Pengaruh Bimbingan Klasikal Dengan Metode Jigsaw Terhadap Kontrol Diri Siswa Dalam Penggunaan Handphone Di Sekolah Pada Kelas IX SMP Negeri 7 Pemalang

The Influence Of Gradeical Guidance With Jigsaw Method On The Self Controls Of Students In The Use Of Handphone In Schools In Grade IX SMP Negeri 7 Pemalang

Authors

  • Alvin Himawan Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriana Universitas PGRI Semarang
  • Farikha Wahyu Lestari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1301

Keywords:

Bimbingan Klasikal, Jigsaw, Kontrol Diri Siswa Dalam Penggunaan Handphone

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang sering membawa handphone ke sekolah digunakan untuk media untuk mencontek, bermain game pada saat pelajaran, dan bermain media sosial pada saat jam pelajaran sehinggi mengakibatkan terhambatnya proses belajar mengajar yang sedang berlangsung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah apakah bimbingan klasikal dengan metode jigsaw terhadap kontrol diri siswa dalam pengunaan handphone di sekolah?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design dengan model pre-test post-test control group design.. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 7 Pemalang. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis presentase dengan Uji t (t-test). Hasil analisis skala kontrol diri dalam penggunaan handphone pada kelompok eksperimen dengan menggunakan uji-t hasil post-test menunjukan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 83,67 dan kelompok kontrol 77,2. Sehingga terjadi peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 10,5. Pada penghitungan uji-t diperoleh hasil thitung (3,11) > ttabel (2,000), maka hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Disimpulkan bahwa bimbingan klasikal dengan metode jigsaw berpengaruh terhadap kontrol diri siswa dalam penggunaan handphone kelas IX SMP Negeri 7 Pemalang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alvin Himawan, Universitas PGRI Semarang

Siti Fitriana, Universitas PGRI Semarang

Farikha Wahyu Lestari, Universitas PGRI Semarang

References

Agustina, Erna, dkk. 2013. Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas Xc Sma Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(1). https://jurnal.fkip. uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2775 /1907. Diunduh pada 7 Februari 2019.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitiab Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Feist,Gregory. 2008. Theories of Personality. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diplan. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN 5 Panarung Palangka Raya.(Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2009.
Ghufron, M. Nur dan Risnawati Rini. 2014. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunarsa, Singgih. 2004. Dari Anak sampai Usia Lanjut. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Maharani, Dian. Dampak buruk ponsel bagi remaja dan cara mengatasinya. https://lifestyle.kompas.com/read/2016/10/10/170700423/dampak.buruk.ponsel.bagi.remaja.dan.cara.mengatasinya?page=all. Jawa Tengah. Diakses pada 30 Januari 2019.
Ningsih, Ayu Putri & Diplan. 2018. Konseling Kelompok Dengan Teknik Relaksasi Kesadaran Indera Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Terhadap Emosi Marah Pada Remaja di Panti Sosial Bina Remaja Palangka Raya .Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2):12-18.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(2):1-5.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.
Umi, Sys Maf’qhul, dkk. 2018. Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap kontrol diri siswa dalam penggunaan handphone kelas xi sma mardisiswa. Semarang. Jurnal Empati. 5(1). Hal 64-70. http://journal.upgris.ac.id /index.php/EMPATI/article/view/2932/ 2109. Diunduh pada 28 Agustus 2019.
Ursia, Nella Rega, dkk. Prokrastinasi akademik dan self-control pada mahasiswa skripsi fakultas psikologi Universitas Surabaya. Surabaya. Jurnal hubsasia. 17(1). Hal 1-18. http://hubsasia.ui.ac.id/download/article/178. Diunduh pada 1 Februari 2019.
Winkel dkk, 2012. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jogjakarta: Media Abadi.
Yutifa,Hasli, Dkk. Hubungan Paparan Pornografi Melalui Elektronik Terhadap Perilaku Seksual Remaja. Riasu. Jurnal Ilmu Keperawatan. 2(2). Hal 1141-1148. https://www.neliti.com/publications/186419/hubungan-paparan-pornografi-melalui-elektronik-terhadap-perilaku-seksual-remaja. Diunduh pada tanggal 31 Januari 2019.

Downloads

Published

2020-03-16

How to Cite

Himawan, A., Fitriana, S., & Wahyu Lestari, F. (2020). Pengaruh Bimbingan Klasikal Dengan Metode Jigsaw Terhadap Kontrol Diri Siswa Dalam Penggunaan Handphone Di Sekolah Pada Kelas IX SMP Negeri 7 Pemalang: The Influence Of Gradeical Guidance With Jigsaw Method On The Self Controls Of Students In The Use Of Handphone In Schools In Grade IX SMP Negeri 7 Pemalang. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 67–73. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1301