Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Perencanaan Karir Siswa

The Effect Of Discussion Engineering Group Guidance On Student Career Planning

Authors

  • Nila Istatik Amalia Universitas PGRI Semarang
  • Arri Handayani Universitas PGRI Semarang
  • Tri Hartini Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1693

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Perencanaan Karir

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perencanaan karir siswa kelas XI MAN 2 Semarang. Hal ini dibuktikan bahwa banyak siswa yang belum mempunyai gambaran tentang perencanaan karir, siswa belum memahami tentang pekerjaan yang nantinya akan diambil, dan masih bingung dalam memilih jurusan di jenjang perguruan tinggi. Tujuan penelitian  ini adalah  untuk mengetahui pengaruh  perencanaan karir sesudah diberikan treatmen  melalui bimbingan kelompok dengan teknik diskusi, untuk mengetahui peningkatan dengan teknik diskusi langsung terhadap perencanaan karir siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode penelitian true eksperimental design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Sampel yang diambil sebanyak 34 siswa, 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol dengan menggunakan cluster sampling. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui instrumen penelitian berupa skala psikologi perencanaan karir. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap perencanaan karir siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nila Istatik Amalia, Universitas PGRI Semarang

Arri Handayani, Universitas PGRI Semarang

Tri Hartini, Universitas PGRI Semarang

References

Arikunto, Suharsini.2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bangun, Wicaksono. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Corey, Gerald. 2005. Teori dan Praktik Dari Konseling & Psikoterapi. Jakarta; ERESCO.
Kaswan, 2014. Career Developmen (Pengembangan Karir Untuk Mencapai Kesuksesan dan Kepuasan) Bandung: Alfabeta.
Majid, Abdul. 2014. S rategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurihsan, Achmad Juantika. 2014. Bimbingan dan Konseling dalam berbagai latar kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama
Priyatno, Tovik. 2016. Upaya Meningkatkan Pemahaman Eksplorasi Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok. Jurnal Psikopedagogia. Volume 5. No 1.
Putra, Chandra Anugrah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Perancangan dan Kecerdasan Logik-Matematik Terhadap Kompetensi Merancang Web. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2):90-101.
Riadin, Agung, dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1):22-27.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Surabaya: Universitas Negeri Malang.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan Jakarta: Salemba Humanika
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Siagian, Sondang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bangun: Alfabeta.
Thaem, Albinus. 2012. Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Struktur Tumbuhan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Melayu Rakyat Ketapang. Pontianak: Universitas Tanjungpura
Tohirin, 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Intelegensi). Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Winkel, W. S dan MM Sri Hastuti 2008. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Istatik Amalia, N., Handayani, A., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Perencanaan Karir Siswa: The Effect Of Discussion Engineering Group Guidance On Student Career Planning. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 19–26. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1693