Upaya Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti

Efforts To Develop Cognitive Capabilities Through Jigsaw Type Of Cooperative Learning In Islamic Religious Education And Characteristics

Authors

  • Sulaiman Sulaiman SMPN 14 BANJARMASIN

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3346

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Kooperatif Tipe Jigsaw

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif siswa kelas IX B pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Meyakini Hari Akhir dan Mengakhiri Kebiasaan Buruk di SMP Negeri 14 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw  pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi pokok Meyakini Hari Akhir dan Mengakhiri Kebiasaan Buruk pada kelas IX B SMP Negeri 14 Banjarmasin sudah dilaksanakan sesuai prosedur, dilihatdari aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif tipe jigsaw masuk kategori baik. Mengembangkan kognitif dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw materi iman kepada hari secara keseluruhan untuk indikator kognitif yaitu untuk mengingat (C1), memahami (C2) dan menerapkan (C3) masuk kualifikasi “baik”, hal ini disebabkan karena dengan siswa menjelaskan materi kepada teman sekelompok menumbukan rasa tanggung jawab untuk siswa lebih memamahami materi dan hal ini berdampak positif dengan berkembangnya kognitif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sulaiman Sulaiman, SMPN 14 BANJARMASIN

References

Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Isjoni. 2016. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jahja, Yudrik. 2016. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.
Latifah, Ngalimun Ngalimun, Muhammad Andi Setiawan dan Makmur Haji Harun. 2020. Kecakapan Behavioral Dalam Proses Pembelajaran PAI Melalui Komunikasi Interpersonal. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 5:2 (36-42).
Majid, Abdul. 2013.Srategi Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfiqon. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Suriansyah, Ahmad, dkk. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Tohirin. 2016. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Kooperatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Downloads

Published

2022-03-22

How to Cite

Sulaiman, S. (2022). Upaya Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti: Efforts To Develop Cognitive Capabilities Through Jigsaw Type Of Cooperative Learning In Islamic Religious Education And Characteristics. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 16–23. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3346