi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Latipun. 2008. Psikoterapi Konseling. Malang: UMM Press.
Lina, Arlina Sri Wijaya Hidayat, Chadidjah. 2003. Teknik Sosodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif. Universitas Sebelas Maret Vol 1 No (2).
Nursalim. 2014. Statregi dan Intervensi Konseling. Akademia Permata.
Prabowo. Sumbodo. 2000. Membangun Perilaku Asertif Pada Komunikasi antara perawat dan pasien Psikomensia. Semarang: Universitas Katholiksoegijapranta. Vol. 1 No (6-20).
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Ratna. 2013. Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: Deepublish.
Restiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Romlah. 2001. Teori Praktek Bimbingan kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidiakan. Bandung:Alfabeta.
Winkel dan Sri Hastuti. 2012. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License