Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question
Improving Science Learning Outcomes Using Learning Strategies Learning Start With A Question
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i1.414Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran, Start With A QuestionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan strategi Learning Start With A Question, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas Iva SDS Muhammadiyah Selat Kuala Kapuas setelah menggunakan strategi Learning Start With A Question. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang berusaha memecahkan permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 27 orang peserta didik, 16 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik analisis data didasarkan pada hasil siklus dari tiap proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Aktivitas peserta didik menggunakan strategi Learning Start With A Question lebih baik dan mengalami peningkatan disetiap siklus. Pada siklus I peserta didik memperoleh nilai dengan rata – rata 3,08 dengan kategori baik, dan siklus II peserta didik memperoleh nilai dengan rata – rata 3,75 dengan kategori baik (2) ada peningkatan hasil belajar IPA melalui penggunaan strategi Learning Start With A Question yang menunjukan dari hasil belajar pada pra tindakan diperoleh rata – rata 37,59 , pada siklus I diperoleh rata – rata 58,33 dan pada siklus II diperoleh rata – rata 81,11 dengan ketuntasan klasikal yaitu 100 %.
Downloads
References
Ayu Lestari. Fitriani, (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V MIN Selat Hulu Kuala Kapuas.
Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No.23, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisai Sekjend Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Jalil, Jasman (2014), Panduan Mudah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Jakarta Prestasi Pusat Karya (Group Relasi Inti Media)
Mira.(2015), Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Peserta Didik Kelas V SDS Muhammadiyah Plus Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015.
Mularsih, Heni. (2010), Strategi Pembelajaran, Tipe Kepribadian dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.
Ratna Sari. Selvi, (2013) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Demonstrasi Mata Pelajaran IPA Pada SDN-9 Menteng Palangkaraya Tahun
Pelajaran 2012/2013.
Risnawati. Elza Firanda dan Ani Widayanti, (2012). Model Aktif Learning dengan Teknik Learning Start Whit A Question dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran Akuntansi kelas IX Ilmu Sosial 1 SMA Negri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012.
Selberman, Melvin L. (2005), Active Learning (101 Strategi Pembelajaran Aktif), Yogyakarta Yappendis.
Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Manajemen, Bandung : Alfabeta, CV
Susanto, M.Pd. Dr. Ahmad, (2012) Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta Prenadamedia Group.
Tim, (2013), Buku Pedoman Penulisan Skripsi, Palangka Raya : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Widyaningsih, Fitria (2013). Peningkatan Kualitaspembelajaran PKn Melalui Model Start Learning By Exchange Greetings And Questions (LEGQ) Berbasis Media Flash card pada Siswa Kelas V SDN Gunungpati 02 Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License