Analisis Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kabupaten Manokwari Papua Barat Tahun 2019
Analysis Of Quality Of Education Services ToThe Level Of Student Satisfaction At Private Tertiary Institutions In Manokwari Regency, West Papua In 2019
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1281Keywords:
Kualitas Layanan Pendidikan, Tingkat Kepuasan MahasiswaAbstract
Keberhasilan kualitas pelayanan pendidikan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan perguruan tinggi itu sendiri, khususnya pada perguruan tinggi swasta yang notabennya segala pembiayaan operasional lembaga tidak disubsisi oleh pemerintah. Keberhasilan pelayanan pendidikan dilihat dari tingkat kepuasan mahasiswa sebagai konsumen utama dari perguruan tinggi tersebut. Berdasarkan masalah tersebut tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran mengenai kualitas layanan pendidikan dan tingkat kepuasan mahasiswa perguruan tinggi swasta di Kabupaten Manokwari serta melihat bagiamana pengaruhnya antara kualitas layananan pendidikan dengan tingkat kepuasan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex-post-facto. Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa aktif pada PTS di Kabupaten Manokwari. Ukuran sampel yang digunakan 364 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuasioner/angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan pendidikan mahasiswa yang diberikan oleh perguruan tinggi swasta di Kabupaten Manokwari Papua Barat termasuk dalam kategori baik (50,3%) dan tingkat kepuasan mahasiswa dalam kategori baik (52,7%). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terdapat pengaruh antara kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa perguruan tinggi swasta di Kabupaten Manokwari Papua Barat. Oleh karena itu perlu bagi lembaga meningkatkan kualitas layanan pendidikan agar kepuasan mahasiswa meningkat.
Downloads
References
Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin, Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi Dua Belas. Jilid Kedua. Jakarta: PT. INDEKS.
Mulyawan, A., & Sidharta, I. 2013. Analisis Deskripsi Pemasaran Jasa di STMIK Mardina Indonesia Bandung. Jurnal Computech & Bisnis. Vol.7, No.1, 42-45.
Ningsih, Ayu Putri & Diplan. 2018. Konseling Kelompok Dengan Teknik Relaksasi Kesadaran Indera Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Terhadap Emosi Marah Pada Remaja di Panti Sosial Bina Remaja Palangka Raya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2):12-18.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). Model Service Its Quality and Implications for Future, Journal of Retailing, 49(4), 41–50.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Rambat, Lupiyadi dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Setiawan, M Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI Ips Sma Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
Yenny Yuniarti. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. Jurnal Trikonomika. Vol. 13, No. 1, Juni 2014, Hal. 49–61.
Zeithaml Valarie, A. & Mary Jo Bitner. 2004. Service Marketing: Integrating Customer focus Across the Firm 3th Eddition. New York: The Mcgraw Hill Book Companies.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License