Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Baca Pada Siswa Kelas II SDN 3 Telangkah Melalui Model Pembelajaran Menyanyi
Efforts to Improve Writing and Reading Skills for Second Grade Students of SDN 3 Steps Through Singing Learning Model
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3349Keywords:
Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Baca, Model Pembelajaran MenyanyiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan aktivitas guru pada pembelajaran menulis dan baca dengan menggunakan model pembelajaran menyanyi.Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Perlakuan untuk 2 siklus disamakan hanya perbedaan pada penanaman konsep awal. Pada siklus 1 siswa diminta untuk melantunkan kata dalam bentuk syair yang tepat dan melakukan gerakan pada siklus 2 siswa melakukan permainan dalam bentuk nyanyian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi presentase peningkatan yaitu Pada siklus I, rata-rata skor menulis permulaan siswa sebesar 69 yang berarti mengalami peningkatan sebesar 22,6 dari hasil pratindakan sebesar 46,6. Kemudian pada siklus II, kemampuan menulis dan baca siswa semakin meningkat, yaitu sebesar 12,6 yang terhitung dari siklus I 69 menjadi 81,6 pada siklus II. Sedangkan dibandingkan dengan hasil skor pratindakan, pada siklus II telah terjadi peningkatan sebesar 35 terhitung dari skor hasil siklus II dikurangi skor hasil pratindakan, yaitu 81,6 dikurangi 46,4. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat sesuai KKM 70. Pada tes pratindakan 10,34% meningkat menjadi 56,62% pada siklus I, meningkat lagi pada siklus II menjadi 100%.
Downloads
References
Arief S. Sadiman. 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Azhar Arsyad. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan dasar Dan Menengah.
Degeng, I. N. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi dan Variabel.Jakarta: Depdikbud
Depdikbud. 1994. Kamus Besar Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Gordon. T & Burch, N. 1997. Menjadi Guru yang Efektif. Jakarta: Gramedia: Pustaka Utama
Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan.Bandung: Citra Aditya Bakti
Henry Guntur Tarigan. 1984. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
Nurgiyantoro,B. 1987. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEE
Putra, Anugrah Chandra, M Andi Setiawan, M Jailani dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Sastradiradja, T. dkk. 1971. Pedoman Pembuatan dan Pemakaian Alat-alat Peraga Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud
Sudjana , N. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Syamsi, K. 1999. Peningkatan Keterampilan Siswa SD dalam Menulis. Laporan Penelitian. Yogyakarta: IKIP
Tampubolon. 1991. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa
Tasiman, A. 2000. Efektivitas Program D-II Penyetaraan BJJ UT dalam Peningkatan Kemampuan Mengajar SD. Yogyakarta: Thesis PPS
Uzer, M.U. 1996. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License