PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA KULIAH KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DI PROGRAM STUDI D-III TEKNIK LISTRIK POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN
Development Of Interactive Learning Media For Occupational Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) In Electrical Engineering D-III Study Program Politeknik Negeri Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.4082Keywords:
Media Pembelajaran InteraktifAbstract
Adaptasi manusia dengan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini harus dilakukan melalui dunia pendidikan. Hal ini bertujuan agar perkembangan teknologi tersebut dapat digunakan dengan tujuan dan kaidah yang benar dan tidak disalahgunakan fungsinya. Ada beberapa alternatif pilihan media yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dalam dunia pendidikan, salah satu media tersebut yaitu media pembelajaran interaktif berbasis Power Point (PPT) Pembuatan media ini dilakukan guna mengatasi kejenuhan mahasiswa saat belajar dan cara mengajar yang kurang variatif pada Mata Kuliah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Program Studi Teknik Listrik Politeknik Negeri Banjarmasin. Berhubungan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif pada Mata Kuliah K3. Selanjutnya penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini, yaitu media pembelajaran interaktif pada Mata Kuliah K3.
Adapun hasil penelitian ini menujukkan bahwa berdasarkan ahli materi, aspek isi materi, penyajian materi, aspek bahasa, dan aspek kemanfaatan memperoleh jumlah skor 48.00 dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian ahli media berdasarkan aspek tampilan media, aspek pemrograman, dan aspek kemanfaatan menperoleh jumlah skor 41.00 dengan kategori layak. Penilaian oleh mahasiswa pada uji coba kelompok kecil berdasarkan aspek tampilan media, aspek penyajian materi, aspek pemrograman, dan aspek kemanfaatan menperoleh jumlah skor 59.40 dengan kategori sangat layak. Penilaian oleh mahasiswa pada uji coba kelompok besar berdasarkan aspek tampilan media, aspek penyajian materi, aspek pemrograman, dan aspek kemanfaatan memperoleh jumlah skor 57.55 dengan kategori sangat layak.
Hasil penilaian secara keseluruhan memperlihatkan bahwa media sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif pada Mata Kuliah K3 di Program Studi Teknik Listrik Politeknik Negeri Banjarmasin. Saran kepada peneliti lainnya, agar dapat mengembangkan pada mata kuliah yang berbeda dengan menyesuaikan kebutuhan mahasiswa dan keadaan kampus agar tercipta pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineke Cipta.
Arsyad, Azhar. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Jannah, Atika Izzatul & Endang Listyani. Pengembangan Bahan Ajar Pada Bahasan Himpunan Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika., 1 (3).
Kustandi, Cecep & Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/RnD). Bandung: Alfabeta.
Suparman, M. Atwi. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License