Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX B Smp Negeri 13 Banjarmasin
Application Of Think Pair Share Cooperative Learning Model As An Effort To Increase Learning Activity And Achievement Of Students Of Class Ix B Smp Negeri 13 Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3343Keywords:
Keaktifan, Hasil Belajar, Prestasi Belajar, Think Pair ShareAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa Kelas IX B SMP Negeri 13 Banjarmasin pada materi pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Jujur dan Menepati Janji melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil Belajar Siswa Kelas IX B SMP Negeri 13 Banjarmasin pada Siklus II mengalami peningkatan dari hasil belajar pada Siklus I yang dibuktikan dengan perolehan nilai atau hasil tes yang diperoleh siswa. Nilai rata-rata pada siklus I hanya 74,86 dengan nilai terendah 64 dan nilai tertinggi 85 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,97 dengan nilai terendah 74 dan nilai tertinggi 88. Ketuntasan Belajar Secara Klasik menunjukkan signifikansi meningkat, walaupun belum mencapai kriteria ideal yang menunjukkan tingkat keberhasilan belajar. Siswa yang berhasil mencapai nilai KKM meningkat menjadi 25 orang atau 86,21%.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Heriawan, Adang. 2016. Metologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: Perum Bumi Bharos Chasanah.
Isjoni. 2017. Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan Kecerdasan Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.
Mahfud, Rois. 2016. Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Erlangga.
Putra, Chandra Anugrah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Perancangan dan Kecerdasan Logik-Matematik Terhadap Kompetensi Merancang Web. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2):90-101.
Ratna, Lilis. 2013. Teknik-teknik Konseling. Yogyakarta: Budi Utama.
Rusyan, Tabrani. 2016. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Salamah. Pengembangan Model Kurikulum Holistik Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Tsanawiyah. 2016. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudin. 2017. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License