Pelaksanaan Asesment Diagnostik Non-Kognitif: Gaya Belajar di SMPN 1 Batusangkar

Implementation Of Non-Cognitive Diagnostic Assessment: Learning Styles At JSMPN 1 Batusangkar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4582

Keywords:

Asesmen, Gaya belajar

Abstract

Penelitian ini didasari oleh masih banyaknya siswa yang belum mengetahui gaya belajar yang mereka miliki, oleh karena itu perlu dilakukannya Analisis Diagnostik non akademik berupa Gaya Belajar sehingga dapat dirancang metode pembelajaran dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat gambaran gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif dimana yang menjadi subjek penelitian merupakan siswa kelas VII di SMPN 1 Batusangkar. Berdasarkan pengolahan asesmen gaya belajar diketahui bahwa gaya belajar yang dominan di kelas VII ialah gaya belajar Kinestetik yakni sebesar 41% dan gaya belajar visual sebesar 34 % serta 25% untuk gaya belajar auditori. Berdasarkan hasil asesmen gaya belajar diketahui bahwa siswa kelas VII di SMPN 1
Batusangkar memiliki gaya belajar yang beragam.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fuadil Munawwar Syam, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

Aulia Fikri, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

Dasril Dasril, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

References

Aprilia, B. L. K., Jamaluddin, J., Lestari, T. A., & Handayani, B. S. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Pujut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2732–2743. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1065

Bobbi De Porter, M. H. (2015). Quantum learning : membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Kaifa Learning.

Fleming, N. D., & Mills, C. (1992). Not Another Inventory, Rather a Catalyst for Reflection. To Improve the Academy, 11(1), 137–155. https://doi.org/10.1002/j.2334-4822.1992.tb00213.x

Hopatuh Fatonah, S. umayah, & Dewi Nur, I. R. (2022). Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 1(2), 81–87. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i2.6534

Lestari, S., & Widda Djuhan, M. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 79–90. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.250

Liew, S. C., Sidhu, J., & Barua, A. (2015). The relationship between learning preferences (styles and approaches) and learning outcomes among pre-clinical undergraduate medical students Approaches to teaching and learning. BMC Medical Education, 15(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12909-015-0327-0

Mulyani, S. . dan S. S. (2018). Analisis tentang gaya belajar siswa berdasarkan visual, auditori, kinestetik pada mata pelajaran biologi man 1 garut analysis of student learning style based on visual, auditory, kinesthetic in biology man 1 garut. 1–11.

Nofriansyah, N., Pernantah, P. S., & Riyadi, S. (2022). Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1565–1574. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1899

Nurnaifah, I. I. (2022). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE), 17–25.

Romi Iwan Suyandi, Aska Muta Yuliani, W. P. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(September), 682–689.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sukadi. (2008). Progressive Learning. Niaga Qolbun Salim.

Sukartawan, A. (2022). Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Memahami Gaya Belajar. Cons-Iedu, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.51192/cons.v2i1.374

Tanama, Y. J. (2022). Kajian Gaya Belajar di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(1), 1360–1368. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1689

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Widayanti, F. D. (2013). PENTINGNYA MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELAS. Erudio, 2(1), 7–21.

Wijayanti, R. B. (2022). Pengaruh Gaya Belajar dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar IPS. Kalam Cendikia : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 1–23.

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259–265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Syam, F. M., Fikri, A., & Dasril, D. (2023). Pelaksanaan Asesment Diagnostik Non-Kognitif: Gaya Belajar di SMPN 1 Batusangkar: Implementation Of Non-Cognitive Diagnostic Assessment: Learning Styles At JSMPN 1 Batusangkar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(1), 1–7. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4582