Penanaman Sikap Wirausaha Siswa Program Tata Boga di SMK Negeri 3 Palangka Raya
Planting the Attitudes of Entrepreneurial Students in the Catering Program at State Vocational School 3 of Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v11i2.419Keywords:
Penanaman Sikap, Wirausaha, Tata BogaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang Penanaman Sikap Wirausaha Siswa Program Tata Boga Di Sekolah Menengah Kejuruan negeri 3 Palangka Raya, yang dijabarkan menjadi 4 (empat) sub fokus sebagai berikut: (1) untuk mengetahui penanaman sikap wirausaha siswa, (2) untuk mengetahui kondisi wirausaha siswa, (3) untuk mengetahui cara guru dalam menanamkan sikap wirausaha, dan (4) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor kendala yang dihadapi dalam penanaman sikap wirausaha siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman sikap wirausaha Siswa Program Tata Boga Di SMK Negeri 3 Palangka Raya: (1) deskripsi penanaman sikap wirausaha sudah dilakukan sejak berdirinya sekolah SMKN 3 dengan terus mengacu pada visi dan misi, tujuan, serta motto SMKN 3 sikap wira usaha itu selalu ditanamkan. (2) deskripsi kondisi wirausaha siswa sangat bagus karena terbukti di program ini sudah ada 3 wirausaha yang berjalan dengan baik (a) wirausaha Kantin Sehat, (b) Kafetaria kantin, dan (c) Penyewaan alat Perlengkapan Tata Boga. (3) deskripsi cara guru dalam menanamkan sikap wirausaha siswa dengan menerapkan metode pembelajaran, melakukan praktek, mengoptimalkan pemanfaatan sarana prasarana, mengikutsertakan siswa dalam wirausaha, memotivasi siswa. (4) deskripsi factor pendukung dan factor kendala yang dihadapi dalam
penanaman sikap wirausaha siswa: (a) factor pendukung yaitu dari guru-guru, orang tua siswa, sarana prasarana, motivasi dan dukungan. (b). factor kendala yaitu siswa kurang berminat, factor biaya, dan latar belakang siswa.
Downloads
References
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Donni Junni Priansa. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta
Hamalik. 2011. Motivasi. Jakarta: Permata Puri Media
Galbraiht. 1967. The New Industrial State Asigned Book. New York: Library Inc.
Kepmendikbud No 0490/U/1992. Tentang Sekolah Menengah Kejuruan.
Nugroho, Riant. 2009. Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah formal. Jakarta: Bumi Aksara.
Margono, S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Moleong, J. Lexy, 2010. Metodologi Peneitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purnomo. 2005. Berani Berwirausaha. Jakarta: Gunung Jati.
Tilaar, H.A.R. 2012. Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship dalam Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.
Satori, Djam’an. 2000. Pengawas Sekolah dan Pengelolaan Sekolah: Bandung Diklat Calon Pengawas Sekolah.
Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2008. Metodologi Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suharto Wirakusumo, 1997. Peranan Perguruan Tinggi Dalam Menciptakan Wirausaha-wirausaha Tangguh. Makalah Seminar Jatinangor BIBI-IKOPIN.
Sukarman. 1988. “Sumbangan Media Massa Khususnya Surat Kabar terhadap Pelajaran Ekonomi pada SMAdi Propinsi DIY”. Disertasi. Malang: Perpustakaan UM.
Soemanto, Wasty. 1984. Pendidikan Wirausaha (Sekuncup Ide Profesional). Bina Aksara, Malang.
Undang-Undang RI No 20 Pasal 3 Tahun 2003, Tentang Sistim Pendidikan Nasional (Undang-Undang Sisdiknas)
Undang-Undang RI No 20 Pasal 7 Tahun 2003. Tentang Sistim Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Restindo Mediatma
Yin, Robert, K. 2009. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media
Zimmerer W, Thomas. Et. Al. 1996. Entrepreneurship and The New Venture Formation, New Jersey: Prentice Hall Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License