Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial Dan Kinestetik) Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Kelas 3F IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Identification Of Learning Styles (Visual, Auditorial And Kinesthetic) English Tadris Students Class 3F IAIN Syekh Nurjati Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1876Keywords:
Gaya belajar, Visual, Auditorial, KinestetikAbstract
Gaya belajar pada mahasiswa dinilai sangat penting untuk proses pembelajaran dan hasil belajar, disamping itu juga juga dosen memiliki peran penting dalam menerapkan proses belajar pada mahasiswa yang telah disesuaikan dengan gaya belajar mahasiswa. Dari penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis gaya belajar dan hasilnya pada mahasiswa program studi bahasa inggris kelas F IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pada penelitian kali ini disebut dengan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan angket/kuesioner kepada mahasiswa prodi bahasa inggris kelas F, yang mana kuesioner tersebut berisikan beberapa pernyataan yang telah disesuaikan dengan teori gaya belajar, yaitu visual, kinestetik dan auditorial. Pada penelitian ini terdapat 28 mahasiswa yang mengisi kuesioner dan didapatkan hasil bahwa dari 28 mahasiswa tersebut, 16 diantaranya memiliki gaya gaya belajar visual, 3 diantaranya mempunyai gaya belajar auditorial, dan 19 mahasiswa mempunyai gaya belajar kinestetik, selain itu juga ada beberapa mahasiswa memiliki lebih dari satu gaya belajar/gaya belajar campuran. Dapat dilihat bahwa gaya belajar visual mendominasi disbanding gaya belajar yang lainnya. Karena pada dasarnya, mahasiswa memiliki karakteristik cara dalam menerima informasi lebih dari satu, namun tetap hanya satu cara saja yang akan lebih menonjol pada setiap mahasiswa. Berdasarkan hasil tersebut menyatakan bahwa cara belajar yang dimiliki setiap mahasiswa atau setiap individu tentunya akan sangat berbeda beda.
Downloads
References
Bire,A.L. Geradus,U.Bire,J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan 44,(2), 168-174.
Damayanti,A.K. Pratitis,N.T. (2012). Gaya Belajar Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi Indonesia, 1( 2), 88-98
DePorter, Bobby & Hernacki, Mike. (2000). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa
Kusnida,F. Mulyani,M. Su’udi,A. (2015).Keefektifan Penggunaan Media Audio Visual Dan Media Komik Strip Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Yang Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4, (2)
M. Joko Susilo. (2006). Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar, Yogyakarta : Pinus.
Magdalena.i. Affifah.A,N. (2020). Identifikasi Gaya Belajar Siswa (Visual, Auditorial, Kinestetik). Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial,2(1),1-8
Mulyani,L.S. Solihah,S. (2019). Analisis Tentang Gaya Belajar Siswa Berdasarkan Visual, Auditori, Kinestetik Pada Mata Pelajaran Biologi Man 1 Garut. Biology Education, 2(1)
Papilaya,J.O. Huliselan,N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56-63.
Papilaya,J.O. Huliselan,N.(2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1),65-63
Putra, Chandra Anugrah dan M Andi Setiawan. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1):1-6.
Putri,M. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Membaca Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Ensiklopedia of Journal, 1 (1).
Rambe,M.S.Kons.Yarni,N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetikterhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran,2(2), 2655.
Riadin, Agung dan Ade Salahuddin Permadi (2019). Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):18-28.
Rismadew,N.W.M. (2019). Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Antara Siswa Yang Bergaya Belajar Visual, Auditori Dan Kinestetik (Di Sd It Albanna). Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 7 (1),
Rosa,E. (2018). Pengaruh Persepsi Peserta Didik Atas Gaya Belajar Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Journal of English Language Teaching , 01 (01), 1-98
Saija,L.M. (2020). Analisis Terhadap Gaya Belajar Siswa Sekolah Menengah Di Bandung. Jurnal Padegogik 3 (1), 57 – 70
Sari,A.K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak(Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1),
Syamsu Rijal,S. Bachtiar,S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal BIOEDUKATIKA, 3(2), 15-20
Wahyuni,Y.(2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM, 10(2)
Waluyo,M.E. (2014). Revolusi Gaya Belajar untuk Fungsi Otak. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2),
Wibowo,N.(2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO),1(2) 130
Widayanti,F.D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. ERUDIO,2(1),
Widayanti,F.D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. ERUDIO,2(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License