PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF DENGAN WHATSAPP DI SMKN-2 PALANGKA RAYA
Differences In Learning Results Of PAI Lessons Using Interactive Media With Whatsapp At SMKN-2 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.3772Keywords:
Hasil Belajar PAI, Media Interaktif, Media WhatsAppAbstract
Latar belakang pada penelitian ini berawal dari hasil wawancara peneliti bahwa ditemukan permasalahan yaitu masih terdapat hasil belajar siswa yang di bawah KKM terutama pada mata pelajaran PAI. Masalah ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang bisa ikut andil dalam pembelajaran. Hal ini tentu belum mampu dalam membangkitkan motivasi siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Dengan ini peneliti ingin melihat apakah dengan menggunakan media Interaktif dan media WhatsAppdalam proses pembelajaran akan mempengaruhi nilai siswa sehingga terjadi perbedaan hasil belajar. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode komparasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI OTKP-2 sebanyak 23 siswa dan kelas XI BDP-3 sebanyak 24 siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa; (1) Nilai rata-rata kelas XI OTKP-2 sesudah dilaksanakan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan media Interaktif memperoleh ketegori “baik” dengan nilai 84,5. (2) Nilai rata-rata kelas XI BDP-3 sesudah dilaksanakan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan media WhatsAppmemperoleh ketegori “cukup” dengan nilai 80,1. (3) Hasil output dari uji t independent sampel t test adalah sebesar 0,003 yang artinya < 0,005 sehingga dalam penelitian ini H a diterima. Hal ini berarti bahwa perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas XI OTKP-2 menggunakan media interaktif dan kelas XI BDP-3 menggunakan media WhatsApp.
Downloads
References
Budiharto, Muhamad Satryo et al. “Peranan Whatsapp Group Bagi Komunikasi Manajemen Proyek Di Pt. Sarana Utama Adimandiri.” (29).
Cahyanindya, Benidictus Adhi, and Helti Lygia Mampouw. 2020. “Pengembangan Media Puppy Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran Teorema Pythagoras.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4(1): 396–405.
Darmawan, I Putu Ayub, and Edy Sujoko. 2013. “Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom.” Satya Widya 29(1): 30.
Harahap, Baginda, Aripin Rambe, Eka Hayana Hasibuan, and Roy Nuary Singarimbun. 2022. “Penerapan Komputer Dasar Terhadap Juru Kasir & Juru Buku Pada Koperasi Simpan Pinjam.” Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2(1): 75.
Khoir, Hamdi Muhammad, R. Eka Murtinugraha, and Sittati Musalamah. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian.” Jurnal Pendidikan Teknik Sipil 9(1): 54–60.
Namiroh, Siti dkk. 2018. “Peran Multimedia Dalam Pembelajaran.” Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar: 352–57.
Pantas, Hendrik, and Krista Surbakti. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick.” 4(1): 33–42.
Pareira Meke, Konstantinus D, Maria T Sero Wondo, and Dhoriva U Wutsqa. 2020. “Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Penggunaan Bahan Manipulatif Ditinjau Dari Minat Belajar Matematika.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika 13: 164–77.
Rizal, Setria Utama et al. 2016. Media Pembelajaran. ed. Setria Utama Rizal. Bekasi: CV. Nurani.
Rohmanurmeta, Fauzatul Ma’rufah. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Video Animasi Tutoial Terhadap Keterampilan.” Jurnal Pendidikan Dasar 1(1): 87–97. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/JPD.
Salehudin, Mohammad, and Heru Juabdin Sada. 2020. “Penggunaan Multimedia Berbasis Teknologi Bagi Pendidikan Profesi Guru (PPG): Analisis User Experience (UX).” 2507(1): 1–9.
Septian, Damar. 2019. “Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa.” JPFS Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains 2(1): 6–16.
Sihotang, Hotmaulina. 2020. “Peningkatan Profesionalitas Guru Di Era Revolusi Industri 4.0 Dengan Character Building Dan Higher Order Thinking Skills (Studi Kasus Sekolah Di Kabupaten Nias Selatan).” Jurnal Dinamika Pendidikan 13(1): 68–78.
Sudirman & Maru, Rosmini. 2016. Implementasi Model-Model Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License