Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Alat Ukur Dalam Tema Kesehatan Melalui Media Konkrit Pada Siswa Kelas III SDN Talian Kereng
Improving Learning Outcomes of Subject Matter of Measuring Instruments in Health Themes Through Concrete Media for Third Grade Students at SDN Talian Kereng
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3355Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Media KonkritAbstract
ABSTRAK
Media pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kegiatan belajar mengajar, khususnya terhadap hasil belajar siswa. Untuk itu, penggunaan madia pembelajaran harus lebih mengutamatan keaktivan siswa. Dengan demikian siswa mudah untuk memehami suatu materi pembelajaran.Pelajaran matematika masih dipandang sebagai pelajaran yang sulit, membosankan, dan menakutkan. Untuk itu, media pembelajaran yang dapat dijadikan alternativ oleh guru adalah media konkrit. Dengan media konkrit, siswa dapat dengan mudah memahami isi materi pembelajaran, karena siswa mengetahui secara langsung bentuk nyata dari isi materi yang disampaikan oleh guru.
Tujuan penelitian ini untuk membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Talian Kereng Katingan, setelah menggunakan media konkrit berupa meteran, timbangan, dan jam dinding dalam pelajaran matematika pada pokok bahasan alat ukur.Data awal yang diperoleh dalam penelitian ini menyebutkan bahwa dari 32 siswa hanya 12 anak memperoleh nilai di atas 65 atau dinyatakan tuntas dalam belajar dan 20 anak belum tuntas dalam belajar, karena nilai yang diperoleh masih di bawah 65.Siklus I data yang diperoleh menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh menyebutkan dari 32 siswa, 21 anak dinyatakan tuntas dalam belajar dan 11 anak belum tuntas dalam belajar. Dari hasil tersebut, maka dilanjutkan pada siklus II dan hasilnya menyebutkan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan, yaitu siswa tuntas 100 %.
Downloads
References
Muhsetyo, Gatot (2007). Pembelajaran Matematika SD. Hal. 2.4. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nasution (1986). Didaktik Asas- Asas Mengajar. Hal. 103. Bandung: Jemmars
Permadi Ade Salahudin dan Repitae. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan.13:2(23-28).
Rahma, Maman (1979). Manajemen Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Riadin Agung dan Hestya Monica. 2021. Problematika Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 5 Menteng. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7:1(66-72).
Setyawan Dedy dan Chandra Anugrah Putra. 2020. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2(96-100).
Tim Bina Karya Guru (2007). Terampil Berhitung Matematika. Hal. 85. Jakarta: Erlangga
Tim Penatar Bidang Pendidikan Dasar. GBPP Kurikulum 1994. Hal. 49. Kantor Wilayah Departemen Pendidikan Propinsi Jawa Timur.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License