Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerita Inspiratif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Pada Siswa Kelas IX D Smp Negeri 5 Banjarmasin
Improving the Ability to Write Inspirational Story Texts Through the Application of the Think-Talk-Write Cooperative Learning Model in Class IX D Students of SMP Negeri 5 Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3344Keywords:
Kemampuan Menulis, Teks Inspiratif, Think Talk WriteAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerita inspiratif siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write di kelas IX D SMP Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi kemudian dianalisis secara deskriptif persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write pada siswa kelas IXD SMP Negeri 5 Banjarmasin terbukti mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks cerita inspiratif yang dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas per Siklus. Pada Pra Siklus rata-rata kelas adalah sebesar 55,2, pada Siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 68,6, dan pada pelaksanaan Siklus II rata-rata kelas menjadi 86,7. Selain itu, terjadi peningkatan nilai antar siswa pada pratindakan ke siklus I dan ke siklus II. Dari hasil tersebut diketahui pula siswa yang telah tuntas pada tahap pratindakan berjumlah 4 siswa, pada siklus I berjumlah 8 siswa dan pada siklus II berjumlah 29 siswa.
Downloads
References
Aziz, Abdul, dan Abdul Majid. 2017. Mendidik Dengan Cerita. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Collier. 2016. The Secret of The Ages (Edisi Terjemah). Tangerang: Gemilang.
Heriawan, Adang. 2016. Metologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: Perum Bumi Bharos Chasanah.
Hermawan, Rudi, Nurlaksana Rusminto, dan Eko Suyanto. 2018. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Model Think Talk Write.” J-Simbol (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya) 6(1):1–10.
Isjoni. 2017. Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan Kecerdasan Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyoto. 2015. Kiat Menulis untuk Media Massa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tarigan, Djago. 2016. Pintar Bahasa Indonesia SMP Kelas 1 (Pelajaran kelima kegiatan membuat ikhtisar isi pidato). Jakarta: Balai Pustaka.
Wahyono, Budi. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Zaidar. 2018. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita melalui Strategi Think Talk Write dengan Menggunakan Foto Peristiwa.” Jurnal Tunas Pendidikan 3(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License