Analisis Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Inspektorat Daerah Di Kabupaten Katingan

Analysis Of The Implementation Of Regional Inspectorate Monitoring Functions In Katingan Distric

Authors

  • Vivi Pancasari Kusumawardani STIE YBPK Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.2333

Keywords:

Fungsi Pengawasan, Inspektorat Daerah, Kabupaten Katingan

Abstract

Kantor Inspektorat di Kabupaten Katingan adalah salah satu instansi pemerintahan yang memiliki fungsi dalam melakukan pengawasan kinerja pemerintahan daerah. Dimana salah satu misi yang ingin dicapai adalah dengan mencegah  terjadinya  penyimpangan  dalam pelaksanaan manajemen pemerintahan daerah. Namun permasalahan yang terjadi bahwa pelaksanaan fungsi pengawasan  sejauh  ini  belum  dilakukan  secara  efektif,  alasannya karena pelaksanaan pemeriksaan kinerja pemerintahan selama ini belum sesuai dengan yang direncanakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu obeservasi, dokumentasi, studi pustaka serta wawancara. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualititatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan fungsi pengawasan khususnya pada Inspektorat Kabupaten Katingan dilihat dari pemeriksaan, pengujian hingga pengusutan masih belum dapat dikatakan maksimal, adapun faktor yang mempengaruhi pelaksanaan penyelenggaraan fungsi pengawasan  terhadap penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Katingan meliputi sarana dan prasarana, peraturan yang berlaku, serta SDM.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Vivi Pancasari Kusumawardani, STIE YBPK Palangka Raya

References

Harry, Muh. 2018. Analisis Pelaksanaan Fungsi Inspektorat Daerah Di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Hidayat, Taufiq. 2018. Peran Inspektorat Daerah Sebagai Aparat Pengawas Internal Daerah Di Provinsi Lampung. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Jailani, Muhammad dan Elly Warnisyah Harahap. 2019. The Perception Of Stakeholders To The Role Of Graduate Of Religious Study Harmony In Medan City. IJLRES-International Journal on Language, Research and Education Studies, 3(2):195-208.
Juli Panglima Siragih, Desentralisasi Fiskal dan Keuangan Daerah Dalam otonomi, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta, 2003.
Keputusan Menteri No. 41 Tahun 2001 tentang Pengawasan Represif Kebijakan Daerah
Keputusan Presiden No. 74 Tahun 2001 Tentang Tata Cara Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah
Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Daerah.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis dan Tata Kerja Inspektorat Provinsi dan Kabupaten/Kota
Peraturan Bupati No. 25 tahun 2020 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Inspektorat Kabupaten Katingan
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2007 tentang Pedoman Tata Cara Pengawasan Atas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah
Peraturan Pemerintahan Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pembinaan dan Pengawasan atas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.
Permadi, Ade Salahudin dan Rahmani. 2020. Analisis Penerapan Media Pembelajaran Google Apps For Education. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2):48-52.
Rahardjo Adisasita, 2011, Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Saputra, A’ak. 2017. Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Inspektorat Daerah Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Soralangun. Universitas Jambi.
Siradja, Noor Gemilang, 2015. Analisis Pelaksanaan Pengawasan Inspektorat Terhadap Kinerja Badan Kepegawaian Daerah Kota Baubau. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Pancasari Kusumawardani, V. (2021). Analisis Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Inspektorat Daerah Di Kabupaten Katingan: Analysis Of The Implementation Of Regional Inspectorate Monitoring Functions In Katingan Distric. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 69–82. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.2333