PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA KULIAH KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DI PROGRAM STUDI D-III TEKNIK LISTRIK POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN

Development Of Interactive Learning Media For Occupational Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) In Electrical Engineering D-III Study Program Politeknik Negeri Banjarmasin

Authors

  • Rif’at Rif’at Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Paliling Paliling Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Noor Saputera Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.4082

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif

Abstract

Adaptasi manusia dengan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini harus dilakukan melalui dunia pendidikan. Hal ini bertujuan agar perkembangan teknologi tersebut dapat digunakan dengan tujuan dan kaidah yang benar dan tidak disalahgunakan fungsinya. Ada beberapa alternatif pilihan media yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dalam dunia pendidikan, salah satu media tersebut yaitu media pembelajaran interaktif berbasis Power Point (PPT)  Pembuatan media ini dilakukan guna mengatasi kejenuhan mahasiswa saat belajar dan cara mengajar yang kurang variatif pada Mata Kuliah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Program Studi Teknik Listrik Politeknik Negeri Banjarmasin. Berhubungan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif  pada Mata Kuliah K3. Selanjutnya penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini, yaitu media pembelajaran interaktif pada Mata Kuliah K3.

Adapun hasil penelitian  ini menujukkan bahwa berdasarkan ahli materi, aspek isi materi, penyajian materi, aspek bahasa, dan aspek kemanfaatan memperoleh jumlah skor 48.00  dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian ahli media berdasarkan aspek tampilan media, aspek pemrograman, dan aspek kemanfaatan menperoleh jumlah skor 41.00 dengan kategori layak. Penilaian oleh mahasiswa pada uji coba kelompok kecil berdasarkan aspek tampilan media, aspek penyajian materi, aspek pemrograman, dan aspek kemanfaatan menperoleh jumlah skor 59.40 dengan kategori sangat layak. Penilaian oleh mahasiswa pada uji coba kelompok besar berdasarkan aspek tampilan media, aspek penyajian materi, aspek pemrograman, dan aspek kemanfaatan memperoleh jumlah skor 57.55 dengan kategori sangat layak.

Hasil penilaian secara keseluruhan memperlihatkan bahwa media sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif pada Mata Kuliah K3 di Program Studi Teknik Listrik Politeknik Negeri Banjarmasin. Saran kepada peneliti lainnya, agar dapat mengembangkan pada mata kuliah yang berbeda dengan menyesuaikan kebutuhan mahasiswa dan keadaan kampus agar tercipta pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rif’at Rif’at, Politeknik Negeri Banjarmasin

Paliling Paliling, Politeknik Negeri Banjarmasin

Noor Saputera, Politeknik Negeri Banjarmasin

References

Aminah, Siti. 2019. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Tema Ekosistem Kelas V SD/MI. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineke Cipta.
Arsyad, Azhar. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Jannah, Atika Izzatul & Endang Listyani. Pengembangan Bahan Ajar Pada Bahasan Himpunan Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika., 1 (3).
Kustandi, Cecep & Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/RnD). Bandung: Alfabeta.
Suparman, M. Atwi. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Rif’at, R., Paliling, P., & Saputera, N. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA KULIAH KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DI PROGRAM STUDI D-III TEKNIK LISTRIK POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN: Development Of Interactive Learning Media For Occupational Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) In Electrical Engineering D-III Study Program Politeknik Negeri Banjarmasin. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(2), 8–21. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.4082