Pelaksanaan Asesment Diagnostik Non-Kognitif: Gaya Belajar di SMPN 1 Batusangkar
Implementation Of Non-Cognitive Diagnostic Assessment: Learning Styles At JSMPN 1 Batusangkar
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4582Keywords:
Asesmen, Gaya belajarAbstract
Penelitian ini didasari oleh masih banyaknya siswa yang belum mengetahui gaya belajar yang mereka miliki, oleh karena itu perlu dilakukannya Analisis Diagnostik non akademik berupa Gaya Belajar sehingga dapat dirancang metode pembelajaran dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat gambaran gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif dimana yang menjadi subjek penelitian merupakan siswa kelas VII di SMPN 1 Batusangkar. Berdasarkan pengolahan asesmen gaya belajar diketahui bahwa gaya belajar yang dominan di kelas VII ialah gaya belajar Kinestetik yakni sebesar 41% dan gaya belajar visual sebesar 34 % serta 25% untuk gaya belajar auditori. Berdasarkan hasil asesmen gaya belajar diketahui bahwa siswa kelas VII di SMPN 1
Batusangkar memiliki gaya belajar yang beragam.
Downloads
References
Aprilia, B. L. K., Jamaluddin, J., Lestari, T. A., & Handayani, B. S. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Pujut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2732–2743. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1065
Bobbi De Porter, M. H. (2015). Quantum learning : membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Kaifa Learning.
Fleming, N. D., & Mills, C. (1992). Not Another Inventory, Rather a Catalyst for Reflection. To Improve the Academy, 11(1), 137–155. https://doi.org/10.1002/j.2334-4822.1992.tb00213.x
Hopatuh Fatonah, S. umayah, & Dewi Nur, I. R. (2022). Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 1(2), 81–87. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i2.6534
Lestari, S., & Widda Djuhan, M. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 79–90. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.250
Liew, S. C., Sidhu, J., & Barua, A. (2015). The relationship between learning preferences (styles and approaches) and learning outcomes among pre-clinical undergraduate medical students Approaches to teaching and learning. BMC Medical Education, 15(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12909-015-0327-0
Mulyani, S. . dan S. S. (2018). Analisis tentang gaya belajar siswa berdasarkan visual, auditori, kinestetik pada mata pelajaran biologi man 1 garut analysis of student learning style based on visual, auditory, kinesthetic in biology man 1 garut. 1–11.
Nofriansyah, N., Pernantah, P. S., & Riyadi, S. (2022). Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1565–1574. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1899
Nurnaifah, I. I. (2022). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE), 17–25.
Romi Iwan Suyandi, Aska Muta Yuliani, W. P. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(September), 682–689.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sukadi. (2008). Progressive Learning. Niaga Qolbun Salim.
Sukartawan, A. (2022). Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Memahami Gaya Belajar. Cons-Iedu, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.51192/cons.v2i1.374
Tanama, Y. J. (2022). Kajian Gaya Belajar di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(1), 1360–1368. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1689
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037
Widayanti, F. D. (2013). PENTINGNYA MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELAS. Erudio, 2(1), 7–21.
Wijayanti, R. B. (2022). Pengaruh Gaya Belajar dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar IPS. Kalam Cendikia : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 1–23.
Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259–265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fuadil Munawwar Syam, Aulia Fikri, Dasril Dasril
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License