Fenomena Diglosia Pada Tuturan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
Phenomenon of Diglossia in Student Communication Utterances at The Institute of Islamic Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1887Keywords:
Diglosia, Bahasa Tinggi, Bahasa RendahAbstract
Fenomena diglosia merupakan situasi penggunaan ragam bahasa yang secara bersama-sama atau bergantian dalam satu proses komunikasi. Ciri komunikasi yang termasuk ke situasi diglosia atau diglostik adalah saat ragam bahasa tinggi (T) digunakan bersamaan dengan ragam bahasa rendah (R) oleh sekelompok penutur bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan fenomena diglosia yang terjadi di kalangan mahasiswa IAIN Palangka Raya dalam proses belajar-mengajar. Objek penelitian adalah tuturan mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data melalui teknik padan referensial dan translasional. Sedangkan penentuan maknanya menggunakan metode kontekstual. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa situasi penggunaan bahasa pada mahasiswa IAIN Palangka Raya mengalami situasi diglostik, yakni penggunaan dua variasi bahasa Indonesia, yakni bahasa Indonesia baku atau bahasa Indonesia ragam tinggi (H:) dan bahasa Indonesia tidak baku yang bercampur bahasa daerah sebagai ragam rendah (L:) dalam proses pembelajaran. Dua variasi bahasa yang memiliki masing-masing peranan ini digunakan bersamaan atau bergantian oleh mahasiswa pada saat pembelajaran di IAIN Palangka Raya.
Downloads
References
Anggito, Albi dan Johan Setiawan, 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi:CV Jejak.
Fishman, Joshua A., 1967, “Bilingualism with and without Diglossia; Diglossia with and without Bilingualism”. Journal of Social Issues, The Society for the Psychological Study of Social Issues, Washington DC, Vol. 23 (2), April, pp. 29-38
Gunarwan, Asim, 2001, Indonesian and Banjarnese Malay among Bajarnese ethnics in Banjarmasin City: a Case of Diglossia Leakage? Makalah pada Simposium International V tentang Linguistik Melayu/Indonesia. Leipzig, Jerman, 17-17 Juni 2001.
Gunarwan, Asim, 2001, Makalah “Peran Bahasa sebagai Pemersatu Bangsa” dalam Kajian serba linguistik: untuk Anton Moeliono: pereksa bahasa, Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Manuaba, I.B. Putra, 2019, Wacana Bahasa dan Sastra, Surabaya:Airlangga University Press.
Moeliono, Anton M., 2002, Telaah Bahasa dan Sastra, Cetakan ke-2, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Purtina, Arna. 2020. Faktor Penghambat Ekstern Penerapan Program MYOB sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Di SMKN 2 Palangka Raya. Jurnal Neraca 5(2): 47-52.
Setyawan, Dedy & Agung Riadin. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 15(1): 1-9.
Sudaryanto, 1993, Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa, Pengantar Penelitan Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Yendra, 2018, Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik), Yogyakarta:Penerbit Deepublish.
Yule, Ge orge, Penerjemah: Astry Fajria, 2018, Kajian Bahasa, edisi ke-5, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License