Panduan Kepala Sekolah Untuk Mengelola Sekolah Pada Masa Pandemic Covid-19

The Principal’s Guide to Managing Schools During The Covid-19 Pandemic

Authors

  • Djumiko Djumiko SMKN 1 Songgom Brebes
  • Slamet Fauzan Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Jailani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1701

Keywords:

Kepala Sekolah, Layanan Pendidikan, Pandemik, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Kepala Sekolah SMK N 1 Songgom dalam mengoptimalkan peran aktif warga sekolah dalam mengembangkan layanan pendidikan di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah naratif study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan secara intern oleh Kepala Sekolah antara lain optimalisasi layanan pembelajaran daring, optimalisasi layanan administrasi sekolah dan optimalisasi pemenuhan serta perawatan fasilitas sekolah. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk ekstern atau warga masyarakat sekitar, yaitu menerjunkan tim untuk pembagian Hand Sanitizer buatan guru SMK Negeri 1 Songgom sekaligus memberikan edukasi terkait dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. serta membuat vlog tentang pembelajaran daring dan himbauan pencegahan penyebaran covid-19 yang di unggah dan dibagikan melalui kanal Youtube Kepala Sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Djumiko Djumiko, SMKN 1 Songgom Brebes

Slamet Fauzan, Universitas Negeri Malang

Muhammad Jailani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

BBC Indonesia. 2020. Virus Corona: Peta dan Infografis Terkait Pasien Terinfeksi, Meninggal dan Sembuh Di Indonesia dan Dunia. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51850113. Diakses tanggal 23 April 2020
Creswell. J. W. 2012. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Direktur Kesehatan Lingkungan. 2020. Panduan Pencegahan Penularan Covid-19 di Tempat Fasilitas Umum. Jakarta. Dirjen Kesmas Kemnkes RI
Ikhsan, Arfan. 2009. Akuntansi Manajemen Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kamayanti, A. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi: Pengantar Religiositas Keilmuan. Jakarta Selatan: Yayasan Rumah Paneleh
Keputusan Presiden RI Nomor 11. 2020. Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19. Jakarta. Presiden Republik Indonesia
Kusumaningtias. 2013. Green Accounting Mengapa dan Bagaimana. Proceeding Seminar Nasional for Papers Sancall .
Kuswarno, Engkus. 2009. Metodologi Penelitian Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitian. Bandung : Widia Padjajaran
Moleong, Lexy. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyadi & Rivai. 2009. Manjemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Setyawan, Dedy & Muhammad Fitriadi. Penggunaan Media Tiga Dimensi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1):1-7.
Sobur, A. 2013. Filsafat Komunikasi Tradisi Dan Metode Fenomenologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.
Surat Edaran Meteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4. 2020. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Djumiko, D., Fauzan, S., & Jailani, M. (2020). Panduan Kepala Sekolah Untuk Mengelola Sekolah Pada Masa Pandemic Covid-19: The Principal’s Guide to Managing Schools During The Covid-19 Pandemic. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 56–69. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1701