Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Canva Melalui In House Training (IHT) Pada Sekolah Binaan di SMP Negeri 9 Palangka Raya
Increasing Teacher Competence in Making Canva-Based Learning Media Through In House Training (IHT) in Target Schools at Junior High School Negeri 9 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4890Keywords:
Peningkatan Kompetensi Guru, Canva, In House TrainingAbstract
Pelatihan mengacu pada upaya yang direncanakan oleh perusahan untuk mengfasilitasi pembelajaran pada karyawan tentang kompetensi kerja terkait, kompetensi kerja meliputi keterampilan pengetahuan atau perilaku yang penting untuk kinerja yang sukses). Kesimpulannya, in House Training yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pelatihan guru yang dilaksanakan berdasarkanpermintaan pihak madrasah, pesertanya berasal dari satu madrasah, dengan materi pelatihan yang disesuaikan oleh pihak madrasah khususnya dalam penggunaan alat peraga, dan dilaksanakan di madrasah tempat guru tersebut bekerja. In House Training (IHT) dalam meningkatkan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran berbasis canva di SMP Negeri 9 Palangka Raya dapat dilakukan sesuai kondisi sekolah yang ada. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa, In House Training (IHT) sangat efektif untuk meningkatakan Kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran berbasis canva, karena guru memiliki kesempatan mendiskusikan secara bersama-sama untuk mengkaji dan memecahkan permasalahan berdasarkan keadaan di lapangan, kemudian dapat memperbaikinya atau melakukan tindak lanjut pada siklus berikutnya secara terus menerus apabila masalah belum terselesaikan.
Downloads
References
A.M., Sardiman. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.
Alfaris, Sujoko. 2012. Peningkatan Kemampuan Guru. Mata Pelajaran Melalui In House Training. Jurnal. Pendidikan Penabur. 11 (18): 27-39
Alim Sumarno. 2012. Penelitian Kausalitas Komparatif. Surabaya: e-learning Unesa.
Asep Heri Hernawan, dkk. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Bimo, Walgito. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta.
Danim, Sudarwan. 2012. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok, Edisi. 2. Jakarta: PT Rineka Cipta Utama
Depdikbud. 2016. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.
Djamarah, 2000, Psikologi Belajar, Jakarta, Penerbit PT. Asdi.
Gerlach dan Elly. 2007. Pengertian Media Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Meldona. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, Malang, UIN-Malang Press,
Noe et al. 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia Mencapai Keunggulan. Bersaing, Jakarta, Salemba Empat,
Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Siagian, S. P. (2003). Teori dan Praktek Kepemimpinan (cetakan kelima). Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja RoSDakarya.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.
Suharjono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Lembaga Cakrawala Indonesia (LCI).
Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Usamah, A. ., & Fajri Lutfi, A. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia Canva Untuk SD Aisiyah Kuningan: Arabic Language Learning Based On Canva Multimedia For SD Aisiyah Kuningan. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(2), 63–72. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i2.4279
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Made Agustus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License