Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Symbolic Modelling Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Semarang

The Effect Of Group Counseling Services With Symbolic Modeling Techniques On The Learning Motivation Of Grade XI Students Of SMAN 5 Semarang

Authors

  • Innesia Puspita Dewi Universitas PGRI Semarang
  • Supardi Supardi Universitas PGRI Semarang
  • Gregorius Rahastono Ajie Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1657

Keywords:

Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Symbolic Modelling, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Semarang yang ditandai dengan siswa sering keluar masuk kelas saat jam pelajaran, menunda-nunda tugas, asik bermain gadget, asik mengobrol dengan teman ketika jam pelajaran berlangsung, dan sering melamun saat diterangkan materi pelajaran. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah seberapa besar tingkat motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Semarang sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dan bagaimana pengaruh layanan bimbingan  kelompok dengan teknik symbolic modelling terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modelling terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa, 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol dengan sample random sampling yaitu teknik penentuan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Treatment dilaksanakan sebanyak lima kali pada sampel. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,645 dengan ttabel taraf signifikansi 5% yaitu 2,101. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung 2,645> ttabel 2,101. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik symbolic modelling terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Innesia Puspita Dewi, Universitas PGRI Semarang

Supardi Supardi, Universitas PGRI Semarang

Gregorius Rahastono Ajie, Universitas PGRI Semarang

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Erford, Bradley T. 2017. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Putra, Chandra Anugrah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Perancangan dan Kecerdasan Logik-Matematik Terhadap Kompetensi Merancang Web. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2):90-101.
Ratna, Lilis. 2013. Teknik-teknik Konseling. Yogyakarta: Budi Utama.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingandan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Supardi. 2016. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Bimbingan & Konseling. Yogyakarta: ANDI Offset.
Yuniarwati, Christiyo Tri. 2018. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling pada Siswa Kelas Kelas XI APh1 SMK N I Cepu Semester Gasal Tahun 2017 / 2018. EMPATI-Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5 No 1 e-ISSN : 2581-0677.

Downloads

Published

2020-09-09

How to Cite

Puspita Dewi, I., Supardi, S., & Rahastono Ajie, G. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Symbolic Modelling Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Semarang: The Effect Of Group Counseling Services With Symbolic Modeling Techniques On The Learning Motivation Of Grade XI Students Of SMAN 5 Semarang. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1–9. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1657