Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa

Implementation Of People Tutor Learning Methods On Student Learning Outcomes

Authors

  • Lisa Nurhasanah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Septi Gumiandari IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1881

Keywords:

Tutor sebaya, Hasil belajar

Abstract

Seiring perubahan dan perkembangan zaman tuntutan terhadap proses pembelajaran semakin tinggi. Proses pembelajaran harus inspiratif yang bertujuan untuk membuat perserta didik aktif dalam pembelajaran sehingga peningkatan hasil belahar siswa dapat tercapai. Metode pembelajaran yang membuat siswa menjadi lebih aktif adalah pembentukan pembelajaran kelompok dengan mengikuti pola tutor sebaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya. Metode tutor sebaya ini memiliki banyak sekali manfaat bagi para siswa. Metode tutor sebaya dapat meningkatkan minat belajar para siswa. Tercapainya keberhasilan peserta didik harus diimbangi dengan peningkatan minat belajar siswa. Pada penelitian kali ini disebut dengan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan angket kepada siswa SMA/SMK yang berbeda. Dari keseluruhan penulis menghasilkan bahwa penerapan metode pembelajaran ini terbukti dapat merubah nilai peserta didik menjadi lebih baik. Banyak sekali dampak positif yang dirasakan pada penerapan metode pembelajaran tutor sebaya ini salah satunya yaitu dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik, perserta didik berani untuk tampil dihadapan teman-temannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lisa Nurhasanah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Septi Gumiandari, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

References

Ahdiyat, M. Sarjaya. (2014). Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pengolahan Data. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 71-228.
Apriyani, D. (2013). Upaya Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya (PTK pada Siswa Kelas Viii A Semester Genap Smp Negeri 1 Karangnongko Tahun Ajaran 2012/2013) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2011). Metode pembelajaran tutor teman sebaya meningkatkan hasil belajar berdasar regulasi-diri. Hubs-Asia, 10(1).
Burhanudin, M. Sulaiman. Annas, M. (2012). Efektivitas Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 1(3), 136-139.
Falah, I. F. (2014). Model Pembelajaran Tutorial Sebaya: Telaah Teoritik. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 12(2), 175-186.
Febianti, Y. N. (2014). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic, 2(2), 80-87.
Febianti, Y. N. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Siswa. Repository FKIP Unswagati.
Fuadi, E. H. (2020). Penggunaan MetodeTutor Sebaya untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Resistor. Jurnal Peendidikan, 14(1), 72-79.
Hafizah, E., Halidjah, S., & Nursyamsiar, T. (2013). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Di Kelas V Sekolah Dasar Kota Pontianak (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Haryati Ahda Nst, Nurdalilah. (2019). Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal AKSARA PUBLIC, 3(1), 73-80.
Indrianie, N. S. (2015). Penerapan model tutor sebaya pada mata pelajaran bahasa inggris reported speech terhadap hasil belajar peserta didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).
Kusumah, M. I. Sutisna. Septian, D. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon. Jurnal Pendidikan Fiiska dan Sains, 1(1), 33-39.
Marhamah Saumi. Sanjaya, K. Anom, W. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Peran Tutor Sebaya Siswa Kelas X.A SMA. Jurnal. Pen. Pend. Kim, 1(1), 43-50.
Muawanah, S., Nizaruddin, N., & Aini, A. N. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dan Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Senatik, 370-378.
Munthe, A. P. Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2), 138-147.
Puspitasari, Y. Rais, R. Kiswoyo. (2019). Studi Kasus Tentang Metode Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 177-183.
Qudsi Istianah, F. T. (2014). Pembelajaran Tutor Sebaya Materi Besaran Dan Satuan Fisika. Jurnal SMAN 1 Paiton Jatim, 4(3), 1-10.
Rohmah, Z. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika melalui Model Tutor Sebaya dengan Pendekatan Saintifik sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa di Kelas Inklusif. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 149-158.
Setiawan, Muhammad andi. (2015). Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1).
Setyawan, Dedy dan Agung Riadin (2020). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1): 1-9.
Slameto. (2015). Pembelajaran Berbasis Riset Mewujudkan Pembelajaran Yang Inspiratif. Satya Widya, 31(2), 102-113.
Wali, G. N. K. Winarko, W. Murniasih, T. R. (2020). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Tutor Sebaya. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 164-173.
Zenti, E. (2019). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Tutor Sebaya. Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK), 1(1), 1- 17.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Nurhasanah, L., & Gumiandari, S. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa: Implementation Of People Tutor Learning Methods On Student Learning Outcomes. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 62–68. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1881