Peningkatan Kemampuan Menulis Pengalaman Dengan Menggunakan Bahasa yang Berkesan dengan Menggunakan Model Scaffolded Writing
Improving the ability to write experiences using memorable language using the Scaffolded Writing Model
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i1.416Keywords:
Menulis, Model, Scaffolded WritingAbstract
Upaya untuk memotivasi belajar peserta didik diarahkan kepada proses belajar mengajar, dalam hal ini penggunaan model pembelajaran yang baik dan benar dalam rangka pencapaian tujuan yang optimal disesuaikan dengan kegiatan belajar mengajar yang berlangsung. Karena adanya penataan dan perencanaan yang baik dan optimal terutama dalam penggunaan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dalam proses pembelajaran maka dapat menghasilkan peserta didik yang mempunyai potensi serta memiliki kemampuan intelektual sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia, banyak hal yang menuntut peserta didik untuk dapat menulis dengan benar dengan kosa kata yang baik,tepat dan benar. Di sisi lain guru berusaha menjelaskan dan memberikan kesan yang bermakna kepada peserta didik untuk memahami materi yang dipelajarinya. Belajar akan lebih bermakna jika peserta didik mengalami sendiri apa yang dipelajarinya.
Downloads
References
Abidin, Yunus. 2014.Pembelaajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter.Bandung : Refika aditama.
Ady, S., dkk, 2009, Evaluasi pembelajaran di SD Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono, (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukadji Soetarlinah, (2000). Menyusun dan Mengevaluasi Laporan Penelitian. Jakarta: Penerbit Rajawali.
Sulaeiman, A. H, (2001). Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta: PT. Gramedia.
Suryabrata Sumadi, (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suyono & Hariyanto, (2004). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Syah Muhibbin, (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syaodih Sukmadinata Nana, (2004), Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tulus Tu’u, (2004). Peranan Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Wahyu Riyandono, 2013, Penerapan Strategi Think Tlak Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan siswa kelas VB SDN Wonosari 02 Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License