Panduan Kepala Sekolah Untuk Mengelola Sekolah Pada Masa Pandemic Covid-19
The Principal’s Guide to Managing Schools During The Covid-19 Pandemic
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1701Keywords:
Kepala Sekolah, Layanan Pendidikan, Pandemik, Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Kepala Sekolah SMK N 1 Songgom dalam mengoptimalkan peran aktif warga sekolah dalam mengembangkan layanan pendidikan di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah naratif study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan secara intern oleh Kepala Sekolah antara lain optimalisasi layanan pembelajaran daring, optimalisasi layanan administrasi sekolah dan optimalisasi pemenuhan serta perawatan fasilitas sekolah. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk ekstern atau warga masyarakat sekitar, yaitu menerjunkan tim untuk pembagian Hand Sanitizer buatan guru SMK Negeri 1 Songgom sekaligus memberikan edukasi terkait dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. serta membuat vlog tentang pembelajaran daring dan himbauan pencegahan penyebaran covid-19 yang di unggah dan dibagikan melalui kanal Youtube Kepala Sekolah.
Downloads
References
Creswell. J. W. 2012. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Direktur Kesehatan Lingkungan. 2020. Panduan Pencegahan Penularan Covid-19 di Tempat Fasilitas Umum. Jakarta. Dirjen Kesmas Kemnkes RI
Ikhsan, Arfan. 2009. Akuntansi Manajemen Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kamayanti, A. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi: Pengantar Religiositas Keilmuan. Jakarta Selatan: Yayasan Rumah Paneleh
Keputusan Presiden RI Nomor 11. 2020. Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19. Jakarta. Presiden Republik Indonesia
Kusumaningtias. 2013. Green Accounting Mengapa dan Bagaimana. Proceeding Seminar Nasional for Papers Sancall .
Kuswarno, Engkus. 2009. Metodologi Penelitian Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitian. Bandung : Widia Padjajaran
Moleong, Lexy. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyadi & Rivai. 2009. Manjemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Setyawan, Dedy & Muhammad Fitriadi. Penggunaan Media Tiga Dimensi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1):1-7.
Sobur, A. 2013. Filsafat Komunikasi Tradisi Dan Metode Fenomenologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.
Surat Edaran Meteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4. 2020. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License