Orientasi Dasar Pendidikan dan Pengajaran Islam Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga
Orientasi Basic Islamic Education and Teaching Students of Arabic Language Education Study Program UIN Sunan Kalijaga
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4425Keywords:
orientasi, Dasar Pendidikan, IslamAbstract
Pendidikan merupakan tindakan terencana untuk membimbing dalam mengembangkan kemampuan jasmani dan rohani yang diberikan oleh orang dewasa kepada peserta didik untuk mencapai kedewasaannya dan mencapai tujuan sehingga peserta didik dapat melaksanakan tugas hidupnya secara mandiri. Dan Pembelajaran adalah proses interaksi antara siswa dan guru yang melaksanakan rencana kegiatan yang akan dilakukan untuk membantu siswa belajar atau menguasai materi pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Fakultas Keguruan, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Semester Satu. Metode Penelitian menggunakan Penelitian Kualitatif Deskriptif. Terdapat mata kuliah dasar-dasar pendidikan dan pengajaran yang memiliki prestasi dan pemahaman dengan Makna Dasar Pendidikan dan Pembelajaran, Hakikat Manusia, Perkembangan Individu dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Tujuan Pendidikan dan Pembelajaran di Indonesia, Fase-fase perkembangan dan pertumbuhan anak serta Permasalahan yang berkaitan dengannya, Perkembangan dan pertumbuhan Remaja dan Masalahnya, Tugas perkembangan dan implikasinya terhadap Pendidikan dan Pembelajaran, Metode Pendidikan dan Pembelajaran yang mempengaruhi anak dan remaja, Sifat-sifat dasar yang harus dimiliki seorang Pendidik, Prinsip-prinsip dasar dalam pendidikan anak, Prinsip-prinsip dasar dalam pendidikan Remaja, Pendidikan Keluarga Pengaruhnya terhadap Kepribadian anak dan remaja, serta Model dan Pola Pendidikan di Pondok Pesantren.
Downloads
References
a rukeisih, maolani dan cahyana ucu. Petodelogi Penelitian Pendidikan. jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2016.
Adi La. “Pendidikan Keluarga Dalam Perpekstif Islam.” Jurnal Pendidikan Ar-Rashid 7, no. 1 (2022): 1–9.
Ahmad, al isawi Abu Abdillah. Ensiklopedia Anak, Tanya Jawab Anak Dari A Sampai Z. jakarta: darus sunnah press, 2008.
“Al-Quran Online Surat At-Tahrim Ayat 6 Dan Tafsir Ayat | Tokopedia Salam.” Accessed December 15, 2022. https://www.tokopedia.com/s/quran/at-tahrim/ayat-6?utm_source=google&utm_medium=organic.
Alex, Sobur. Psikologi Umum. bandung: Pustaka Ceria, 2003.
Ali, Muhtadi. Modul 3 Pembelajaran Inovatif. jakarta, 2019.
Amalia, fitri reski. “Peran Pendidikan Keluarga Erab Revolusi Industri 4.0.” universitas negeri makassar, n.d.
Andre, Kurniawan. “Tanda Masalah Mental Pada Anak.” merdeka.com, 2022. https://www.merdeka.com/jabar/tanda-masalah-mental-pada-anak-jangan-diabaikan-kln.html.
Bafadhol, Ibrahim. “Lembaga Pendidikan Islam Di Indoesia.” Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 06, no. 11 (2017): 59–72.
Baru, Orientasi, Pendidikan Islam, Era Millenial, Indah Lestari, and Muhammad Misbah. “Orientasi Baru Pendidikan Islam Era Millenial.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 8, no. 2 (June 30, 2021): 2022. https://doi.org/10.18860/JPAI.V8I2.16692.
Cong, sujana wayang. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dasar 4 (2019).
Dan, SD Laksana - MUADDIB: Studi Kependidikan, and undefined 2016. “Urgensi Pendidikan Karakter Bangsa Di Sekolah.” Oipas.Sentraki.Umpo.Ac.Id. Accessed December 11, 2022. http://oipas.sentraki.umpo.ac.id/index.php/muaddib/article/view/67.
Djam’an, Satori. Metode Penelitian Kualitatif. bandung: alfabeta, 2010.
Dzuhrona, Mafaza. “Fase-Fase Perkembangan Anak Dan Korelasinya Dengan Pendidkan.” Kompasiana.com, n.d. https://www.kompasiana.com/dzuhrona36/62bec95f725d243bba565c42/fase-fase-perkembangan-anak-dan-korelasinya-dengan-pendidikan.
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. jakarta: Pt. bumi askara, n.d.
Hasmori1, Akhmal Annas, Hussin Sarju2, Ismail Sabri, Norihan2 Rohana, Hamzah2 & Muhammad, and Sukri Saud2. “Pendidikan, Kurikulum Dan Masyarakat : Satu Integrasi.” Journal of Edupres 1 (2011): 350–56.
