Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Perencanaan Karir Siswa
The Effect Of Discussion Engineering Group Guidance On Student Career Planning
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1693Keywords:
Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Perencanaan KarirAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perencanaan karir siswa kelas XI MAN 2 Semarang. Hal ini dibuktikan bahwa banyak siswa yang belum mempunyai gambaran tentang perencanaan karir, siswa belum memahami tentang pekerjaan yang nantinya akan diambil, dan masih bingung dalam memilih jurusan di jenjang perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perencanaan karir sesudah diberikan treatmen melalui bimbingan kelompok dengan teknik diskusi, untuk mengetahui peningkatan dengan teknik diskusi langsung terhadap perencanaan karir siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode penelitian true eksperimental design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Sampel yang diambil sebanyak 34 siswa, 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol dengan menggunakan cluster sampling. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui instrumen penelitian berupa skala psikologi perencanaan karir. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap perencanaan karir siswa.
Downloads
References
Bangun, Wicaksono. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Corey, Gerald. 2005. Teori dan Praktik Dari Konseling & Psikoterapi. Jakarta; ERESCO.
Kaswan, 2014. Career Developmen (Pengembangan Karir Untuk Mencapai Kesuksesan dan Kepuasan) Bandung: Alfabeta.
Majid, Abdul. 2014. S rategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurihsan, Achmad Juantika. 2014. Bimbingan dan Konseling dalam berbagai latar kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama
Priyatno, Tovik. 2016. Upaya Meningkatkan Pemahaman Eksplorasi Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok. Jurnal Psikopedagogia. Volume 5. No 1.
Putra, Chandra Anugrah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Perancangan dan Kecerdasan Logik-Matematik Terhadap Kompetensi Merancang Web. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2):90-101.
Riadin, Agung, dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1):22-27.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Surabaya: Universitas Negeri Malang.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan Jakarta: Salemba Humanika
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Siagian, Sondang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bangun: Alfabeta.
Thaem, Albinus. 2012. Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Struktur Tumbuhan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Melayu Rakyat Ketapang. Pontianak: Universitas Tanjungpura
Tohirin, 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Intelegensi). Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Winkel, W. S dan MM Sri Hastuti 2008. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License