Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Pendekatan Andragogi Di Lingkungan SMAN 1 Jatiwangi

The Application Of The People Tutor Learning Model In English Courses Through Andragogy Approach In SMAN 1 Jatiwangi Environment

Authors

  • Qorina Awa Rosi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Septi Gumiandari IAIN Syeikh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1865

Keywords:

Tutor sebaya, Pembelajaran bahasa, Pendekatan andragogi, Lingkungan pendidikan

Abstract

Pada pembelajaran bahasa inggris, tidak jarang murid menganggap pelajaran ini sulit maka dari itu penerapan tutor sebaya diharapkan mampu mengatasi masalah tersebut. Jika tutornya sebaya dengan siswa, maka tidak menutup kemungkinan siswa menjadi lebih aktif di kelasnya dikarenakan hubungan dengan tutor sebaya lebih lebih dekat atau ada rasa tidak segan untuk bertanya. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui peran tutor sebaya terhadap peningkatan motivasi siswa dan untuk mengetahui penerapan tutor sebaya di lingkungan SMAN 1 Jatiwangi. Pada penelitian ini, penulis melakukan metode dengan mewawancarai subjek yang bersangkutan. Tutor sebaya bisa membuat murid agar lebih paham terkait materi’ yang diajarkan guru. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara salah seorang siswa dan guru SMAN 1 Jatiwangi tentang bagaimana penerapan tutor sebaya dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui pendekatan andragogi dan hasil dalam peran tutor sebaya terhadap peningkatan motivasi siswa yaitu sebagai pembimbing yang baik, untuk menyelesaikan masalah belajar, sebagai teladan bagi siswa lainnya, memberikan kenyamanan dalam belajar. Lalu hasil penelitian penerapan tutor sebaya di lingkungan SMAN 1 Jatiwangi yaitu dengan proses presentasi dengan cara pembagian ke dalam 5-6 kelompok di kelas kemudian mempresentasikan sub materi dengan power point. Evalusi sangat baik karena bisa terlihat dari nilai ulangan yang bagus dari rata-rata kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Qorina Awa Rosi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Septi Gumiandari, IAIN Syeikh Nurjati Cirebon

References

Umriyah, dkk. (2012). Penggunaan Bahan Ajar dengan Pendekatan Andragogi sebagai upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil belajar siswa SMA RSBI. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 68-73.
Anggorowati, NP. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas, 3(1), 103-120.
Dalyono, B., dan Enny Dwi Lestariningsih. (2017). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Bangun Rekaprima, 3(2), 33-42.
Febianti, YN. (2014). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Belajar. Jurnal Edunomie, 2(2), 80-87.
Ginanjar, MH. (2013). Urgensi Lingkungan Pendidikan sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 376-396.
Indriane, NS. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata PelajaranBahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 126-132.
Islam, Syaifu.(2017). Karakteristik Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Eduregilia, 1(1), 89-101.
Izzati, N. (2015). Pengaruh Penerapan Program Remedial dan Pengayaan Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal EduMa, 4(1), 56-68.
Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Jurnal Pedagogia ISSN 2089-3833, 5(2), 147-156.
Permadi, Ade S dan Febriana Mentari. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Kahayan Kuala. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1):55-62.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter dan Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14-20.
Putra, Chandra Anugrah dan M Andi Setiawan. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1):1-6.
Rakhman, A., dan Dewi Safitri Elshap. (2016). Implementasi Kekuatan Motivasi Belajar dalam Pendekatan Androgogi. Jurnal Empowerment, 5(2), 1-50.
Ulfah, Maria. (2012). Optimalisasi Hasil Belajar IPA tentang Sistem Gerak pada Manusia Melalui Metode Diskusi dengan Teknik Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Dinamika, 3(1), 20-24.
Wakit, Ahmad. (2016). Efektivitas Metode Sorongan Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Pemahaman Konsep Matematika. jurnal JES-MAT, 2(1), 1-12.
Waluyo, YT., dan Liliek Desamawati. (2015). Peran Tutor dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Andragogi di Rutan Banjarnegara. Jurnal of Formal Education and Community Empowerment, 4(1), 71-78.
Wulandari, F., dan Muhammad Ridho Sullam. (2020). Penguatan Nilai-nilai Keislaman pada Program Paket C Melalui Pendekatan Andragogi. Jurnal Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 2(1), 451-454.
Yursi, Y. (2013). Strategi Pembelajaran Androgogi. Al- Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 12(1), 25-52.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Awa Rosi, Q., & Gumiandari, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Pendekatan Andragogi Di Lingkungan SMAN 1 Jatiwangi: The Application Of The People Tutor Learning Model In English Courses Through Andragogy Approach In SMAN 1 Jatiwangi Environment. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 45–53. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1865