Penerapan Metode Demontrasi dan Drill Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Application of Demonstration and Drill Methods in Islamic Religious Education Subjects to Improve Student Learning Outcomes
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4885Keywords:
Hasil Belajar, Demonstrasi, Drill, Shalat BerjamaahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Shalat berjamaah di Kelas VII F SMP Negeri 12 Banjarmasin melalui penerapan metode demonstrasi dan drill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penggunaan Metode demonstrasi dan drill dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII F SMP Negeri 12 Banjarmasin pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi pokok Shalat berjamaah. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar Siswa Kelas VII F SMP Negeri 12 Banjarmasin pada Siklus II mengalami peningkatan dari hasil belajar pada siklus I yang dibuktikan dengan perolehan nilai atau hasil tes yang diperoleh siswa. Rata-rata nilai pada siklus I hanya 73,17 dengan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 90 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,17 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100.
Downloads
References
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, M. Basyiruddin. 2017. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Yusuf, Tayar, dan Syaiful Anwar. 2016. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dina Pangestika, M., & Sabardila, A. (2021). Peningkatan Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Al Islam Kartasura: Enhancement Character Education through Scout Extracurricular at Junior High School Al-Islam Kartasura. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 25–39. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1461
Latifah, L., Ngalimun, N., Andi Setiawan, M., & Haji Harun, M. (2020). Kecakapan Behavioral Dalam Proses Pembelajaran PAI Melalui Komunikasi Interpersonal: Behavioral Proficiency In The PAI Learning Process Through Interpersonal Communication. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 36–42. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1747
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Faridah Faridah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License