Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Materi Penguatan Ekonomi Maritim Model Pembelajaran Snowball Throwing

Improving Learning Achievement in Social Studies Subjects Integrated Maritime Economic Strengthening Material Snowball Throwing Learning Model

Authors

  • Hamidah Hamidah SMP Negeri 13 Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4886

Keywords:

Prestasi Belajar, Snowball Throwing

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 13 Banjarmasin dalam pelajaran IPS Terpadu Materi Pokok Penguatan Ekonomi Maritim melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Snowball Throwing. Hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 13 Banjarmasin dalam mata pelajaran IPS Terpadu materi pokok Penguatan Ekonomi Maritim dapat meningkat, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran pada pra siklus, siklus I  hingga siklus II yang terus mengalami peningkatan. Pada prasiklus rata-rata nilai kelas adalah 60,71 meningkat menjadi 65,89 pada siklus I, dan siklus II mencapai 75,18. Ketuntasan belajar prasiklus 17,9%, pada siklus I meningkat menjadi 32,1%, siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 89,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hamidah Hamidah, SMP Negeri 13 Banjarmasin

References

Yulius, Y. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran IPS Melalui Model Picture And Picture Dengan Menggunakan Media Gambar: Improving Learning Outcomes Of Social Science Lessons Through The Picture And Picture Model Using Image Media. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 103–107. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3689

Arinda Timur, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Penerapan Metode Problem Solving Di SMPN 2 Pulau Malan: Increasing Ips Learning Outcomes Through The Application Of Problem Solving Methods In Smpn 2 Pulau Malan. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 27–37. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3376

Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ningsih, S., & Jailani, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok Kelas VII pada SMP PGRI Tumbang Mirah Kecamatan Katingan Tengah: Efforts to Improve Learning Outcomes of Ips Students Through the Application of Working Methods of Class VII Groups in the Tumbang Mirah Middle School PGRI in Central Katingan District. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 1-5.

Rina, R., & Hendri, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shareuntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada SDN 6 Panarung Palangka Raya Kelas IVB Tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 21-25.

Suyanto. (2016). Model Pembinaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah. Erlangga.

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Hamidah, H. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Materi Penguatan Ekonomi Maritim Model Pembelajaran Snowball Throwing: Improving Learning Achievement in Social Studies Subjects Integrated Maritime Economic Strengthening Material Snowball Throwing Learning Model. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(1), 56–61. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4886