Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pertidaksamaan Dengan Pemberian Scaffolding
Student’s Thinking Process in Problem Solving Inequality by Providing Scaffolding
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4883Keywords:
proses berpikir, memecahkan masalah, Pertidaksamaan, , scaffoldingAbstract
Matematika berupa fakta, konsep, operasi dan prinsip tersusun secara hierarki, terstruktur, logis, dan sistematis mulai dari yang sederhana sampai yang paling kompleks, sehingga untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah perlu pembelajaran matematika yang mengacu pada pendekatan kontruktivisme. Banyak penelitian berupaya meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, namun belum sampai ke tahap proses berpikir mahasiswa. Penelitian ini mengkaji proses berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah ketika mendapatkan scaffolding. Pemberian scaffolding mengacu pada tiga tingkat scaffolding, Selanjutnya dikaji perkembangan proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah dengan berfokus pada kesulitan yang dialami oleh siswa pada empat langkah pemecahan masalah, yaitu kesulitan dalam hal: pemahaman masalah; menyatakan fakta dalam kalimat matematika; menggunakan konsep-konsep matematika yang telah dipelajari sebelumnya; dan memeriksa kembali hasil perhitungan serta mengkomunikasikan jawaban. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa proses berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah bersifat khusus, dan dapat berkembang dengan pemberian scaffolding. Kesulitan pada langkah pemahaman masalah hanya dialami oleh kelompok mahasiswa berkemampuan matematika rendah. Kelompok mahasiswa berkemampuan tinggi mengalami kesulitan pada langkah memeriksa kembali hasil perhitungan dan mengkomunikasikan jawaban. Akibatnya kelompok mahasiswa ini tidak menggunakan konsep-konsep matematika yang telah dipelajari sebelumnya secara lengkap dalam menyelesaikan masalah Banyaknya scaffolding yang diperlukan tergantung pada masing-masing individu. Dengan dasar temuan pada penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru pada umumnya untuk memahami proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah, sehingga dapat memberikan bantuan yang diperlukan siswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam pemecahan masalah.
Downloads
References
Anghileri, Julia. 2006. Scaffolding Practices that Enchance Mathematics Learning. Journal of MathematicsTeacher Education, (9): 33-52
Arends, 2008. Learning to Teach. (Diterjemahkan oleh Helly, Belajar untuk Mengajar), Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Gary L dan William F, 1991. Mathematics for Elementary Teachers. New York: Macmillan Publishing Company.
Hudojo, Herman 1990. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan
Hudojo, Herman 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Fatma dkk. 2010. Scaffolding Strategies Applied by Student Teachers to Teach Mathematics. Educational Research Association: The International Journal of Research in Teacher Education. Vol.1(Special Issue): 25-36
Fitria Hapsah & Subanji. 2009. Interaksi proses berpikir siswa dalam mengkonstruksi konsep himpunan, Makalah Seminar Nasional, Jurusan Matematika FMIPA UM.
Ismail. 2011. Diagnosis kesalahan Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat Dan Scaffoldingnya. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Lauren B. Resnick, 1981. The Psychology of Mathematics for Instruction, Lawrence Erlbaum Associates.
Lambas,dkk, 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Lutfiyah, 2009. Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Mengkonstruksi Pengetahuan Himpunan Melalui Aktivitas Think Pair Share. Tesis tidak dipublikasikan, Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Margaret Wu, 2006, Vol. 18, No. 2, 93 - 113. Modelling Mathematics Problem Solving Item Responses Using a Multidimensional IRT Model. University of Melbourne. Mathematics Education Research Journal
Moleong, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Remaja Rosda Karya.
Parvaneh, Somayeh & Ahmad. 2012. Scaffolding as effective method for mathematical learning. Indian Journal of Science and Technology. Vol. 5 No. 9: 3328-3331.
Patma Sopamena, 2009. Proses Berpikir Mahamahasiswa Dalam Mengkonstruksi Bukti Keterbagian. Tesis tidak dipublikasikan, Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Subanji, 2007. Proses Berpikir Penalaran Kovariasional Pseudo Dalam Mengkonstruksi Grafik Kejadian Dinamikan Berkebalikan. Disertasi tidak dipublikasikan, Surabaya: Program Pascasarjana UNESA
Subanji, 2009. Mengembangkan Pembelajaran Matematika Yang Berorientasi Pada Problem Solving Melalui Meaning Based Appoach. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional
Suryani. 2011. Diagnosis kesulitan belajar matematika siswa dan solusinya dengan pembelajaran remidial, Skripsi tidak diterbitkan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Tjecep Rohendi, 1992. Analisa Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia
Udin, 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dewi Tri Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License