KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI JUAL BELI ONLINE SHOOP DI FAZIA STORE BANJARMASIN

Language Politeness In Buying And Selling Online Interactions At Fazia Store Banjarmasin

Authors

  • Rully Rezki Saputra Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rahmah Rahmah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • M. Helmy Noor Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.4085

Keywords:

Kesantunan, Berbahasa, Interaksi, Jual-Beli

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang utama bagi manusia. Bahasa memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia karena manusia karena manusia selalu berinteraksi dengan sesamanya. Selebihnya, dalam berbahasa perlu mempertimbangkan perasaan orang lain agar komunikasi menjadi lancar. Penggunaan kesantunan berbahasa memungkinkan transaksi sosial berlangsung tanpa mempermalukan penutur dan mitra tutur. Namun di zaman yang modern ini kesantunan tidak lagi diperhatikan secara penuh. Kadang-kadang terlihat dalam komunikasi jual-beli daring atau online shoop yang tetap menggunakan bahasa secara santun tetapi memiliki makna yang berbeda yang dirasakan oleh mitra tutur. Hal ini akan berpengaruh pada situasi atau konteks komunikasi antara penjual dengan pembeli. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan prinsip kesantunan berbahasa dan tindak tutur dalam interaksi jual beli online shoop di Fazia Store Banjarmasin.

Selanjutnya penelitian ini digolongkan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan data berupa kata-kata yang memfokuskan pada penunjukan makna, mendeskripsikan suatu fenomena yang dikaji oleh peneliti. Adapun, hasil penelitian  ini menunjukkan jumlah tuturan yang ditemukan sebanyak 9 tuturan yang menggunakan prinsip kesantunan. Prinsip kesantunan yang dimaksud meliputi maksim kebijaksanaan sebanyak 2 tuturan, maksim kedermawanan sebanyak 1 tuturan, maksim penghargaan sebanyak 2 tuturan, maksim kesederhanaan sebanyak 1 tuturan, maksim permufakatan sebanyak 2 tuturan, dan maksim kesimpatiansebanyak 1 tuturan.

Hal ini menunjukkan penutur dan lawan tutur di dalam interaksi lebih banyak memaksimalkan maksim kebijaksanaan, penghargaan, dan pemufakatan dalam berinteraksi. Selebihnya, jenis tindak tutur yang ditemukan sebanyak 7 tuturan. Jenis tindak tutur yang dimaksud  meliputi lokusi sebanyak 1 tuturan, ilokusi sebanyak 4 tuturan, dan perlokusi sebanyak 2 tuturan. Jenis tindak tutur yang paling banyak ditemukan adalah tindak tutur ilokusi. Hal ini sesuai dengan isi tuturan pembeli atau penjual saat berinteraksi online dengan orang-orang yang cenderung menginformasikan sesuatu ke penjual maupun pembeli serta adanya kalimat performatif untuk menyuruh, mengajak, menawarkan, menyarankan, dan menjanjikan sesuatu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rully Rezki Saputra, Politeknik Negeri Banjarmasin

Rahmah Rahmah, Politeknik Negeri Banjarmasin

M. Helmy Noor, Politeknik Negeri Banjarmasin

References

Agustini, Rina. 2017. Bentuk Kesantunan Berbahasa Indonesia. Literasi, 1 (1): 1-9.
Cummings, Louise. 2007. Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djajasudarma, F. 2010. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Refika Aditama
Rusminto, Nurlaksana Eko. 2015. Analisis Wacana: Kajian Teoritis dan Praktis. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Saputra, Tri Sakti. 2020. Analisis Penerapan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Labakkang. Skripsi. Makassar: Program Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar.
Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset.
Yule, G. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zulaini, Muhammad. 2021. Analisis Pendampingan Guru pada Kesantunan Berbahasa Peserta Didik Melalui Program Kepanduan Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Program Khusus Andong. Tesis. Surakarta: Program Magister Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Rezki Saputra, R., Rahmah, R., & Helmy Noor, M. (2022). KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI JUAL BELI ONLINE SHOOP DI FAZIA STORE BANJARMASIN: Language Politeness In Buying And Selling Online Interactions At Fazia Store Banjarmasin. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(2), 43–63. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.4085