Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa menemukan Ide Pokok dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievment Division) pada Siswa Kelas VI Min Pahandut Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016

Efforts to Improve Students' Ability to Find Basic Ideas by Applying the Stad Team Cooperative Learning Model to Class VI Students of Pahandut Palangka Raya 2015/2016 Academic Year

Authors

  • Mamik Ponco Andriyani MIN Model Pahandut Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v11i2.421

Keywords:

Ide Pokok, Model Pembelajaran Kooperatif, STAD (Student Team Achievment Division)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI-c MIN Pahandut Palangka Raya Jl Ramin II Palangka Raya Kelurahan Panarung kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah semester II tahun pelajaran 2015-2016. Penelitian ini dlaksanakan pada bulan April- Mei tahun pelajaran 2015-2016 . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar MIN Pahandut Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah dalam menemukan Ide Pokok Hasil penelitian selama 2 (dua) siklus memperlihatkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menetukan makna tersirat suatu teks khususnya menemukan pokok pikiran. Rerata nilai individu meningkat dari 51,61 pada pre tes menjadi 69,03 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 85,16 pada siklus 2. Hasil penelitian juga memperlihatkan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM. (mencapai nilai 70 ) dari 3 (tiga) siswa pada saat pra penelitian, menjadi 15 (lima belas ) siswa pada siklus 1 dan menjadi 25 (dua puluh lima) siswa pada siklus 2. Secara persentase, pada pra penelitian hanya terdapat 10 %,, kemudia pada siklus 1 meningkat menjadi 48,4 % dan siklus 2 meningkat menjadi 80,6 %. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa ternyata tidak seluruh siswa cocok dengan STAD. Hal ini tampak dari masih terdapat siswa yang tidak mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 atau di bawah KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mamik Ponco Andriyani, MIN Model Pahandut Palangka Raya

References

Ibrahim M.2000.pembelajaran kooperatif.Surabaya:University Press.
Kurniawan, Arief, dkk. Mengekplorasi Jenis-Jenis Teks Bahasa Inggris.Bandung:Multi Kreasi Satu delapan.
Kurniawati, Cici dkk.2010. Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia Untuk Smp/MTs kelas VIII.Surabaya: JP Books.
Sardiman A.M.2005. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto N. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana N. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supratma. 2001. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Geografi Melalui Pembelajaran Kooperatif. Buletin Pelangi Pendidikan, 2001, Volume 4, nomor 1: 23.

Downloads

Published

2016-10-01

How to Cite

Andriyani, M. P. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa menemukan Ide Pokok dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievment Division) pada Siswa Kelas VI Min Pahandut Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016: Efforts to Improve Students’ Ability to Find Basic Ideas by Applying the Stad Team Cooperative Learning Model to Class VI Students of Pahandut Palangka Raya 2015/2016 Academic Year. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 11(2), 58–87. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v11i2.421