Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Media Buah Terong Apel Pada Siswa Kelas V Sdn Tumbang Jiga Katingan

Improving the Ability to Add Fractions by Using Apple Eggplant Fruit Media for Class V Students at Tumbang Jiga Katingan Elementary School

Authors

  • Maswati Maswati SDN 1 TUMBANG JIGA KATINGAN

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3348

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran Buah Terong Apel, Bilangan Pecahan

Abstract

Fungsi media buah terong apel sebagai media untuk mempermudah atau mengaktualisasikan bentuk pecahan dalam bentuk nyata. Buah terong apel  mudah didapat dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumlahan bilangan pecahan biasa dengan menggunakan media buah terong apel. Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Skor rata-rata kelas pada tes pratindakan hanya mencapai  42,22 sedangkan pada akhir pada siklus II skor rata-rata kelas mencapai 68,89 Ada peningkatan sebesar 26,67%. Secara keseluruhan presentase peningkatan hasil penelitian dari tes pratindakan ke siklus I adalah 7,78% dan siklus I ke siklus II adalah 18,89 %. Secara keseluruhan, hasil penelitian meningkat menjadi 26,67%. Di samping itu juga ditunjukan dengan keseriusan dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Situasi kegiatan pembelajaran berlangsung efektif dan efesien sehingga mengakibatkan  adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan pecahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Maswati Maswati, SDN 1 TUMBANG JIGA KATINGAN

References

Arikunto, S (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Arsyad. A. 1996. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fleming, 1987. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Gerlach dan Ely, 1971. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Hamalik, 1986. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Hamalik, Oemar. 1982. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Heinik, dkk, 1982. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Osman, Osdirwan, 2008. Buku Pintar Matematika. Jakarta. Media Pusindo
Riadin Agung dan Hestya Monika. 2021. Problematika Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 5 Menteng. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7:1(66-72).
Sadiman. S. A. 1986. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Setyawan Dedy dan Diplan. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran ELF Mcbride menggunakan Teknik Hitung Cepat terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 3:1(52-61).
Subandijah, (1992). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Susilo. Joko (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Pustaka Belajar.
Sutomo. (2004). Teknik Penilaian Pendidikan. Mojokerto : PT Bina Ilmu.

Downloads

Published

2022-03-22

How to Cite

Maswati, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Media Buah Terong Apel Pada Siswa Kelas V Sdn Tumbang Jiga Katingan: Improving the Ability to Add Fractions by Using Apple Eggplant Fruit Media for Class V Students at Tumbang Jiga Katingan Elementary School. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 38–45. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3348