ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS

Analysis of the Implementation of Blended learning-Based Learning in Social

Authors

  • Muhammad Jailani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Siti Fauziah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.4089

Keywords:

Pelaksanaan pembelajaran berbasis blended learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis blended learning pada mata pelajaran IPS dikelas VIII di SMP Mhammadiyah Palangka Raya. Penelitian ini terdiri tas dua subfokus yaitu  pelaksanaan pembelajaran berbasis blended learning dan penerapan blended learning  tersebut pada mata pelajaran IPS.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang terdiri dari 1 orang guru mata pelajaran IPS, dan 10 peserta didik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi seperti ini sudah diterapkan oleh sekolah dan dinilai efektif oleh guru dan juga peserta didik. (2) peserta didik lebih tertarik dengan pembelajaran blended learning  dibandingkan dengan pembelajaran E-learning. (3) banyak manfaat yang didapatkan peserta didik pada saat pelaksanaan pembelajaran blended learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Jailani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Siti Fauziah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Astawa , I. B. M. (2021). Belajar dan Pembelajaran - Rajawali Pers. N.p.: PT. Raja Grafindo Persada. Depok.
Cheppy HC. (2020). Strategi Ilmu Pengetahuan Sosial. Surabaya: Karya Anda.
Daryanto & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Fajriyah, I & Itaqullah, V.B.P. (2021). Analisis Pembelajaran IPS Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Jurnal Artefak, 8(2), 125-126.
Febriani, M & Nisa, A. N. S. (2021). Analisis Aktivitas Pembelajaran IPS Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Peserta Didik SMP Di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Jurnal Harmony, 6(1), 74-78.
Habe, H. & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis. 2(1): 39-54.
Hendarita. (2021). Model Pembelajaran STEMBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics Berbasis Blended learning): Bintang Pustaka. N.p.: Bintang Pustaka Madani.
Hengky. (2020). Analisis Fiqh Siyasah Terhadap Konsep Pemerintahan Islam Menurut Pemikiran Hasan Al-Banna. Skripsi. Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung: Lampung.
Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended learning). Malang: Prestasi Pustaka.
Isiningsih, S. & Hasbullah. (2015). Blended learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen. 1(1):49-56.
Koentjaraningrat. (1993). Metode-Metode Penelitian Masyarakat Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia.
Mesterjon. (2021). Teori Dan Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran 4.0. Yogyakarta: Deepublish.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-36. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Muhadjir, Noeng. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif Pendekatan Positivistik, Rasionalistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik Telaah Studi Teks dan Penelitian Agama. Yogyakarta: Rake Sarasin
Munir . (2017). Utilization of Learning Media in Improving Learning Outcomes and Motivation. N.p.: Penerbit NEM.
Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Nasution, T. & Lubis, M. A. (2019). Konsep Dasar IPS. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Nursalam. Nawir, M. & Dkk. (2020). Model Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. N.p.: CV Aa rizky.
Onta, M. R.( 2018). Efektivitas Penerapan Model Blended learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj-A Smk Asisi Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.
Putra,N.P, Sudarmani, Rifai. M. (2021). Analisis Kendala Guru Dalam Pembelajaran Darimg Mata Pelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid-19 : Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Kota Mediun.
Putri, H, maula, L. H, & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Rijali,A. (2018). Analisis Data kualitatif. Jurnal Alhadarah, 17(33), 91-94.
Rusni, A & Lubis, E.E. (2017). Penggunaan Media Online Whatsapp dalam Aktivitas komunitas One Day One Juz (ODOJ) Dalam Menigkatkam Minat Tilawah Odoj er Di Kota Pekan Baru. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 2(1), 8-9.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Suardi, Moh. (2018). Belajar & Pembelajaran. N.p.: Deepublish.
Suci, I.G.S, Indrawan,I & DKK. (2020). Transformasi Digital Dan Gaya Belajar. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Indonesia: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Trianto. (2021). Strategi Pembelajaran. N.p.: Yayasan Kita Menulis.
Wardana & Djamaludin, A. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Jailani, M., & Fauziah, S. (2022). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS: Analysis of the Implementation of Blended learning-Based Learning in Social. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(2), 100–106. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.4089