Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Media Buah Terong Apel Pada Siswa Kelas V Sdn Tumbang Jiga Katingan
Improving the Ability to Add Fractions by Using Apple Eggplant Fruit Media for Class V Students at Tumbang Jiga Katingan Elementary School
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3348Keywords:
Hasil Belajar, Media Pembelajaran Buah Terong Apel, Bilangan PecahanAbstract
Fungsi media buah terong apel sebagai media untuk mempermudah atau mengaktualisasikan bentuk pecahan dalam bentuk nyata. Buah terong apel mudah didapat dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumlahan bilangan pecahan biasa dengan menggunakan media buah terong apel. Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Skor rata-rata kelas pada tes pratindakan hanya mencapai 42,22 sedangkan pada akhir pada siklus II skor rata-rata kelas mencapai 68,89 Ada peningkatan sebesar 26,67%. Secara keseluruhan presentase peningkatan hasil penelitian dari tes pratindakan ke siklus I adalah 7,78% dan siklus I ke siklus II adalah 18,89 %. Secara keseluruhan, hasil penelitian meningkat menjadi 26,67%. Di samping itu juga ditunjukan dengan keseriusan dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Situasi kegiatan pembelajaran berlangsung efektif dan efesien sehingga mengakibatkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan pecahan.
Downloads
References
Arsyad. A. 1996. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fleming, 1987. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Gerlach dan Ely, 1971. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Hamalik, 1986. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Hamalik, Oemar. 1982. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Heinik, dkk, 1982. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Osman, Osdirwan, 2008. Buku Pintar Matematika. Jakarta. Media Pusindo
Riadin Agung dan Hestya Monika. 2021. Problematika Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 5 Menteng. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7:1(66-72).
Sadiman. S. A. 1986. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Setyawan Dedy dan Diplan. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran ELF Mcbride menggunakan Teknik Hitung Cepat terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 3:1(52-61).
Subandijah, (1992). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Susilo. Joko (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Pustaka Belajar.
Sutomo. (2004). Teknik Penilaian Pendidikan. Mojokerto : PT Bina Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License