MEREDUKSI OFF TASK BEHAVIOR DENGAN SOSIODRAMA
REDUCE OFF TASK BEHAVIOR WITH SOCIODRAMA
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.4086Keywords:
Perilaku Siswa, Off Task Behavior, SosiodramaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena permasalahan yang ada di sekolah. Masih ada siswa yang belum mampu mengikuti aturan yang ada di kelas dan menunjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan yang dikehendaki (off task behavior) seperti berjalan di dalam kelas saat ada guru, berbicara dengan temannya, melamun, tidur dan lain sebagainya selama pelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini untuk menurunkan off task behavior dengan menggunakan metode sosiodrama. Penelitian ini menggunakan rancangan one-group pre-test-post-test design. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 siswa di SMP RA Jakarta yang memiliki skor tertinggi pada hasil pre-test. Instrumen yang digunakan adalah skala off task behavior yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan indikator dari off task behavior dan observasi. Analisis data menggunakan statistik uji t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode sosiodrama yang digunakan efektif untuk mereduksi off task behavior.
Downloads
References
Febrianti Yeni, F. & Suhaili N. 2021. Analisis Perilaku Off-Task Siswa. JPGI: Jurnal Penelitian Guru Indonesia. Vol 6 No 1 ISSN: 2541-3317 (Electronic).
Gunarsa, S. D. 2009. Dari Anak Sampai Lanjut Usia: Bunga Rampai Psikologi Perkembangan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Halima, Abu bakar, Nurbaity. 2020. Analisis Faktor Penyebab Perilaku Off Task Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol 5 No 1. 48-54.
Kurnanto. 2014. Konseling Kelompok. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Maulana M. A. 2019. Perilaku Off Task dalam Pembelajaran. Jurnal Advice. Vol 1(1). 27-35. ISSN (Online): 2685-9122
Mutiara A. 2019. Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kedisiplinan SIswa SMK Perkebunan MM 52 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol 5 No 5.
Nugraha A.B. & Ajie R. 2019. Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Kontrol Diri. Indonesian Journal Of Educational Research and Review. Vol 2 No 3. E-ISSN: 2621-898
Nuraeni, Gunawan I, M, S,. & Sarilah. 2022. Pengaruh Strategi Self Control terhadap Perilaku Off Task pada Siswa SMP. Jurnal Realita BImbingan dan Konseling (JRbk). Vol 7 No 1. E-ISSN: 2722-7340.
Octavia S. A. 2020. Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Pratisti Wiwien D. & Yuwono S. 2018. Psikologi Eksperimen Konsep, Teori, dan Aplikasi. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Relianto A, Bustmai Y, & Syafruddin D. 2019. Efektivitas Metode Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Minar Belajar Siswa Biologi. Indonesian Journal of Biology Education. 2(1): 1-6. ISSN 2621-7260.
Setiawan A. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Shapiro, E. S., & Christine L. C. (1994). Behavior change in the classroom: self- management interventions. New York: The Guilford Press.
Suardi M. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Sulistyaningsih N. R. D. & Setiowati A. 2019. Efektivitas Teknik Sosiodrama dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol 3 No 2. e-ISSN: 2580-6467.
Winkel, S. J., W. S & Hastuti, S. (2013). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan (Cetakan ke-9). Yogyakarta: Media Abadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License