Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa menemukan Ide Pokok dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievment Division) pada Siswa Kelas VI Min Pahandut Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016
Efforts to Improve Students' Ability to Find Basic Ideas by Applying the Stad Team Cooperative Learning Model to Class VI Students of Pahandut Palangka Raya 2015/2016 Academic Year
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v11i2.421Keywords:
Ide Pokok, Model Pembelajaran Kooperatif, STAD (Student Team Achievment Division)Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI-c MIN Pahandut Palangka Raya Jl Ramin II Palangka Raya Kelurahan Panarung kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah semester II tahun pelajaran 2015-2016. Penelitian ini dlaksanakan pada bulan April- Mei tahun pelajaran 2015-2016 . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar MIN Pahandut Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah dalam menemukan Ide Pokok Hasil penelitian selama 2 (dua) siklus memperlihatkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menetukan makna tersirat suatu teks khususnya menemukan pokok pikiran. Rerata nilai individu meningkat dari 51,61 pada pre tes menjadi 69,03 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 85,16 pada siklus 2. Hasil penelitian juga memperlihatkan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM. (mencapai nilai 70 ) dari 3 (tiga) siswa pada saat pra penelitian, menjadi 15 (lima belas ) siswa pada siklus 1 dan menjadi 25 (dua puluh lima) siswa pada siklus 2. Secara persentase, pada pra penelitian hanya terdapat 10 %,, kemudia pada siklus 1 meningkat menjadi 48,4 % dan siklus 2 meningkat menjadi 80,6 %. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa ternyata tidak seluruh siswa cocok dengan STAD. Hal ini tampak dari masih terdapat siswa yang tidak mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 atau di bawah KKM.
Downloads
References
Kurniawan, Arief, dkk. Mengekplorasi Jenis-Jenis Teks Bahasa Inggris.Bandung:Multi Kreasi Satu delapan.
Kurniawati, Cici dkk.2010. Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia Untuk Smp/MTs kelas VIII.Surabaya: JP Books.
Sardiman A.M.2005. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto N. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana N. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supratma. 2001. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Geografi Melalui Pembelajaran Kooperatif. Buletin Pelangi Pendidikan, 2001, Volume 4, nomor 1: 23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License