ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PERKALIAN PADA KELAS IV SDN BERINGIN TUNGGAL JAYA
Analysis of Students Difficulty in Multiplication Material in class IV SDN Beringin Tunggal Jaya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.4081Keywords:
Kesulitan belajar pada materi perkalianAbstract
Masalah yang ditemukan pada peserta didik adalah saat pembelajaran berlangsung peserta kesulitan untuk memahami penjelasan guru, nilai matematika peserta didik yang rendah, peserta didik pasif saat pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui kesulitan belajar apa saja yang dialami peserta didik pada materi perkalian. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik pada materi perkalian kelas IV SDN Beringin Tunggal Jaya Kecamatan Parenggean. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek peneliti pada penelitian ini adalah 3 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dan analisis data dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kesulitan belajar pada materi perkalian ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni: (1) kelemahan dalam berhitung, (2) kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, (3) pemahaman bahasa yang kurang, dan (4) kesulitan dalam persepsi visual. Diharapkan dengan adanya penelitian ini hendaknya guru dapat mengajarkan dan menanamkan konsep perkalian agar peserta didik tidak keliru saat mengerjakannya. Guru juga dapat menambahkan alat peraga dan media saat pembelajaran berlangsung.
Downloads
References
Arikunto, S. 2010 . Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Audina, R., & Dwi, D.F. 2021. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 105364 Lubuk Rotan. AFoSJ-LAS (All Fields OF Science J-LAS), 1(3), 147-158.
Chomaidi., & Salamah. 2018. Pendidikan Dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT Grasindo
Danuri, D., & Ridho, R. M. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas IV SD N Bugel Panjatan Kulon Progo. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 12(2), 67-76.
Diplan & Setiawan, A. 2018. Metologi Penelitian Pendidikan. CV. Sarnu Untung.
Djumali. 2017. Paradigma Penelitian Kualitatif. PT. Mitra Pustaka
Edi, F. R. S. 2016.teori wawancara Psikodignostik. Penerbit LeutikaPrio.
Fitrah, M. 2018. Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Gunawan, I. 2013. Metode penelitian kulitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.
Hamzah, Ali, and D. M. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika Hidayat, A. A. 2021. Studi Kasus Keperawatan; Pendekatan Kualitatif. Health Books Publishing. Hidayah, I. 2018, February. Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga
Haruman. 2017. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Isrok’atun dan Amelia Rosmala. 2018. Model- Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara
Karunia Eka Lestari & M. Ridwan Yudha Negara, 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123-133.
Kesulitan Belajar Operasi Hitung Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas IV SD N Bugel Panjatan Kulon Progo. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 12(2), 67-76.
Kusumasari, D. A., Kiswoyo, M. M., & Sary, R. M. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 104-117.
Mairing, Jackson. P. 2018. Pemecahan Permasalahan Matematika. Bandung: CV Alfabeta
Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar Dan Gerakan Literasi Sekolah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 1-11).
Martini. 2014. Kesulitan Belajar Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Panamas Murni
Masriqon, M. 2018. Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan dan Oprasinya Melalui Media Kantong Ajaib. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 71-81.
matematika MI/SD. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 98-110.
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Round Club berbantuan Media Monopoly Game Smart pada Peserta Didik Kelas V-B Di SDN-1 Sabaru Palangka Raya Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 8-14. https://doi.org/10.33084/tunas.v3i1.582
Mizaniya, M. 2020. Analisis materi pokok
Moleong. Lexy. J. 2017, Metedologi Penelitian Kuatitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakara
Muim Abdul. 2020. Diagnosis Kesulitan Belajar Pada Siswa. Malang: Litrasi Nusantara
Nugrahani, F., & Hum, M. 2014. Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.
Oktavia, E., Nugraha, T. R. P., & Sihombing, V. A. L. T. 2020. Kajian literatur: Keefektifan perubahan posisi dalam pencegahan dekubitus pada pasien stroke The effectiveness of change of position to prevent decubitus in stroke patient: literature review (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan).
Pamungkas, C. A. 2017. Pengantar dan Implementasi Basis Data. Deepublish. Rahardjo, M. 2011. Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Rahmah, N. 2013. Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.
Ratnawati, Heri. 2016. Analisis Kualitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing Ramadhaniy, N., & Kartini, N. H. (2016).
Wati, R. N., & Supriyadi, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Peserta Didik Kelas III SDN-6 Selat Hilir Kuala Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 16-20. https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.557
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License