MEREDUKSI OFF TASK BEHAVIOR DENGAN SOSIODRAMA REDUCE OFF TASK BEHAVIOR WITH SOCIODRAMA

Main Article Content

Istiqamah Hafid
Isnaeni Marhani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena permasalahan yang ada di sekolah. Masih ada siswa yang belum mampu mengikuti aturan yang ada di kelas dan menunjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan yang dikehendaki (off task behavior) seperti berjalan di dalam kelas saat ada guru, berbicara dengan temannya, melamun, tidur dan lain sebagainya selama pelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini untuk menurunkan off task behavior dengan menggunakan metode sosiodrama. Penelitian ini menggunakan rancangan one-group pre-test-post-test design. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 siswa di SMP RA Jakarta yang memiliki skor tertinggi pada hasil pre-test. Instrumen yang digunakan adalah skala off task behavior yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan indikator dari off task behavior dan observasi. Analisis data menggunakan statistik uji t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode sosiodrama yang digunakan efektif untuk mereduksi off task behavior.

Downloads

Article Details

How to Cite
Hafid, I., & Marhani, I. (2022). MEREDUKSI OFF TASK BEHAVIOR DENGAN SOSIODRAMA: REDUCE OFF TASK BEHAVIOR WITH SOCIODRAMA. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(2), 64–72. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.4086
Section
Articles
Author Biographies

Istiqamah Hafid, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Isnaeni Marhani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Eliza R. & Neviyarni. 2020. Perilaku Siswa yang Tidak Dikehendaki (Off Task Behavior) dan Penanganan Konselor. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam.Vol 1 No 2. 76-89.
Febrianti Yeni, F. & Suhaili N. 2021. Analisis Perilaku Off-Task Siswa. JPGI: Jurnal Penelitian Guru Indonesia. Vol 6 No 1 ISSN: 2541-3317 (Electronic).
Gunarsa, S. D. 2009. Dari Anak Sampai Lanjut Usia: Bunga Rampai Psikologi Perkembangan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Halima, Abu bakar, Nurbaity. 2020. Analisis Faktor Penyebab Perilaku Off Task Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol 5 No 1. 48-54.
Kurnanto. 2014. Konseling Kelompok. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Maulana M. A. 2019. Perilaku Off Task dalam Pembelajaran. Jurnal Advice. Vol 1(1). 27-35. ISSN (Online): 2685-9122
Mutiara A. 2019. Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kedisiplinan SIswa SMK Perkebunan MM 52 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol 5 No 5.
Nugraha A.B. & Ajie R. 2019. Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Kontrol Diri. Indonesian Journal Of Educational Research and Review. Vol 2 No 3. E-ISSN: 2621-898
Nuraeni, Gunawan I, M, S,. & Sarilah. 2022. Pengaruh Strategi Self Control terhadap Perilaku Off Task pada Siswa SMP. Jurnal Realita BImbingan dan Konseling (JRbk). Vol 7 No 1. E-ISSN: 2722-7340.
Octavia S. A. 2020. Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Pratisti Wiwien D. & Yuwono S. 2018. Psikologi Eksperimen Konsep, Teori, dan Aplikasi. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Relianto A, Bustmai Y, & Syafruddin D. 2019. Efektivitas Metode Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Minar Belajar Siswa Biologi. Indonesian Journal of Biology Education. 2(1): 1-6. ISSN 2621-7260.
Setiawan A. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Shapiro, E. S., & Christine L. C. (1994). Behavior change in the classroom: self- management interventions. New York: The Guilford Press.
Suardi M. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Sulistyaningsih N. R. D. & Setiowati A. 2019. Efektivitas Teknik Sosiodrama dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol 3 No 2. e-ISSN: 2580-6467.
Winkel, S. J., W. S & Hastuti, S. (2013). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan (Cetakan ke-9). Yogyakarta: Media Abadi.