Upaya Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti
Efforts To Develop Cognitive Capabilities Through Jigsaw Type Of Cooperative Learning In Islamic Religious Education And Characteristics
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3346Keywords:
Kemampuan Kognitif, Kooperatif Tipe JigsawAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif siswa kelas IX B pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Meyakini Hari Akhir dan Mengakhiri Kebiasaan Buruk di SMP Negeri 14 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi pokok Meyakini Hari Akhir dan Mengakhiri Kebiasaan Buruk pada kelas IX B SMP Negeri 14 Banjarmasin sudah dilaksanakan sesuai prosedur, dilihatdari aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif tipe jigsaw masuk kategori baik. Mengembangkan kognitif dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw materi iman kepada hari secara keseluruhan untuk indikator kognitif yaitu untuk mengingat (C1), memahami (C2) dan menerapkan (C3) masuk kualifikasi “baik”, hal ini disebabkan karena dengan siswa menjelaskan materi kepada teman sekelompok menumbukan rasa tanggung jawab untuk siswa lebih memamahami materi dan hal ini berdampak positif dengan berkembangnya kognitif siswa.
Downloads
References
Isjoni. 2016. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jahja, Yudrik. 2016. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.
Latifah, Ngalimun Ngalimun, Muhammad Andi Setiawan dan Makmur Haji Harun. 2020. Kecakapan Behavioral Dalam Proses Pembelajaran PAI Melalui Komunikasi Interpersonal. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 5:2 (36-42).
Majid, Abdul. 2013.Srategi Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfiqon. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Suriansyah, Ahmad, dkk. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Tohirin. 2016. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Kooperatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License