PENGARUH KEEFEKTIFAN PENGENDALIAN INTERNAL DAN KETAATAN ATURAN AKUNTANSI TERHADAP KECURANGAN AKUNTANSI (STUDI PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DI KOTA PALANGKA RAYA)

Influence Of The Effectiveness Of Internal Control And Compliance With Accounting Rules On Accounting Fraud (Study On Regional Device Organizations In Palangka Raya

Authors

  • Karnadi Handoko Swatan STIE YBPK Palangka Raya
  • Vivi Pancasari Kusumawardani STIE YBPK Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.4083

Keywords:

Pengendalian Internal, Kepatuhan terhadap Aturan Akuntansi, Penipuan Akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keefktifan pengendalian internal dan  ketaatan aturan akuntansi terhadap kecurangan akuntansi pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Palangka Raya.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah 87 pegawai pada 19 OPD di Kota Palangka Raya yang masih aktif bekerja. Kuesioner diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah Uji regresi berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi menggunakan aplikasi uji SPSS Versi 28. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara Keefektifan Pengendalian Internal dan ketaatan aturan akuntansi terhadap Kecurangan akuntansi pada OPD di Kota Palangka Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Karnadi Handoko Swatan, STIE YBPK Palangka Raya

Vivi Pancasari Kusumawardani, STIE YBPK Palangka Raya

References

Aranta, Petra Zulia. (2013) "Pengaruh moralitas aparat dan asimetri informasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi (studi empiris pemerintah kota sawahlunto)." Jurnal Akuntansi 1.1
Ardiana Peni Rahmawati. (2012). Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Moralitas Manajemen terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Semarang). Skripsi, Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang.
COSO. (2013). Internal Control-Integrated Framework, Executive Summery. The American Institute of Certified Public Accountant (AICPA).
Fauziyah, Nur Afifah. (2019) Pengaruh Keefektifan Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi, Kepuasan Kerja, Kecerdasan Spiritual dan Otoritas Atasan untuk Melakukan Fraud Terhadap Kecurangan Akuntansi (Studi Empiris OPD Kota Bandar Lampung). Skripsi, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 20 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universutas Diponogoro.
Indonesia, I. A. (2013). Pernyataan Standar Keuangan 01: Penyajian Laporan keuangan (Revisi 2013). Jakarta: IAI.
Irwansyah. (2018) Pengaruh kecerdasan spiritual dan otortas atasan untuk melakukan fraud terhadap kecurangan pelaporan keuangan oleh akuntan. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Komite Standar Akuntansi Pemerintahan. 2010. “PP RI No.71 Tahun (2010). Tentang Standart Akuntansi Pemerintahan. dari KSAP. http://www.ksap.org/sap/standar-akuntansi-pemerintahan diakses 19 April 2022 14.30
Mark F. Zimbelman et al. (2014). Akuntansi Forensik.(Alih Bahasa: Novita Puspitasari, Suhernita, Ratna Saraswati). Jakarta: Salemba Empat.
Mulyadi. (2014). Sistem Akuntansi. Yogyakarta: Salemba Empat.
Nisrinanisa, Ardika. (2019) Pengaruh Pengendalian Internal, Asimetri Informasi, Ketaatan Aturan Akuntansi, Kesesuaian Kompensasi Dan Moralitas Manajemen Terhadap Kecurangan Akuntansi (Studi Empiris pada BUMD Kabupaten Temanggung). Diss. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Peraturan Daerah Kota Palangka Raya Nomor 06 Tahun (2019). Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Palangka Raya.
Putu, Purnama Sari Ni Luh, et al. (2015) "Pengaruh Efektivitas Sistem Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi, Persepsi Kesesuaian Kompensasi dan Implementasi Good Governance Terhadap Kecenderungan Fraud (Studi Empiris Pada SKPD di Kabupaten Tabanan)." JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha 3.1.
Rahmaidha, Rizky, and Sukirno Sukirno. (2017) "Pengaruh keefektifan pengendalian internal, ketaatan aturan akuntansi, dan kepuasan kerja terhadap kecurangan akuntansi." Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi 5.4.
Rahmawati, A. P., & Soetikno, I. (2012). Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Moralitas Manajemen Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Studi Pada Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang (Doctoral dissertation, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Sekaran, Uma. (2011). Research Methods For Business (Metode Penelitian Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.
Shintadevi, P. F. (2015). Pengaruh keefektifan pengendalian internal, ketaatan aturan akuntansi dan kesesuaian kompensasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi dengan perilaku tidak etis sebagai variabel intervening. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 4(2), 111-126.
Siti Thoyibatun. (2015). “Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Perilaku Tidak Etis dan Kecenderungan Kecurangan Akuntansi”. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol.26 No.2
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utomo, Fajar Tri. (2018) Analisis faktor faktor yang mempengaruhi kecenderungan akuntansi dengan perilaku tidak etis. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Vani Adelin. (2013). Pengaruh Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi, dan Perilaku Tidak Etis terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi Empiris pada BUMN di Kota Padang). Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Handoko Swatan, K., & Pancasari Kusumawardani, V. (2022). PENGARUH KEEFEKTIFAN PENGENDALIAN INTERNAL DAN KETAATAN ATURAN AKUNTANSI TERHADAP KECURANGAN AKUNTANSI (STUDI PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DI KOTA PALANGKA RAYA): Influence Of The Effectiveness Of Internal Control And Compliance With Accounting Rules On Accounting Fraud (Study On Regional Device Organizations In Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(2), 22–36. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.4083