E-Modul Berbasis STEM Mata Pelajaran Boga Dasar Untuk Siswa SMK Jasa Boga Kelas X
STEM-Based E-modul Basic Culinary For Class X Culinary Art Vocational High School Students
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4724Keywords:
STEM, boga dasar, E-Modul, penelitian pengembanganAbstract
Penelitian ini merupakan hasil dari pengembangan sumber belajar berupa bahan ajar modul digital atau e-modul berbasis STEM mata pelajaran Boga Dasar materi Bumbu Dasar dan Aplikasinya dalam Masakan Indonesia untuk siswa SMK kelas X Jurusan Jasa Boga. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menganalisis kelayakan e-modul Mata Pelajaran Boga Dasar materi Bumbu Dasar dan Aplikasinya dalam Masakan Indonesia. E-modul dikembangkan dengan pendekatan STEM dalam bentuk flipbook. Model penelitian yang digunakan mengacu pada model penelitian menurut Sugiyono (2018) yang terdiri dari: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba lapangan dan 7) revisi produk. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan penilaian dari ahli materi rata-rata presentase 94,88%, ahli bahasa mendapat nilai dengan presentase 90,62% , dan ahli media mendapat nilai 100%. Kemudian, dengan hasil uji coba oleh kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 89,58% dan uji coba dari kelompok besar menunjukkan presentase 92,96%. Hasil dari penelitian dinyatakan bahwa e-modul berbasis STEM pada mata pelajaran Boga Dasar materi Bumbu Dasar dan Aplikasinya dalam Masakan Indonesia sangat layak dan memenuhi syarat sebagai bahan ajar digital berbasis STEM.
Downloads
References
Akbar, Sa’dun. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Malang: Penerbit Rosda.
Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. (2016). Makanan Pembuka /Penyelera Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto., Munoto., & Nurlaela, L. (2020). STEM: Inovasi dalam Pembelajaran Vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(1), 33-42.
https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v17i1.22832
Hanifa Sukma, H., & Ganis Amurdawati. (2020). Pengembangan Modul Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Local Wisdom pada Materi Menulis Karangan Narasi untuk Siswa SD. Jurnal Kiprah, 8(2), 143–150. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.1991
Hallinen, J. (2023). STEM -- Britannica Online Encyclopedia.
Khairani (2018). Pembelajaran Berbasis STEM dalam Peruvian Kalkulus Di Perguruan Tinggi. UNINUS Journal Published, 104 – 111. ISSN 041003-84202.
Laily Y. S. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Science,Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA/SMK pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Sains (JPS) Vol. 06 No.02 32-40. Dari http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA.https://doi.org/10.26714/jps.6.2.2018.32-40
Laisnima, L., & Siregar, T. (2020). Modul Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Peserta Didik Pada Materi Redoks Dan Sel Elektrolisis. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 84–90. https://doi.org/10.31957/jipi.v8i2.1237
Lhony Laisnima, & Tiurlina Siregar. (2020). MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS DAN SEL ELEKTROLISIS. JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA, 8(2), 84–90.
Mulyani, Tri. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0. Jawa Tengah: Universitas Negeri Semarang.
National STEM Education Center. (2014). STEM Education Network Manual. Bangkok: The institute for the Promotion of teaching Science and Technology.
Rahmadani, A., Markhamah, M., & Sutama, S. (2022). MODEL LKPD BERORIENTASI STEM : LAYAK UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWA SD: STEM-ORIENTED LKPD MODEL: WORTH TO GROW CREATIVITY OF SD STUDENTS. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 75–83. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3591
Setiadi, G., & Nurma Yuwita. (2020). Pengembangan Modul Mata Kuliah Bahasa Indonesia Menggunakan Model Addie Bagi Mahasiswa Iai Sunan Kalijogo Malang. Akademika : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 200–217. https://doi.org/10.51339/akademika.v2i2.207
Suardi, S. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM BERPIKIR KRITIS, KREATIF DAN BEKERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS VIIA SMP NEGERI 4 SIBULUE. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(2), 135. https://doi.org/10.35580/jspf.v16i2.12557
Sudirman & Kistiono, Taufiq. (2018). Pengembangan Modul Mata Kuliah Gelombang Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) pada Program Studi Pendekatan Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 134¯140. Dari ejournal.unsri.ac.id/index.php/JIPF
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta.
Wardathi, A. N., & Pradipta, A. W. (2019). Kelayakan Aspek Materi, Bahasa dan Media Pada Pengembangan Buku Ajar Statistika Untuk Pendidikan Olahraga di IKIP Budi Utomo Malang. Efektor, 6(1), 61–67. https://doi.org/10.29407/e.v6i1.12552
Winarni, J., Zubaidah, S., & H. Suriyono Koes. (2016). Stem: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. (1)
Zubaidah, S. (2019). Simas eric learning model View project Education material View project. https://www.researchgate.net/publication/336065211
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dova Briyanda, Nunung Nurjanah, Teti Setiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License