Peningkatan Kemampuan Menulis Pengalaman Dengan Menggunakan Bahasa yang Berkesan dengan Menggunakan Model Scaffolded Writing

Improving the ability to write experiences using memorable language using the Scaffolded Writing Model

Authors

  • Ningrum Sudianto Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i1.416

Keywords:

Menulis, Model, Scaffolded Writing

Abstract

Upaya untuk memotivasi belajar peserta didik diarahkan kepada proses belajar mengajar, dalam hal ini penggunaan model pembelajaran yang baik dan benar dalam rangka pencapaian tujuan yang optimal disesuaikan dengan kegiatan belajar mengajar yang berlangsung. Karena adanya penataan dan perencanaan yang baik dan optimal terutama dalam penggunaan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dalam proses pembelajaran maka dapat menghasilkan peserta didik yang mempunyai potensi serta memiliki kemampuan intelektual sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia, banyak hal yang menuntut peserta didik untuk dapat menulis dengan benar dengan kosa kata yang baik,tepat dan benar. Di sisi lain guru berusaha menjelaskan dan memberikan kesan yang bermakna kepada peserta didik untuk memahami materi yang dipelajarinya. Belajar akan lebih bermakna jika peserta didik mengalami sendiri apa yang dipelajarinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ningrum Sudianto, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Lecturer of Elementary Teacher Education

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abdul Majid, 2013, Strategi Pembelajaran. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.
Abidin, Yunus. 2014.Pembelaajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter.Bandung : Refika aditama.
Ady, S., dkk, 2009, Evaluasi pembelajaran di SD Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono, (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukadji Soetarlinah, (2000). Menyusun dan Mengevaluasi Laporan Penelitian. Jakarta: Penerbit Rajawali.
Sulaeiman, A. H, (2001). Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta: PT. Gramedia.
Suryabrata Sumadi, (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suyono & Hariyanto, (2004). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Syah Muhibbin, (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syaodih Sukmadinata Nana, (2004), Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tulus Tu’u, (2004). Peranan Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Wahyu Riyandono, 2013, Penerapan Strategi Think Tlak Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan siswa kelas VB SDN Wonosari 02 Semarang.

Downloads

Published

2017-03-01

How to Cite

Sudianto, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Pengalaman Dengan Menggunakan Bahasa yang Berkesan dengan Menggunakan Model Scaffolded Writing: Improving the ability to write experiences using memorable language using the Scaffolded Writing Model. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(1), 43–50. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i1.416