Hendra, Bahar. “Dimensi Perkembangan Individu,” n.d. https://www.academia.edu/resource/work/37990429.
Humas@uin-suka.ac.id. “Tujuan.” uin-suka.ac.id, n.d. https://uin-suka.ac.id/id/page/universitas/60-Visi-misi-tujuan.
Husnussaadah. “Strategi Pembelajaran E-Learning Di Era Digitalisasi.” Iqra: Jurnal Magister Pendidikan Islam, 2021. https://doi.org/10.26618/Iqra.
Ibrahim, Anies. Al-Mu’jam Al-Wasit. Istambul: Al-Maktabah Al-Islamiyah, 1972.
“INA-Rxiv Papers | Modul Manajemen Pendidikan Non Formal.” Accessed December 11, 2022. https://osf.io/preprints/inarxiv/p9bez/.
Julaeha, Siti. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab 2, no. 1 (2020): 40–58. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290.
Khoerunnisa, Putri, and Syifa Masyhuril Aqwal. “Analisis Model-Model Pembelajaran.” Fondatia 4, no. 1 (2020): 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441.
Maita, Idria, Zarnelly Zarnelly, and Arabiatul Adawiyah. “Pembelajaran Interatif Bahasa Arab Berbasis Android.” Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2018. https://doi.org/10.24014/rmsi.v4i2.6227.
Moleong, laxy j. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Edisi revi. bandung: pt. remaja rosdakarya, 2012.
Muhni, Djuretna Ali Imam, and Muhammad S Sumantri. “Manusia Menurut Ortega Y. Gasset.” Jurnal Filsafat, 2015, 1–43. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://repository.ut.ac.id/4028/1/MKDK4001-M1.pdf&ved=2ahUKEwia4d2nmoHkAhVKqY8KHfb4BcAQFjAJegQIBxAB&usg=AOvVaw1JH5ksrCgIlrXdlkYefnAv.
Mulyaningsih, Dwi Hadi. “Perbandingan Fonologi Bahasa Indonesia Dan Bahasa Mandarin.” BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 13, no. 1 (2014): 1–10. https://doi.org/10.21009/bahtera.131.01.
Munir. “E-Learning” 01 (2005).
Nasih, ulwan abdullah. Pendidikan Anak Dalam Islam. jakarta: Jamaluddin Miri, 2007.
Pembelajaran, Pusat Kurikulum dan. “Kurikulum 2013,” 2022. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-2013/.
Prayoga, Ari. “Karakteristik Program Kurikulum Pondok Pesantren.” Jurnal AL-HIKMAH 2, no. 1 (2020): 77–86. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.207-.
Ramah, Sutri, and Miftahur Rohman. “Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kurikulum 2013.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 2, no. 2 (2018): 141. https://doi.org/10.29240/jba.v2i2.552.
Sulfemi, Wahyu Bagja. “Modul Manajemen Pendidikan Non Formal.” Accessed December 11, 2022. https://doi.org/10.31227/OSF.IO/P9BEZ.
“Surat Al-Alaq Ayat 1-5 Arab, Latin, Terjemah Dan Tafsir | Baca Di TafsirWeb.” Accessed December 11, 2022. https://tafsirweb.com/37630-surat-al-alaq-ayat-1-5.html.
“Surat Al-Mujadalah Ayat 11 Arab, Latin, Terjemah Dan Tafsir | Baca Di TafsirWeb.” Accessed December 11, 2022. https://tafsirweb.com/10765-surat-al-mujadalah-ayat-11.html.
Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren Yang Melembaga Di Masyaraka Satu Lembaga Pendidikan Islam Tertua Di Indonesia . Awal Kehadiran Boarding School Bersifat Tradisional Untuk Mendalami Ilmu-Ilmu Agama Isl.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. I (2017): 61–82.
Tolib, Abdul. “PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN Oleh : Dr. Abdul Tolib.” Jurnal Risaalah 1, no. 1 (2015): 60–66. http:/jurnal.faiunwir.ac.id.
umam. “Memahami Tujuan Dan Fungsi Pendidikan Di Indonesia.” gramedia blog, n.d. https://www.gramedia.com/literasi/tujuan-dan-fungsi-pendidikan-di-indonesia/.
Wahyuningsi, Endang. “Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 03, no. 02 (2019): 1–13.
Wilson, Agus. “Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi Global.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 5, no. 1 (2020). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386.
Yusuf, Drs. KH. Muhammad Ma’sum. Sekilas Tentang Pondok Modern, n.d.
Zainuddin. Seluk Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali, 1991.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Madah Rahmatan, Eli Erawati, Muhammad Hila Azka Harlek Putra, Nurhikmah Sani, Vikky Alziqri JH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License