ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS
Analysis of the Implementation of Blended learning-Based Learning in Social
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.4089Keywords:
Pelaksanaan pembelajaran berbasis blended learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis blended learning pada mata pelajaran IPS dikelas VIII di SMP Mhammadiyah Palangka Raya. Penelitian ini terdiri tas dua subfokus yaitu pelaksanaan pembelajaran berbasis blended learning dan penerapan blended learning tersebut pada mata pelajaran IPS.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang terdiri dari 1 orang guru mata pelajaran IPS, dan 10 peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi seperti ini sudah diterapkan oleh sekolah dan dinilai efektif oleh guru dan juga peserta didik. (2) peserta didik lebih tertarik dengan pembelajaran blended learning dibandingkan dengan pembelajaran E-learning. (3) banyak manfaat yang didapatkan peserta didik pada saat pelaksanaan pembelajaran blended learning.
Downloads
References
Cheppy HC. (2020). Strategi Ilmu Pengetahuan Sosial. Surabaya: Karya Anda.
Daryanto & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Fajriyah, I & Itaqullah, V.B.P. (2021). Analisis Pembelajaran IPS Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Jurnal Artefak, 8(2), 125-126.
Febriani, M & Nisa, A. N. S. (2021). Analisis Aktivitas Pembelajaran IPS Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Peserta Didik SMP Di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Jurnal Harmony, 6(1), 74-78.
Habe, H. & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis. 2(1): 39-54.
Hendarita. (2021). Model Pembelajaran STEMBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics Berbasis Blended learning): Bintang Pustaka. N.p.: Bintang Pustaka Madani.
Hengky. (2020). Analisis Fiqh Siyasah Terhadap Konsep Pemerintahan Islam Menurut Pemikiran Hasan Al-Banna. Skripsi. Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung: Lampung.
Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended learning). Malang: Prestasi Pustaka.
Isiningsih, S. & Hasbullah. (2015). Blended learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen. 1(1):49-56.
Koentjaraningrat. (1993). Metode-Metode Penelitian Masyarakat Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia.
Mesterjon. (2021). Teori Dan Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran 4.0. Yogyakarta: Deepublish.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-36. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Muhadjir, Noeng. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif Pendekatan Positivistik, Rasionalistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik Telaah Studi Teks dan Penelitian Agama. Yogyakarta: Rake Sarasin
Munir . (2017). Utilization of Learning Media in Improving Learning Outcomes and Motivation. N.p.: Penerbit NEM.
Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Nasution, T. & Lubis, M. A. (2019). Konsep Dasar IPS. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Nursalam. Nawir, M. & Dkk. (2020). Model Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. N.p.: CV Aa rizky.
Onta, M. R.( 2018). Efektivitas Penerapan Model Blended learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj-A Smk Asisi Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.
Putra,N.P, Sudarmani, Rifai. M. (2021). Analisis Kendala Guru Dalam Pembelajaran Darimg Mata Pelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid-19 : Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Kota Mediun.
Putri, H, maula, L. H, & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Rijali,A. (2018). Analisis Data kualitatif. Jurnal Alhadarah, 17(33), 91-94.
Rusni, A & Lubis, E.E. (2017). Penggunaan Media Online Whatsapp dalam Aktivitas komunitas One Day One Juz (ODOJ) Dalam Menigkatkam Minat Tilawah Odoj er Di Kota Pekan Baru. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 2(1), 8-9.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Suardi, Moh. (2018). Belajar & Pembelajaran. N.p.: Deepublish.
Suci, I.G.S, Indrawan,I & DKK. (2020). Transformasi Digital Dan Gaya Belajar. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Indonesia: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Trianto. (2021). Strategi Pembelajaran. N.p.: Yayasan Kita Menulis.
Wardana & Djamaludin, A. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License