Penerapan Metode Demontrasi dan Drill Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Application of Demonstration and Drill Methods in Islamic Religious Education Subjects to Improve Student Learning Outcomes

Authors

  • Faridah Faridah SMP Negeri 12 Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4885

Keywords:

Hasil Belajar, Demonstrasi, Drill, Shalat Berjamaah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Shalat berjamaah di Kelas VII F SMP Negeri 12 Banjarmasin melalui penerapan metode demonstrasi dan drill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penggunaan Metode demonstrasi dan drill dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII F SMP Negeri 12 Banjarmasin pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi pokok Shalat berjamaah. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar Siswa Kelas VII F SMP Negeri 12 Banjarmasin pada Siklus II mengalami peningkatan dari hasil belajar pada siklus I yang dibuktikan dengan perolehan nilai atau hasil tes yang diperoleh siswa. Rata-rata nilai pada siklus I hanya 73,17 dengan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 90 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,17 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Faridah Faridah, SMP Negeri 12 Banjarmasin

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, M. Basyiruddin. 2017. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, Tayar, dan Syaiful Anwar. 2016. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dina Pangestika, M., & Sabardila, A. (2021). Peningkatan Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Al Islam Kartasura: Enhancement Character Education through Scout Extracurricular at Junior High School Al-Islam Kartasura. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 25–39. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1461

Latifah, L., Ngalimun, N., Andi Setiawan, M., & Haji Harun, M. (2020). Kecakapan Behavioral Dalam Proses Pembelajaran PAI Melalui Komunikasi Interpersonal: Behavioral Proficiency In The PAI Learning Process Through Interpersonal Communication. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 36–42. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1747

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Faridah, F. (2023). Penerapan Metode Demontrasi dan Drill Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik: Application of Demonstration and Drill Methods in Islamic Religious Education Subjects to Improve Student Learning Outcomes. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(1), 51–55. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4885